helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

4 Soft Skill Ini Bisa Lo Tingkatkan Biar Bermanfaat Saat di Dunia Kerja

04.10.2018
YOUR PASSION

ARTICLE

Kalau lo berpikir bahwa ilmu pengetahuan adalah satu-satunya faktor yang menentukan di dunia kerja, lo salah. Kenapa? Karena nyatanya, lo bakal sulit masuk dan bertahan di dunia kerja dengan bekal ilmu saja. Lo perlu mengembangkan softskill atau kemampuan yang berhubungan dengan tingkah laku dan kepribadian. Apa saja?

Kemampuan mendengar

Apakah lo tipe orang yang sukar mendengarkan? Kalau iya, sebaiknya lo mulai melatih soft skill satu ini. Karena, lo bakal susah banyak belajar kalo nggak punya kemampuan mendengarkan yang baik. Apalagi nanti di dunia kerja lo bakal lebih banyak mendengar, baik dari bos ataupun senior-senior kantor lo. Dengan mempunyai kemampuan mendengar yang tinggi, dijamin lo bakal lebih disenangi.

Berpikir secara kritis

Nggak cuma harus pintar mendengarkan, lo juga harus pintar dalam berpikir alias berpikir secara kritis. Melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang kritis bakal membuat lo lebih dipercaya dan diandalkan di dunia kerja. Kembangkanlah kemampuan soft skill satu ini dengan banyak membaca buka dan memulai diskusi dengan orang-orang pintar buat membuka wawasan.

Sikap yang flexible

Hampir semua tempat kerja menginginkan karyawan yang flexible. Lo pasti paham kalau persaingan di dunia kerja sangat keras, jadi kalau nggak flexible lo bisa ‘dibuang’. Suka atau nggak, terkadang lo terpaksa melakukan hal yang sebenarnya nggak lo suka, misal harus kerja lembur ketika lo inginnya pulang tepat waktu. Yakin deh, bersikap flexible bakal sangat membantu lo.

Bisa bertindak tegas saat dibutuhkan

Memang benar lo harus bisa bersikap flexible, tapi lo juga harus bisa bersikap tegas saat dibutuhkan. Kalau nggak, nasib lo di dunia kerja bisa ‘kandas’. Sikap flexible tentu harus diimbangi dengan prinsip yang lo punya. Misalnya lo merasa ada tindak kecurangan soal gaji, lo harus tegas minta penjelasan terhadap hak lo. Tegas saat dibutuhkan bakal membuat lo lebih dihargai.

Mengembangkan beberapa soft skill di atas bakal bermanfaat saat lo terjun di dunia kerja. Semoga bermanfaat!

 

Photo Credit: Pexels