ARTICLE
4 Band Indie Asal Inggris Bakal Buat Wajah Musik Lo Lebih Berwarna

Inggris memang dikenal sebagai negara yang punya band-band indie kece. Mulai dari Oasis hingga Arctic Monkeys, rasanya kalau ngomongin soal band dari Inggris nggak bakal ada habisnya. Tapi, ada juga band-band indie yang kurang mainstream di penggemar Indonesia tetapi musiknya nggak kalah keren dari band seperti Oasis. Bukan karena alunan musik mereka lebih “keren” tetapi lebih karena musik-musik mereka beragam dan bikin lo betah dengerin seharian. Apa aja ya, Sob?

The Verve

Banyak yang bilang kalau Blur dan Oasis itu band yang lebih keren dari The Verve, tapi banyak juga yang berpendapat kalau suara Richard Ashcroft nggak terkalahkan. Lo yang suka dengan musik yang punya lirik dan alunan lagu yang kuat, The Verve bisa jadi salah satu band favoritmu. Band yang dibentuk di Wigan, Inggris pada tahun 1990 ini memang penuh drama putus nyambung, karena nggak cuma sekali dua kali mereka putus, tetapi tiga kali. Yang terakhir saat 2009 dan hingga saat ini nggak ada kabarnya. Namun yang jelas, musik-musik mereka memorable banget!

The Stone Roses

Yang paling bikin band ini nggak bisa dilupakan adalah alunan gitarnya yang oke banget. Meski dikenal juga sebagai band yang punya kekuatan musik yang naik turun, tapi gitaris mereka yang bernama John dielu-elukan sebagai salah satu gitaris terbaik yang dimiliki oleh Inggris. Diben tuk pada tahun 1983, band dengan genre rock alternatif ini dibentuk di Manchester dan terdiri atas empat orang. Lo yang suka dengan gaya musik breakthrough yang nggak biasa bisa cobain denger lagu-lagunya The Stone Roses, deh!

The Smiths

Band dengan genre rock yang dibentuk di Manchester setahun sebelum The Stone Roses ini beranggotakan empat orang. Morrison sebagai vokalis, Johnny Marr sebagai gitaris, Andy Rourke sebagai bassist dan Mike Joyce sebagai drummer. Band ini dikatakan sebagai inspirasi besar untuk Arctic Monkeys, Libertines, Strokes dan Oasis. Nggak cuma vokalisnya yang bikin merinding saat nyanyi, lirik lagunya pun ngena banget di hati para penggemarnya. Lo yang suka dengan musik rock yang nggak lekang oleh waktu, silahkan coba untuk dengerin The Smiths.

Kasabian

Kalau lo lebih suka nonton video dari konser-konser band indie, rasanya lo perlu cobain nonton Kasabian, Sob. Band satu ini nggak cuma dianggap memiliki musik yang enak tetapi juga punya kemampuan saat live yang keren banget. Nggak hanya pamer musik yang mereka buat, mereka juga selalu sukses bikin para penggemarnya ikut terlibat di tiap acara. Selain itu, band yang didirikan tahun 1997 di Leicester ini juga memiliki album-album yang konsisten rasa rock-nya. Nggak naik turun.

Nah, nggak cuma Oasis, Coldplay atau Arctic Monkeys aja kan yang keren dari Inggris? Lo bisa coba dengerin lagu-lagu mereka semua di YouTube. Siapa tahu ada yang cocok di telinga lo dan bisa bikin lo ketagihan.

 

Photo credit: Pixabay.com