ARTICLE
Lo Pengguna Telegram? Sudah Tahu Apa Saja Keistimewaannya?

Beberapa waktu lalu, media sempat digegerkan dengan berita pemblokiran Telegram oleh pemerintah. Apa lo salah satu penggunanya? Buat lo yang belum tahu, Telegram adalah semacam aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh mahasiswa asal Rusia, Pavel Durov. Namun, karena “berbeda” dari aplikasi pesan instan pada umumnya, pemerintah berniat akan memblokirnya. Tentu ini berita yang cukup menyedihkan bagi para pengguna setianya. Hal ini pasti akan membuat lo bertanya-tanya, kenapa sih sampai pemerintah segitunya sama Telegram ini? Apa saja keistimewaan Telegram dibanding aplikasi lainnya? Daripada lo penasaran, lebih baik simak artikel berikut.

Gratis Sepanjang Masa

Siapa sih yang nggak suka gratis? Apalagi aplikasi gratis. Inilah sebabnya kenapa Telegram dicintai oleh para penggemarnya. Lo bisa menggunakan Telegram secara gratis tanpa dipungut biaya apa pun. Tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri dari Telegram dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Memang pada dasarnya sang pengembang sendiri, Pavel Durov, nggak menciptakan Telegram sebagai upaya mencari keuntungan, maka nggak heran kalau Telegram ini gratis.

Berbasis Cloud dan Ringan

Berbeda dari aplikasi lainnya yang memerlukan storage space untuk bisa menyimpan history chat, kontak, atau fitur lainnya yang ada di dalamnya, maka Telegram menyimpan semuanya dengan memanfaatkan teknologi Cloud. Dengan begitu, lo bisa menghemat isi memori lo dan menggunakannya untuk aplikasi lainnya. selain itu, pemanfaatan teknologi Cloud ini membuat aplikasi Telegram ringan untuk dijalankan. Lo nggak perlu khawatir ponsel akan nge-lag atau hang mendadak. Gunakan saja Telegram.

Bisa Diakses Dari Berbagai Perangkat

Kelebihan lain penggunaan teknologi Cloud ini adalah membuat Telegram bisa lo akses dari perangkat mana pun. Nggak harus dari smartphone, tapi juga lewat tablet, komputer, dan laptop bahkan di dalam waktu yang bersamaan. Canggih, kan? Sistem Cloud memungkinkan proses sinkronisasi dengan cepat dan lo nggak harus membiarkan aplikasi Telegram yang ada di smartphone tetap aktif untuk bisa menikmati Telegram di PC. Nggak heran kalau hal ini membuat Telegram bisa mengirimkan pesan secara kilat.

Ukuran Maksimum File yang Cukup Besar

Pernah nggak sih lo merasa jengkel ketika mengirim media seperti lagu, voice recording, foto, dan video tapi harus gagal karena ukuran file yang lo kirim ternyata melebihi ukuran maksimal pengiriman? Hal itu nggak bakal terjadi kalau lo menggunakan Telegram karena batas maksimal file yang dikirim sangat besar, mencapai 1,5 GB. Dengan begitu, lo bisa mengirimkan media apapun sesuka lo tanpa takut akan melebihi batas maksimum.

Fitur Stiker

Nggak dipungkiri, sebagai pengguna chat lo juga pasti suka menggunakan stiker kan, Sob? Kabar menariknya, Telegram menyediakan fitur stiker secara gratis. Emoji saja kadang nggak cukup bagi sebagian orang untuk mengekspresikan suasana hatinya, sehingga dipilihlah stiker. Stiker yang dimiliki Telegram menggunakan format WebP sehingga bisa ditampilkan dengan lebih cepat. Semuanya serba ringan deh kalau lo memakai yang namanya Telegram ini. Satu lagi, kalau lo orang yang kreatif, lo juga bisa kok membuat stiker lo sendiri.

Nah, kabar terbarunya nih Sob, pemerintah berencana bakal membuka kembali Telegram ini. Menariknya lagi, Telegram bakal mengalokasikan sebagian sumber dayanya di Indonesia. Hal ini bertujuan memudahkan pemerintah dalam berkoordinasi dengan Telegram. Selain itu, untuk meminimalisir risiko munculnya konten radikalisme, Telegram juga berencana menerapkan self censoring. Jadi, Telegram bisa digunakan secara aman dan penggunanya pun nyaman.

 

Photo credit: commons.wikimedia.org