ARTICLE
Tips Memuji Wanita Biar Nggak Salah Paham

Niatnya sih ingin memuji wanita yang ditaksir, tapi lo kenapa lo justru dapat gerutuan sewot atau tidak mendapat balasan chat selama berhari-hari? Wah, Sob, kalau lo mengalami hal tersebut, kemungkinan besar ada yang salah dengan teknik lo dalam memberikan pujian ke wanita. Ingat, Sob, wanita memiliki perasaan yang sensitif. Agar pujian lo berikan nggak menimbulkan kesalahpahaman, sebaiknya lo simak beberapa tips jitu berikut ini, deh.

Pastikan Lo Benar-benar Memujinya, Bukan yang Lainnya

Bayangkan skenarionya seperti ini: lo sedang menjemput pacar atau gebetan lo untuk pergi kencan. Saat akhirnya ketemu, lo terkesima dengan penampilannya yang terlihat begitu cantik dalam balutan rok terusan. Lo pun akhirnya berkata, “Aku suka rok yang kamu pakai.”

Salah, Sob. Kalau memuji dengan cara itu, sebetulnya lo justru berbicara tentang pakaian yang dikenakan, bukan benar-benar memuji pacar atau gebetan lo. Sebagai gantinya, lo bisa berkata seperti, “Rok itu terlihat bagus kalau kamu yang pakai.”

Terlihat perbedaannya, kan, Sob?

Beri Pujian yang Spesifik

Be specific! Salah satu kunci utama agar sukses memuji wanita adalah dengan benar-benar menghargainya. Beri perhatian kepadanya dengan tulus, maka lo pasti akan menemukan hal-hal berharga yang bisa lo jadikan bahan pujian untuknya. Ingat, pujian nggak harus tentang penampilan, kok. Lo juga bisa memuji hal-hal lain, seperti keahliannya dalam bidang tertentu atau kebiasaan-kebiasaannya yang membuat lo suka dengannya. Intinya, berikan pujian yang spesifik. Kalau memang lo suka dengan salah satu kebiasaannya, maka katakanlah. Misalnya, “Kamu lucu banget kalau lagi semangat bahas tentang buku yang kamu baca.”

Jangan Menyuruhnya untuk “Tersenyum”

Oke, niat lo mungkin baik, yakni untuk membuat pacar atau gebetan lo merasa lebih bak. Tapi, menyuruhnya untuk tersenyum bukan cara tepat untuk itu. Lo nggak tahu seperti apa hari yang sudah dilaluinya. Seorang wanita pasti bakal tersenyum kalau ia merasa senang dan nyaman kok, jadi nggak ada alasan untuk memaksanya.

Jangan sampai permintaan kecil lo yang terdengar sepele justru bertolak belakang dengan kondisi perasaannya. Bisa aja, kan, sebenarnya ia sedang punya masalah dan merasa sedih, tapi lo justru seenaknya berkata, “Kamu bakal kelihatan lebih cantik kalau tersenyum, lho.”

Pujian Terbaik Adalah yang Bersifat Spontan

Memuji wanita memang nggak semudah kelihatannya. Lo bahkan mungkin sudah menyiapkan beberapa stok pujian dari jauh-jauh hari agar pacar atau gebetan lo bisa merasa tersanjung. Tapi, lo juga perlu tahu bahwa pujian terbaik adalah yang bersifat spontan. Hal ini bisa membantu lo untuk memberikan pujian secara lebih tulus. Saat lo menatap wajah wanita pujaan lo, apa yang tebersit dalam pikiran lo? Selama hal tersebut nggak bersifat sensual atau seksual, pujian yang keluar dari mulut lo pasti bakal terdengar jujur, tulus, dan sopan.

Memuji dengan Tindakan yang Tepat

Memberi pujian pada wanita nggak selamnya harus dilakukan dengan kata-kata, Sob. Lo juga bisa “memujinya” melalui tindakan. Apa, sih, tujuan lo memuji wanita? Tentu agar ia merasa dihargai dan tersanjung, kan? Nah, melalui tindakan yang tepat, lo bisa memberikan efek sama. Misalnya, saat sedang kencan, lo bisa melakukan hal-hal sesimpel membukakan pintu restoran untuknya atau nggak bermain ponsel saat ia sedang berbicara. Percaya, deh, jadi seorang gentleman itu nggak susah, kok. Dengan sikap dan perilaku yang tepat, wanita pujaan lo pasti juga akan merasa dihargai dan tersanjung tiap menghabiskan waktu bersama lo.

Nggak ada wanita yang nggak suka menerima pujian. Meski begitu, lo tetap nggak boleh sembarangan dalam memuji wanita. Dengan kelima tips di atas, lo bisa memberikan pujian pada wanita tanpa membuatnya tersinggung atau menimbulkan salah paham. Semoga wanita pujaan lo bisa tersanjung, ya! 

 

Photo Credit: sasint (Pixabay)