helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Memilih Sweater Pria Biar Sesuai dengan Harapan

23.12.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Memilih sweater pria memang nggak bisa sembarangan, Sob. Selain menghangatkan, fashion item yang satu ini juga wajib memberikan tampilan yang menarik dan rasa nyaman bagi para penggunanya dalam setiap aktivitas.

Cuaca tropis seperti di Indonesia memang membuat sebagian besar orang beranggapan kalau sweater kurang cocok untuk digunakan. Padahal, nyatanya baju dari bahan tebal ini berguna banget pada beberapa situasi dan kondisi tertentu, lho. Biar bermanfaat dan hasilnya sesuai dengan harapan, mending simak lengkap tips-tips memilih sweater pria berikut ini, Sob!

 

Perhatikan Bahan Material Sweater Pria

Pertama, perhatikan bahan material pada jaket sweater pria, Sob. Umumnya, ada beberapa jenis bahan material yang digunakan untuk sweater, yaitu wol (wool), fleece, dan katun (cotton). Kenali karakteristik tiap-tiap bahannya biar lo bisa memilih sweater yang nyaman saat digunakan.

Kalau mau tubuh tetap hangat saat cuaca lagi dingin-dinginnya, maka lo bisa gunakan sweater dengan bahan wool. Bahan ini direkomendasikan banget karena bersifat sebagai insulator untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat di tengah cuaca dingin. Sweater dengan benang wool memiliki harga yang lebih tinggi, Sob.

Ada juga bahan fleece yang akrab disebut sebagai imitasi dari wool karena permukaannya yang berbulu. For your information, fleece ini merupakan campuran poliester dengan bahan lainnya, seperti katun ataupun nilon, Sob. Bahan ini digunakan untuk sweater karena dinilai menghangatkan tubuh tanpa terasa gerah sehingga cocok untuk negara tropis seperti di Indonesia.

Selain itu, ada juga bahan katun yang umum banget digunakan untuk membuat pakaian. Produk sweater berbahan katun bisa dibilang lumayan banyak ditemukan di Indonesia karena lebih sesuai dengan iklim tropis. Rata-rata sweater berbahan cotton didesain dengan teknik knit atau rajut. Jadi, lo kemungkinan besar akan mendapatkan sweater berbahan cotton dengan pola garis-garis yang timbul, Sob. Keren banget, deh!

 

Pahami Jenis-jenis Sweater

Tips memilih sweater pria yang selanjutnya yaitu pahami dulu jenis-jenis sweater, Sob. Umumnya, sweater tersedia dalam tiga jenis, yaitu pullover, cardigan, dan vest. Untuk santai, lo bisa pilih sweater jenis pullover. Sekilas, pullover memang terlihat layaknya kaus kasual biasa. Tapi, karena pullover termasuk ke dalam kategori sweater, bahannya dibuat lebih tebal dari kaus biar hangat saat dipakai.

Selain itu, lo juga nggak perlu bingung mix and match karena atasan pullover bisa dipadukan dengan semua jenis celana. Selain bisa digunakan berolahraga, sweater jenis ini juga bisa digunakan buat ke kantor dengan paduan kemeja lho, Sob!

Ada juga sweater pria model cardigan yang lebih simpel dalam penggunaanya. Kalau memakai dan melepas pullover dapat merusak tatanan rambut, coba deh gunakan sweater model cardigan. Cardigan didesain memiliki kancing atau ritsleting sehingga lebih mudah dikenakan. Untuk cardigan berkancing, lo bisa mendapatkan dua gaya, yaitu dikancingkan ataupun nggak. Tapi, ada juga kok cardigan yang nggak berkancing sehingga hanya digunakan sebagai outer atau luaran, Sob.

Terakhir, ada sweater pria model vest yang merupakan rompi pullover tanpa bagian lengan dan hanya digunakan sebagai luaran. Sweater vest biasanya hadir tanpa kancing dan model v-neck. Kalau mau tampil dengan gaya formal yang stylish, lo bisa pilih sweater vest dengan warna lembut dan bermotif sederhana, Sob. Selain itu, vest juga cocok banget dikombinasikan dengan kemeja, sehingga memberikan kesan preppy dan smart.

 

Cek Model Kerah atau Neckline Sweater Pria

Jangan lupa juga buat selalu cek model kerah atau neckline saat memilih sweater pria. Umumnya, ada beberapa model neckline dari sweater yang bisa lo temui, yaitu crewneck, v-neck, dan turtleneck. Kalau mau yang relatif lebih praktis dan mudah dipadu-padankan, lo bisa pilih yang kerah crewneck, Sob. Lo bisa menemukan banyak crewneck sweater di Indonesia.

Ada juga sweater pria dengan kerah v-neck dengan bagian leher yang lebih rendah menyerupai huruf "V". Cekungannya beragam, ada yang sedikit lebih rendah dari leher dan ada juga yang sampai area dada.

Kalau mau sweater pria yang agak rapat dan hangat, lo bisa pilih turtleneck yang punya kerah panjang sampai menutupi leher. Turtleneck sweater lebih pas Lo kenakan saat cuaca dingin ataupun saat merasa nggak enak badan. Hangatnya turtleneck pasti bakal bikin lo merasa lebih hangat dan nyaman deh, Sob!

 

Biar bisa wangi dan asik terus-terusan saat menggunakan sweater pria, lo wajib banget gunakan GATSBY URBAN COLOGNE. Pilihan variannya juga ada banyak banget, seperti Urban Cologne Energy, Intention, Ardent, Dignity, Infinity, Confidence, dan Attractive yang bisa lo sesuaikan dengan karakter serta selera lo, Sob!