helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Selektif Memilih Sepatu Basket yang Nyaman Dipakai

12.10.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Tips selektif memilih sepatu basket yang nyaman dipakai ini penting banget buat dipahami, Sob. Selain bisa mendapatkan kenyamanan saat bermain, sepatu basket juga bisa banget mencerminkan kepribadian dari pemain, salah satunya seperti gaya permainan saat di lapangan.

Menurut laman resmi Jr. NBA Asia, secara umum sepatu untuk bermain basket terbagi menjadi tiga komponen dasar, masing-masing dengan tujuan berbeda. Bagian upper sepatu sebagai penopang, sedangkan midsole berfungsi sebagai bantalan, serta bagian outsole untuk memberikan traksi ketika digunakan.

Kalau keliru dalam memilih sepatu basket, maka risiko cedera saat bermain tentu juga bisa meningkat, Sob. Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap beberapa tips selektif memilih sepatu basket yang nyaman dipakai berikut ini!

 

Cek Ketinggian Upper

Tips selektif memilih sepatu basket yang pertama yaitu cek dulu ketinggian upper-nya, Sob. Dilansir laman DICK'S Sporting Goods, secara umum sepatu basket dibagi menjadi beberapa ukuran, yaitu high, mid, low yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain ketika di lapangan.

High: Upper dengan kategori high biasanya punya ciri khas yaitu melindungi bagian engkel. Selain itu, menggunakan sepatu basket jenis upper high juga bisa meningkatkan stabilitas saat bermain, lho. Akan tetapi, jenis upper ini biasanya juga punya bobot yang lebih berat, Sob.

Mid: Ada juga upper kategori mid atau sedang yang bisa menjaga keamanan engkel dari cedera, meski nggak lebih maksimal dibanding jenis high. Tapi, salah satu keuntungan menggunakan jenis upper mid bisa menambah kelincahan saat bermain dan bobot sepatu yang lebih ringan.

Low: Satu lagi, ada jenis upper dengan kategori low nih, Sob. Upper ini nggak memiliki perlindungan maksimal pada bagian engkel, sehingga masih cukup besar memiliki risiko cedera. Tapi, sepatu basket dengan jenis upper ini biasanya punya bobot yang lebih ringan dan nggak cepat bikin capek saat bermain.

 

Pastikan Midsole Punya Bantalan Tambahan

Dilansir laman Sportprovement, selain memahami ketinggian dari upper yang akan digunakan, memilih sepatu basket dengan bantalan tambahan di bagian midsole juga bisa memberi kenyamanan ekstra saat bermain, lho. Sayang banget kan, kalau sudah terlanjur merogoh kocek cukup dalam namun sepatu nggak nyaman digunakan. Bantalan yang cukup populer biasanya terbuat dari bahan EVA, compressed EVA, polyurethane atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut, Sob!

 

Cek dengan Teliti Bagian Outsole

Tips selektif memilih sepatu basket selanjutnya yaitu jangan lupa buat cek dengan teliti bagian outsole-nya, Sob. Laman DICK'S Sporting Goods menerangkan bahwa bahan outsole sepatu basket yang terbuat dari karet atau bahan sintetis tertentu ternyata bisa membantu memaksimalkan traksi dari sepatu saat digunakan bermain, lho.

Dari segi ukuran, sebaiknya pilih sepatu basket dengan bagian outsole yang cukup datar dan lebar biar bisa memberi keseimbangan maksimal, Sob. Bahkan selain dari ukuran dan bahan outsole, bentuk atau alur dari outsole juga penting diperhatikan. Ada baiknya memilih outsole dengan pola herringbone atau heksagonal. Pasalnya, pola tersebut bisa dibilang memang dirancang buat membantu mengamankan kaki dan mencegah dari risiko tergelincir saat digunakan bermain.

Sebenarnya hampir semua sepatu basket dirancang untuk digunakan di dalam ruangan. Tapi, Kalau lo akan menggunakan sepatu di luar ruangan, sebaiknya pilih outsole dengan bahan yang lebih tebal dan juga tahan lama ya, Sob!

 

Kalau sudah mendapatkan sepatu futsal sesuai dengan harapan, lo tentu wajib banget menjaga aroma badan biar percaya diri di atas lapangan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan GATSBY URBAN COLOGNE yang bisa bikin lo tetap wangi di tengah asiknya beraktivitas. Ada varian Urban Cologne Energy, Intention, Ardent, Dignity, Infinity, Confidence, dan Attractive yang bisa lo sesuaikan dengan karakter serta selera lo, Sob!