helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Memilih Topi Pria Berdasarkan Bentuk Wajah

20.01.2023
LIFE GUIDE

ARTICLE

Topi merupakan salah satu fashion item yang cukup banyak digemari oleh pria. Selain dapat melindungi wajah dari sinar matahari, topi juga mampu membuat penampilan terlihat keren. Tapi tahukah lo kalau bentuk wajah ternyata memengaruhi jenis topi yang dipakai? 

Kalau salah pilih topi, maka wajah akan terlihat nggak simetris dan terkesan kurang cocok. Biar gak salah pilih, yuk simak beberapa tips memilih topi pria berdasarkan bentuk wajah berikut ini, Sob!

 

Bentuk Wajah Bulat

Tips untuk pemilik wajah bulat, sebaiknya jangan pilih yang memiliki bentuk yang sama seperti bentuk wajah seperti topi bowler. Hal itu akan menambah kesan bulat pada wajah lo, Sob. Gunakan topi dengan jenis fedora karena akan membuat wajahmu terlihat lebih tegas dan gagah. Penampilan akan tambah kece maksimal. Bisa dipakai untuk keseharian, bisa juga untuk acara semi-formal.

 

Bentuk Wajah Diamond

Ciri khas dari bentuk wajah ini adalah dagu yang lancip dan dahi sempit. Jenis bucket atau topi pancing akan sangat cocok dengan bentuk wajah diamond. Topi tersebut akan membuat dahi terlihat simetris dan menonjolkan dagu yang lancip.

Lo juga bisa memakai topi seniman atau flat cap untuk membuat penampilan terlihat maskulin. Jenis topi bisa dipadukan dengan outfit kasual.

 

Bentuk Wajah Persegi

Topi dengan pinggiran bulat ataupun datar akan sangat cocok dikenakan oleh pemilik wajah persegi panjang. Contohnya seperti topi panama, boater, floppy, hingga bowler. Gak hanya itu, jenis baseball cap juga akan cocok karena memberi kesan sporty dan dinamis. Lo tinggal pilih salah satunya, sesuaikan dengan outfit yang lo pakai. Jangan sampai salah kostum.

 

Bentuk Wajah Oval

Lo bisa dibilang beruntung jika memiliki wajah berbentuk oval karena semua jenis topi akan terlihat cocok dan tinggal memilih ukuran dan bentuk sesuai dengan selera. Tapi, bentuk topi yang disarankan untuk lo yang memiliki wajah oval yaitu topi dengan model bulat bak bowler hat. Selain itu, topi model kupluk dengan bahan rajut atau topi beanie juga bisa dijadikan salah satu referensi untuk pria yang berwajah oval. Jangan menggunakan topi yang memiliki ukuran besar karena akan membuat wajah lo terlihat tertutup atau tenggelam.

- Topi bisbol / Baseball Cap: Topi lentur yang sangat umum dijumpai dan digunakan di Indonesia. Memiliki ‘lidah’ yang disebut visor dengan bentuk melengkung. Bisa digunakan terbalik (depan ke belakang) untuk memperkuat kesan street style atau hypebeast.

- Topi Trucker / Trucker Cap: Topi yang bentuknya hampir sama dengan baseball cap, namun sebagian badannya terbuat dari jaring-jaring. Cocok digunakan di tempat yang hawanya panas.

- Topi Snapback / Snapback Cap: Topi yang bentuknya juga mirip baseball cap, namun lidahnya datar. Topi jenis sayangnya kurang cocok kalau muka lo chubby.

 

Bentuk Wajah Hati

Kalau lo memiliki wajah dengan bentuk hati, sebaiknya jangan gunakan topi yang bisa membuat dagu terlihat makin tajam dan panjang. Jenis topi yang tepat bagi pemilik wajah berbentuk hati adalah cloche hat. Topi tersebut akan membantu untuk menyamarkan dahi yang lebar serta bentuk dagu yang panjang dan cukup meruncing.

 

Biar lo makin pede dengan topi keren pria yang sesuai dengan bentuk wajah lo, berarti lo juga harus pakai parfum dengan pesona biru yang nyegerin abis, Sob. Cobain deh, GATSBY Eau de Blue yang hadir dengan tiga varian nih, Sob. Ada Earth Code, Skyline Code, dan Air Code. Pesona lo dengan topi pilihan pasti bakal lebih terpancar!