ARTICLE
Cara Menumbuhkan Semangat Saat Jenuh Bekerja

Kejenuhan saat bekerja itu wajar banget, apalagi kalau waktu sudah menunjukkan pukul tiga sore. Sudah capek, tapi nggak pulang-pulang. Agar lo justru makin produktif saat jenuh, ikuti ragam cara tumbuhin semangat di bawah ini, Sob!

Jalan-jalan Sejenak

Jalan-jalan di sekeliling area kantor sambil bikin kopi bisa bikin lo lebih segar saat bosan bekerja. Peredaran darah lo bisa jadi makin lancar saat jalan, hasilnya, asupan oksigen ke otak makin banyak. Dengan lancarnya asupan oksigen dalam otak, lo makin bisa berpikir dengan lebih jernih dan cepat, sob. Hasilnya, kejenuhan bisa teratasi dan lo bisa makin produktif.

Dengarkan Musik

Pilih musik-musik yang semangat, jangan yang mellow, Sob. Pasalnya, kalau lo milih musik mellow yang ada bakal tambah lesu bukan makin semangat. Tapi pastikan kalo teman sebelah lo di kantor nggak terganggu dengan musik yang lo mainkan. Atau lo juga bisa gunakan headset agar suara musiknya nggak bikin ribut. Tapi jangan memutarnya keras-keras karena lo juga masih harus bisa dengerin sekitar lo. Nggak lucu kan kalau lo dipanggil orang tapi nggak dengar hanya karena pakai headset?

Ngobrol dengan Teman

Kalau diperbolehkan, lo bisa ajak ngobrol teman di kantor. Cukup 15 menit saja bicarain hal-hal yang seru, seperti film terbaru atau liburan yang kalian inginkan. Dengan membicarakan hal-hal menyenangkan, lo bisa jadi lupa akan rasa jenuh yang baru saja melanda. Bisa juga lo ajak dia ngobrol sambil bikin kopi atau teh. Rasa jenuh hilang, pertemanan lo makin dekat. Siapa yang nggak mau, Sob?

Rencanakan Liburan

Hal-hal menyenangkan bisa bikin lo semangat, termasuk dengan merencanakan liburan. Ambil waktu sejenak untuk merencanakan liburan lo saat weekend atau beberapa bulan ke depan kalau lo mau ambil cuti. Kalau memang bisa, pesan tiketnya sekarang dan juga hotelnya. Dengan adanya hadiah berupa liburan di kemudian hari, lo bisa kembali semangat bekerja setelah merencanakannya.

Baca Komik yang Lo Suka

Punya komik kesukaan? Lo bisa bawa ke kantor atau baca lewat internet untuk mengurangi kejenuhan lo saat di kantor. Kalo bisa sih baca komik yang ending-nya nggak cliffhanger alias ngegantung dan malah bikin lo penasaran. Kalau dengan ending yang begitu, jadinya lo malah nggak bakal konsen saat kerja nanti karena mikirin nasib tokoh yang ada di komik. Komik-komik olahraga bisa jadi pilihan lo untuk bikin semangat karena umumnya komik tersebut jarang memberikan realita pesimis. Lo justru jadi bisa belajar banyak dari rasa optimis di tokoh-tokoh olahraga itu.

Banyak juga kan cara biar lo nggak jenuh di kantor? Jangan lupa cuci muka kalau memang sudah menguap beberapa kali. Cuci muka juga bisa bikin lo segar dan penampilan nggak lesu lagi. Yuk, bekerja lagi, Sob!

 

Photo credit: Pixabay.com