ARTICLE
Ciri-ciri Teman Lo Terkena Depresi, Saatnya Membantu

Photo credit: pixnio.com

Depresi menjadi salah satu penyakit yang paling sering ditemui di dunia. Menurut World Health Organization (WHO), depresi masuk di peringkat keempat penyakit paling utama di seluruh dunia. Nggak hanya itu Sob, di negara-negara besar setidaknya 1 dari 4 wanita dan 1 dari 10 laki-laki minimal pernah mengalami masa depresi yang sangat berat. Salah satunya di Indonesia, mungkin lo sering melihat ada percobaan bunuh diri atau mungkin teman lo sendiri mengalami perubahan besar di kehidupannya.

Di dalam artikel kali ini, kita akan mencoba membahas ciri-ciri teman lo yang terkena depresi. Dari sini, lo pun bisa membantu mereka, Sob. Yuk simak, ya.

Mereka mulai mudah marah

Ciri-ciri pertama yang sering muncul pada penderita depresi adalah mereka sangat mudah marah. Biasanya mereka akan sangat mudah terpancing dengan hal-hal sederhana, misalnya bahan bercandaan atau hal-hal lain. Apalagi jika sebelumnya mereka nggak gampang marah. Ketika depresi, emosi mereka nggak stabil sehingga sangat mudah terlecut emosi dari hal-hal kecil.

Kebiasaan berubah drastis

Ciri kedua adalah kebiasaan mereka yang berubah secara drastis. Biasanya ini bisa dilihat dari keluarga atau teman dekat. Misalnya ketika lo punya teman yang biasanya olahraga, kemudian malas berolahraga. Atau bahkan yang paling drastis adalah ketika ada teman lo yang jarang masuk sekolah atau kuliah, padahal nggak sakit.

Lebih suka menyendiri

Ciri yang paling mudah dilihat adalah banyak orang yang depresi lebih senang menyendiri daripada berinteraksi dengan banyak orang. Ini dikarenakan mereka sudah nggak percaya lagi dengan orang yang ada di sekitarnya. Jika lo mempunyai teman seperti ini, lo bisa mulai mendekatinya dengan cara yang berbeda, seperti menanyakan kabar atau meminta tolong hal yang penting agar membuka percakapan.

Mulai mengeluh

Ciri terakhir adalah mereka suka mengeluh. Sekarang musim media sosial, biasanya mereka akan mem-posting hal-hal seputar kegalauan atau mengeluhkan tentang keadaan di sekitar mereka. Jika ini terjadi, sama seperti poin sebelumnya, lo harus memulai pendekatan agar mereka bisa mengeluarkan keluh kesah yang dihadapi.

Ada banyak sekali cara mengatasi depresi, salah satunya adalah dengan mendengarkan keluh kesah mereka. Orang yang terkena depresi ini biasanya merasa sendirian dan merasa orang lain nggak ada yang peduli. Dengan begitu, lo harus jadi orang yang bisa menampung keluh kesah mereka. Semoga artikel ini bisa jadi penolong teman-teman di sekitar lo ya, Sob.