ARTICLE
Kenapa Memelihara Hewan Peliharaan Ini Bisa Menenangkan Pikiran Lo

Sob, bagi sebagian orang memelihara hewan peliharaan di rumah adalah aktivitas yang menyenangkan disela-sela padatnya jadwal pekerjaan ataupun kuliah. Hewan peliharaan nggak hanya bisa jadi sahabat yang menghibur buat lo, tapi juga dapat berkontribusi pada kesehatan pemiliknya. Mulai dari anjing, kucing, kelinci, hamster, burung, bahkan ikan hias pun bisa bikin pikiran lo jadi lebih tenang. Nggak percaya? Buktikan sendiri alasannya di sini!

Anjing

Lo pasti sudah tahu kalau anjing adalah binatang yang paling setia, sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai peliharaan. Di lain sisi ternyata anjing juga bisa memperbaiki kualitas hidup lo, Sob! Anjing harus diajak berjalan-jalan secara teratur, pastinya mendorong lo sebagai pemilik untuk lebih banyak berolahraga yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Jalan-jalan pagi di sekitar kompleks juga bisa bantu menyegarkan pikiran lo.

Kucing

Saat lo memutuskan untuk memelihara kucing di rumah, pastinya lo bakal mengajak kucing tersebut berbicara dan bermain bersama. Nah, aktivitas ini ternyata mampu melepaskan dopamin dan endorfin untuk meningkatkan mood lo jadi lebih bahagia. Bahkan, orang yang didiagnosis menderita depresi bisa disembuhkan dengan cara merawat seekor kucing yang bakal menciptakan kegiatan baru di sepanjang hari sehingga mencegah suasana hati yang buruk.

Kelinci

Sebuah studi terkini yang dilakukan oleh Professor Rebecca Johnson dari University of Missouri, menunjukkan bahwa kehadiran kelinci bisa memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Bahkan, terjadi penurunan level hormon stres bernama kortisol dalam tubuh manusia setelah membelai bulu kelinci yang lebat selama beberapa menit. Biasanya, orang yang memelihara kelinci pun memiliki kontrol emosi dan sikap yang lebih baik.

Hamster

Sob, hamster ini termasuk binatang mungil yang banyak mencuri perhatian karena kesan wajahnya yang polos dan tingkahnya yang lucu. Sampai saat ini bahkan belum ada kasus penyakit ataupun alergi yang menyerang pemelihara hamster. Menariknya lagi, hamster bisa membantu pemiliknya melupakan masalah yang dihadapi dengan cara mengalihkan perhatian mereka, sehingga lo bisa mengatasi kecemasan dengan lebih baik.

Burung Kicau

Sebagian besar pria memilih untuk memelihara burung kicau agar suasana di rumah nggak terlalu sepi. Apakah lo salah satu pemelihara burung kicau? Selain bisa menenangkan pikiran lo dengan kicauan merdunya, burung kicau ini juga bisa melatih otak dalam mempromosikan fungsi kognitif yang baik, untuk mencegah timbulnya gejala demensia alias pikun di usia muda. Pastikan lo rajin membersihkan sangkar burung kicau, untuk mencegah infeksi bakteri berbahaya.

Ikan Hias

Memelihara ikan hias baik di dalam akuarium ataupun kolam ikan di rumah, pastinya membawa suasana menyenangkan. Penelitian yang dilakukan oleh Columbia University bahkan menunjukkan kalau ikan hias terbukti dapat mengurangi tingkat emosi, ketegangan dan kecemasan seseorang. Tentu saja, hal ini berdampak pada otak sehingga membuat lo semakin santai dan relax setelah menontonnya.

Kura-kura

Jumlah pemelihara kura-kura di Indonesia memang nggak terlalu banyak. Pasalnya, beberapa species dari reptil ini berada dalam penangkaran yang dilindungi oleh pemerintah dari kepunahan. Siapa sangka kalau kura-kura juga bisa menenangkan pikiran pemiliknya? Berdasarkan Feng Shui bahkan dengan memelihara kura-kura hidup lo bakal dipenuhi dengan keberuntungan.

Ada banyak jenis hewan peliharaan yang bisa lo rawat di rumah. Beberapa hewan tadi adalah yang paling lazim dipelihara oleh penduduk di Indonesia. Kalau di rumah lo sendiri memelihara hewan apa, Sob?

Photo Credit: Pxhere