helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips-Tips Berbicara Di Depan Orang yang Lebih Tua

by
GATSBYCODE
14.02.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Sedari kecil, kita sudah diajarkan oleh orang tua kita untuk bersikap sopan kepada siapapun, apalagi kepada orang yang lebih tua. Ini etika dasar yang harus kita pegang teguh sampai dewasa, karena sopan santun kepada orang tua juga menjadi tolak ukur kepribadian kita di mata orang lain.

 

Komunikasi sama orang yang lebih tua memang gampang-gampang susah. Salah sedikit, yang ada hubungannya malah jadi gak enak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips berbicara di depan orang yang lebih tua, supaya bisa berkomunikasi lebih mudah.

 

Just Listen to Them

Sama seperti kita, orang tua juga gak selalu ingin dijawab, dan terkadang mereka hanya ingin didengar aja. Kalau mereka lagi cerita banyak hal, kamu cukup mendengarkan, dan respon sesekali. Bisa dengan respon yang singkat, atau dengan senyum dan tertawa kecil aja. Ketika orang tua sedang bicara, jangan sekali-sekali menyela perkataan mereka. Selain gak sopan, ini juga bikin mood jadi gak enak. Tunggu sampai mereka selesai bicara dan nanya pendapat lo, baru lo bisa tanggapi mereka.

 

Baca Juga : Tips Ampuh Menghilangkan Ketiak Bau Bawang Biar Lebih Percaya Diri

 

Bicara yang Jelas, Jangan Belibet

Perbedaan usia yang cukup jauh membuat adanya gap pengetahuan diantara kalian dan orang tua. Jangan pikir orang yang jadi lawan bicara lo adalah orang yang akan mengerti bahasa atau perkatan lo. Sebisa mungkin, jelaskan dengan rinci segala hal yang lo sampaikan. Jangan sampai ada kesalahpahaman diantara kalian. Pilih diksi yang mudah dimengerti, dan pastikan mereka paham dengan apa yang lo bicarakan. To the point dengan apa yang ingin lo sampaikan, supaya mereka gak bingung. Lalu tanya, apakah mereka mengerti? Kalau enggak, ulang lagi pernyataan lo.

 

Lihat Situasi dan Kondisi

Ngobrol juga harus lihat situasi dan kondisi. Salah-salah, yang ada malah obrolannya jadi awkward dan pesan yang ingin disampaikan malah gak tersampaikan. Contohnya, ketika sedang di acara keluarga, jangan sesekali lo mengorek hal pribadi yang sifatnya sensitif, seperti nanya “kenapa belum nikah,” atau “kok belum punya anak?”

 

Selain gak sopan, hal ini juga bisa jadi bikin yang lo ajak ngobrol jadi sedih. Jadi penting banget untuk lihat situasi dan kondisi ketika ngajak ngobrol orang yang lebih tua, karena ini berpengaruh sama hubungan baik kalian kedepannya.

 

Perhatikan Gestur, Jaga Nada Bicara

Enak gak sih kalau lagi ngobrol, tapi si lawan bicaranya malah nunduk? Gak enak kan?

 

Apalagi dengan orang yang lebih tua, kita harus lebih perhatikan gestur atau bahasa tubuh kita. Selain supaya lebih sopan, hal ini juga dilakukan supaya pesan yang mau disampaikan bisa diterima baik oleh si pendengar. Selain itu, untuk lebih membuat kalian terlihat serius, bisa juga tatap mata lawan bicara. Jangan sekali-sekali membuang pandangan atau menoleh ke kanan atau kiri, karena itu menimbulkan kesan bahwa kalian tidak suka berbicara dengan dia, dan ingin obrolan itu cepat berakhir.

 

Perhatikan juga nada bicara. Jaga volume dan nada bicara lo tetap rendah, meski ada selisih paham ada perbedaan pendapat diantara kalian. Karena bagaimanapun juga, yang lo ajak ngobrol ini adalah orang tua, jadi tetap harus menjaga kesopanan meski ada perbedaan.

 

Tips lainnya yang gak kalah penting, pastikan badan lo terjaga keharumannya saat ngobrol dengan orang yang lebih tua. Cobain GATSBY URBAN ICE DEO STONE INFINITY yang menyegarkan badan karena adanya sensasi dingin, untuk lebih menciptakan kesan pribadi yang segar dan juga elegan.