ARTICLE
Entrepreneur Muda Sukses yang Bisa Lo Jadikan Inspirasi

Sob, zaman sekarang siapa sih yang nggak mau jadi seorang entrepreneur muda yang sukses? Majunya perkembangan ekonomi dan juga teknologi memang membuat begitu banyak pihak khususnya anak muda yang terpicu untuk menjadi seorang pengusaha muda. Apakah lo salah satunya, Sob? Kalau iya, kira-kira apa saja yang sudah lo persiapkan saat ini? Memang benar kalau ingin menjadi seorang pengusaha hal utama yang harus lo miliki itu adalah modal, tapi jauh sebelum adanya modal, lo harus intip dulu beberapa kisah inspiratif dari entrepreneur muda di Indonesia di bawah ini!

Hafiza Elfira, Nalacity Fondation

Berjiwa sosial tinggi dan sukses, itulah dua kata yang mewakili sosok entrepreneur muda Hafiza Elfira. Melalui kesuksesannya tersebut, Ia memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala dengan memberikan bekal kemampuan yang beragam. Wanita lulusan Universitas Indonesia ini mengandalkan kemampuan bisnis untuk membekali ibu-ibu tersebut dengan keterampilan menjahit manik-manik pada jilbab.

Atas kerja keras dan juga ketekunannya, Hafiza dan juga Nalacity Foundation sudah mampu mendapatkan omzet penjualan hingga ratusan juga per bulan. Ia juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai 10 Pengusaha Muda Sukses versi Yukbisnis.com.

Yasa Singgih, Men’s Republic

Sob, sosok entrepreneur muda satu ini boleh saja jarang lo ketahui. Tapi mungkin brand miliknya sudah pernah lo dengar atau nggak sengaja menemukannya di feeds Instagram lo. Men’s Republic atau brand fashion pria yang populer di sosial media merupakan produk atau hasil dari kerja keras Yasa Singgih selama ini.

Mengawali karir bisnis di bidang yang beragam sejak usia dini, naik turunnya bisnis, dan lainnya sejak muda membuat Yasa tegar dan pantang menyerah untuk meneruskan bisnis yang sudah ia dirikan dari nol. Hingga kini Yasa pun sudah banyak menerima penghargaan di bidang entrepreneur atas prestasi yang sudah diraihnya.

Dea Valencia, Batik Kultur

Batik memang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, sebagian besar orang Indonesia pun tentu memiliki batik di rumahnya. Dari fakta satu inilah Dea Valencia mencoba untuk memanfaatkan peluang dengan menciptakan bisnis Batik Kultur miliknya.  Dari bisnisnya satu ini, Dea menciptakan baju batik non-printing sehingga produk yang dihasilkan pun beragam dan mengikuti trend fashion yang unik. Menghadapi berbagai rintangan, namun akhirnya Batik Kultur terus berkembang dan menghasilkan omzet sekitar 300 jutaan setiap bulannya. 

Tidak hanya melestarikan budaya dengan cara yang cukup modern, Dea juga membantu orang-orang difabel untuk membantu memproduksi Batik Kultur. Tak sedikit Dea mempekerjakan teman-teman difabel sebagai bentuk kepedulian sosialnya.

Nicholas Kurniawan, Venus Aquatics

Sob, dulu pas lo masih muda, kira-kira lo suka beli ikan hias, nggak? Kalau nggak, tidak heran kalau Nicholas Kurniawan kini menjadi salah satu eksportir ikan hias Indonesia saat ini. Memiliki keterbatasan modal bukanlah alasan bagi entrepreneur muda ini untuk terus berusaha dan menjalankan bisnisnya. Awalnya Nicho hanyalah berperan sebagai perantara, namun lama kelamaan, ia justru mulai menjual produk ikan hiasnya sendiri. Dari kesempatan inilah ia berhasil mendirikan brand yang bernama Venus Aquatics.

Nah, Sob, itulah beberapa kisah inspiratif entrepreneur muda Indonesia yang penuh dengan inspirasi. Lo nggak perlu khawatir untuk memulai sesuatu yang baru, karena semua pengusaha sukses di atas pun pernah mengalami kegagalan. Modal utama yang harus lo miliki itu adalah kerja keras dan juga tekad yang kuat.

 

Featured image credit: StartupStockPhotos (pixabay.com)