SWIPE

SCROLL

Water Based Pomade VS Oil Based Pomade, Mana yang Lebih Baik?

20.09.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo Credit: Freepik

 

Bagi pria rambut adalah mahkota yang memengaruhi penampilan fisik secara keseluruhan. Oleh karena itu, agar tetap tampil maksimal, sudah sebagai pria sejati lo wajib menjaga penampilan rambut. Salah satunya adalah dengan menggunakan pomade.

Penggunaan pomade untuk pria mulai tenar pada era 1920-an dan 1950-an. Pomade sendiri dibedakan menjadi dua yakni water based pomade dan oil based pomade. Manakah yang lebih baik? Berikut kelebihan dan kekurangannya yang perlu lo ketahui.

 

Water based pomade

Pada dasarnya, water based pomade merupakan pomade yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar air. Jenis ini adalah versi terbaru dan lebih modern dibandingkan dengan jenis sebelumnya yang berbahan dasar minyak. Water based pomade banyak dipilih oleh para pria terutama bagi mereka yang memiliki rambut panjang maupun bergelombang. Hal ini karena jenis water based pomade bisa memberikan kesan natural pada tampilan rambut.

  • Kelebihan water based pomade

Water based pomade memiliki kelebihan tersendiri untuk jenis minyak rambut bagi pria. Salah satu kelebihannya adalah cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Sebab bahan yang digunakan adalah berbasis air. Artinya, nggak bakal menimbulkan jerawat pada kulit kepala. Selain itu, water based pomade mudah untuk dibersihkan jadi rambut lo tetap sehat terawat.

  • Kekurangan water based pomade

Water based pomade juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Pertama formula yang digunakan selama proses pembuatan water based pomade cukup komplek. Hal ini jelas bakal berpangaruh pada harganya yang cukup mahal. Kedua, jenis pomade yang satu ini nggakk tahan lama saat digunakan dan lo perlu menggunakannya lagi saat rambut mulai kering dan nampak kurang rapi.

 

Oil based pomade

Untuk jenis oil based pomade adalah salah satu jenis tradisional. Dari segi komposisinya memang nggak sekompleks water based pomade. Jenis pomade ini memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi penggunaannya berikut ini.

  • Kelebihan oil based pomade

Berbicara mengenai kelebihan oil based pomade dapat dilihat dari segi penampilan siapa saja yang memakainya. Pria juga cenderung memilih jenis pomade yang satu ini karena memiliki daya tahan yang kuat. Jadi, tampilan rambut lo terlihat lebih mengkilau, rapi, serta terkesan maskulin. Keunggulan lainnya adalah lebih fleksibel ketika digunakan dan lo nggak perlu memakainya kembali. Jika dibandingkan water based pomade, harganya pun lebih murah.

  • Kekurangan oil based pomade

Lalu, apa saja kekurangan dari oil based pomade? Ada beberapa kekurangan untuk jenis ini adalah sulit untuk dicuci. Kemudian, mengingat bahan yang digunakan adalah minyak tentu ini akan membuat kulit kepala terasa lengket dan kotoran akan mudah menempel. Lo pun harus bekerja ekstra untuk membersihkannya, Sob. Selain itu, oil based pomade nggak cocok digunakan untuk jenis kulit kepala yang sensitif.

 

Mana yang lebih baik?

Berbicara tentang mana yang lebih baik antara water based pomade dan oil based pomade adalah tergantung kebutuhan lo. Kalau lo ingin pomade dengan daya tahan yang kuat untuk penampilan, maka oil based pomade bisa lo pilih. Sebaliknya, kalau lo membutuhkan jenis pomade yang aman dan nyaman digunakan, serta mudah dibersihkan maka bisa memilih water based pomade.

Saat ini sudah banyak produk water based pomade yang dijual di pasaran. Salah satunya yang bisa lo pilih adalah GATSBY Regroom Pomade. Pomade ini sangat cocok untuk segala aktivitas lo karena dilengkapi dengan minyak alpukat dan agen perlindungan UV untuk perawatan rambut. Kandungan fragrance terbaiknya dapat menampilkan kesan yang modern dan eksklusif, Sob.