SWIPE

SCROLL

5 Tips Buat Lo yang Pengin Jadi Atlet e-Sports Profesional

09.10.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Unsplash

 

Main game bukan lagi sekadar hal buat mengusir kejenuhan dan mengisi waktu aja. Lebih dari itu, game udah menjadi sebuah profesi yang menggiurkan. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang atlet e-sports profesional. Nah, buat lo yang pengin jadi atlet e-sports profesional, ada beberapa tips dan kiatnya nih, Sob. Apa aja? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

 

Cobalah Fokus pada Game yang Lo Kuasai

Seorang atlet e-sport profesional biasanya memiliki satu game yang bisa dikuasai. Tujuannya agar mereka lebih fokus dalam menjalani kompetisi. Nggak dalam hal kompetisi dan skill aja, Sob. Dengan fokus pada satu game, lo berpotensi memiliki real trading money yang tinggi.

Khususnya untuk game dengan jumlah yang cukup besar dari segi item, equipment, dan fitur lainnya. Harganya pun fantastis banget, Sob. Misalnya, untuk game DOTA 2 terdapat sebuah High End Legacy Couriers dan di pasaran dunia, game dijual seharga 6 ribu dollar atau sekitar Rp79 juta Sob.

 

Terus Berlatih dengan Tekun

Kunci kesuksesan seorang atlet e-sport profesional selain fokus adalah berlatih dengan tekun. Sama halnya seperti atlet olahraga pada umumnya, atlet e-sport haruslah memiliki jadwal latihan yang disiplin dan harus lo jalani. Misalnya satu minggu sebanyak 3-4 kali selama waktu yang ditentukan dan menyesuaikan jadwal.

Dengan latihan ini, lo bisa mempelajari taktik maupun fitur baru dalam game tertentu. Sebaiknya pula lo jangan ikut kompetisi ranked match. Ingat, seperti kata pepatah, practice makes perfect, lo perlu banyak latihan disiplin biar bisa ikut bersaing di kompetisi internasional, Sob.

 

Ikut Kompetisi Game Profesional

Ikut kompetisi bisa menjadi ajang buat lo yang ingin fokus mengembangkan karir jadi atlet e-sport. Bagi seorang atlet e-sport, ikut kompetisi adalah sebuah keharusan. Lo nggak cuma mengasah skill individu maupun tim, tapi juga bisa menambah pengalaman. Di sini lo bisa berkenalan dengan atlet maupun tim lainnya untuk bertukar pengalaman game dan strategi.

Buat lo yang baru mulai untuk menjadi atlet e-sport, ada baiknya buat lo ikutan game di tahap permulaan. Sebaiknya pula lo jangan ikutan game bergengsi dulu. Sebagai awalan, lo bisa ikut kompetisi lokal. Nah, kalau lo sudah mahir, barulah ikuti kompetisi dengan jenjang lebih tinggi.

 

Membentuk tim e-Sport

Untuk jadi seorang atlet e-sport profesional, penting pula buat lo membentuk tim e-sport. Memang, lo bisa ikut kompetisi sebagai individu. Akan tetapi, kalau lo punya tim e-sport, lo bakal memiliki kesempatan besar untuk mengikuti kompetisi yang lebih bergengsi. Selain itu, hadiah yang akan lo dapatkan juga semakin besar.

Dalam membentuk tim e-sport yang andal ini, lo bisa merekrut dan memilih teman satu tim yang memiliki fokus game yang sama. Alangkah baiknya kalau lo memilih teman yang berpengalaman. Ini untuk memudahkan lo dalam memudahkan koordinasi.

 

Cari Sponsor Endorse

Ketika lo dan tim sudah membentuk tim yang andal dan mengikuti banyak kompetisi, maka kamu pun membutuhkan banyak dana untuk mengikuti kompetisi e-sport yang lebih besar. Oleh karena itulah, penting bagi lo dan tim mencari sponsor untuk pembiayaan. Untuk hal ini, lo bisa memberi penawaran kepada developer game maupun teknologi untuk meng-endorse.

Di Indonesia, ada tim e-sport nasional yang mendapatkan endorse seperti Team NXL dan Rex Regum. Bisa lo bayangkan keuntungan apabila memiliki endorse dari sponsor dan developer game terkenal. Misalnya saja, lo dan tim bisa mendapatkan bonus yang lumayan besar jika memenangkan sebuah kompetisi bergengsi.

 

Nah, itulah tips yang bisa lo coba kalau ingin jadi atlet e-sport profesional. Jadi, sudah siapkah lo jadi atlet e-sport andal selanjutnya?