helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Menabung untuk Beli Barang Impian Lo

by
GATSBYCODE
24.05.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Halo para sandwich generation, udah pada kebeli apa nih di usia menjelang 30-an? Tenang Sob, kalian gak sendirian. Emang di usia segini, berasa susah banget buat beli barang atau sesuatu yang kita inginkan. Bukan karena gak ada uangnya, tapi karena makin kesini makin sulit mengalokasikan dana karena terlalu banyak pengeluaran. Alhasil, tiap malam jadi overthinking mikirin barang impian yang belum kebeli juga sampai sekarang. Daripada dipikirin terus, mending coba buat nabung yuk. Berikut 3 tips menabung untuk beli barang impian lo. Semangat Sob!

 

Alokasikan sekian persen dari gaji

Selalu alokasikan dan pisahkan uang untuk menabung dari uang yang lo pakai sehari-hari. Ini bertujuan agar uang yang lo pakai sehari-hari gak terpakai untuk menabung, atau sebaliknya. Pakai metode 40-30-20-10, yaitu menyisihkan 40% gaji untuk kebutuhan sehari-hari dan 30% untuk cicilan atau tagihan. Yang 20% baru deh disisihkan untuk menabung, dan 10% terakhir untuk sedekah. Biar sedikit, tapi rutin. Begitu Sob kuncinya! Jangan diganggu gugat ya metode ini, biar semuanya terhitung dan gak ada yang terpakai di luar peruntukannya.

Buat rekening yang berbeda

Jika melihat metode di atas di mana lo harus memisahkan antara kebutuhan dan menabung, berarti lo juga membutuhkan dua rekening berbeda. Ini juga penting supaya gak ada transaksi di luar keperluan. Gunakan satu rekening untuk segala keperluan sehari-hari, dan untuk rekening menabung, hanya gunakan untuk menyimpan uang saja. Pilih rekening yang sesuai dengan tujuannya. Contohnya, jika untuk menabung, pilih yang tidak ada bunga. Dan untuk rekening yang digunakan sehari-hari, gunakan yang tidak ada biaya adminnya atau biaya adminnya rendah.

 

Buat target lama menabung

Selain menyisihkan dari penghasilan, hal terpenting lainnya yang harus lo set adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung, hingga barang impian lo terbeli. Ini penting dan harus ada perhitungannya, supaya lo fokus dan gak membagi-bagi uang di atas dengan persentase yang keliru. Tulis di celengan lo berapa lama waktu yang lo butuhkan. Misal: “3 bulan lagi punya rumah di Bintaro,” atau “Bismillah 2029 punya jersey ori Liverpool.” Harapannya, dengan adanya target waktu ini, lo bisa konsisten sama prosesnya, dan fokus sama tujuannya.

 

Fokus!

Ini yang paling penting dan juga paling sulit. Terkadang waktu kita sudah sangat fokus dan hampir sampai di garis akhir target menabung, ada aja hal yang bikin tabungan ini terpakai. Fokus! Fokus sama barang yang lo inginkan. Fokus sama apa yang alokasikan dan targetkan. Jangan terdistraksi sama hal lain yang berkaitan atau gak berkaitan sama sekali sama barang impian lo. Yakin Sob, kalau lo fokus, pasti bisa!

 

Ingat, gak ada yang gak mungkin di dunia ini asal kita punya tekad dan kemauan. Yakinkan diri lo, bahwa lo pantas dan bisa membeli barang impian lo (meski semesta kadang gak menyetujui.) Sambil ngebayangin barang impian lo, coba sambil semprotkan GATSBY Ultra Prime Bright Legacy yang memiliki wangi Neo-Classic, wangi yang memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Setelah percaya diri dan yakin dengan tujuan menabung, kini saatnya fokus sama targetnya. Semangat!