ARTICLE
Begini Cara Mencegah Perut Lo dari Risiko Kebuncitan

Pagi-pagi mau pakai celana, eh kok nggak cukup? Jangan-jangan perut lo tambah buncit? Ini tanda bahaya, Sob! Sebaiknya cegah perut dari kebuncitan dengan cara-cara di bawah ini sebelum lo bingung dengan baju serta celana yang nggak muat lagi.

Mulai Pagi Hari dengan Serat

Nggak ada yang lebih baik untuk mengurangi buncit daripada makanan berserat. Makanan jenis ini tak hanya bikin pembuangan lo lancar, tetapi juga mengikat lemak yang ada di perut untuk ikut turun ke bawah. Hasilnya, buncit pun bisa berkurang. Lo nggak harus milih makanan yang sehat banget seperti kinoa atau oatmeal. Lo bisa kok mengganti makanan itu dengan sereal jagung yang sudah umum dijual di pasaran. Sereal jagung umumnya punya serat yang tinggi dan rasanya pun manis. Jadi, perut lo kenyang lidah pun senang.

Makan Sayur dengan Cara Ini

Kalau selama ini lo makan sayur mentah, lo bisa ganti dengan sayur kukus untuk menghindari buncit. Rata-rata sayur yang dikukus masih memiliki nutrisi sama dengan yang mentah namun perut lo bisa terisi lebih banyak dengan cara seperti ini. Sayur yang dikukus juga bisa mengurangi kandungan gas yang diberikan pada perut, sehingga perut lo nggak bakal mudah membuncit.

Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas memang lezat, tapi umumnya bisa menstimulasi asam yang ada di dalam perut. Hasilnya, perut lo bisa buncit meski hanya karena gas. Karena itu, sebaiknya lo kurangi atau bahkan hindari makanan yang terlalu pedas sementara waktu. Lo bisa pilih rempah lainnya untuk jadi perasa makanan lo, misal basil atau jahe.

Lupakan Permen

Nggak hanya bisa membuat udara masuk lebih banyak ke dalam perut, permen juga umumnya memiliki kandungan gula yang tinggi. Jangan tertipu dengan angka 0 kalori di dalamnya karena permen juga memiliki banyak kandungan lain yang bisa bikin perut lo buncit.

Sementara, Jangan Pakai Gula Buatan

Gula buatan seperti sorbitol dan xylitol bisa membuat perut lo makin cepat buncit. Umumnya, gula buatan ini terdapat di minuman kemasan (utamanya yang soda) dan permen bebas gula. Nggak heran kalau lo bisa jadi kelihatan makin membuntal setelah makan atau minum dua hal tersebut. Kurang-kurangin ya, Sob!

Kurangi Karbo

Bukan berarti nggak makan karbo, lho. Kurangi jatah karbo harian lo agar perut nggak membuncit. Pasalnya, kalau karbo nggak dipakai bisa jadi numpuk di perut dan hasilnya perut membesar. Karena itu jangan konsumsi karbo lebih dari yang lo butuhkan. Lo juga bisa mulai asupan karbo yang lebih mudah dicerna oleh tubuh seperti karbo yang berasal dari sayur atau buah.

Banyak juga kan cara biar perut lo bebas dari kata buncit? Yang penting lo bisa atur sendiri nafsu makan lo dan pilih mana yang penting buat badan lo. Jangan lupa juga untuk konsumsi banyak air agar pembuangan lo makin lancar, Sob!

Photo credit: Pixabya.com