helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Memahami Perbedaan Parfum Pria Asli atau Palsu

by
GATSBYCODE
27.07.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Pelaku kejahatan memang selalu punya cara baru untuk menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang banyak, Sob. Bahkan, belakangan ini ada juga yang bisa membuat produk tiruan, khususnya parfum pria. Sobi pasti tahu dong, kalau ada banyak parfum pria palsu yang terjual di pasaran? Yup, hal ini tentu membuat Sobi semua wajib waspada. Sebagai referensi, lo bisa simak beberapa tips memahami perbedaan parfum pria asli atau palsu berikut ini, Sob!

 

Cek Kualitas Botol dan Kemasan Parfum

Tips membedakan keaslian parfum dan nggaknya lo bisa memperhatikan kualitas kemasan parfum dan kualitas botol parfum. Botol parfum yang asli biasanya permukaannya halus, tanpa gelembung kaca, penempatan tulisan yang simetris, dan nggak ada noda pada teks dan logo.

 

Pasalnya, botol parfum yang asli mempunyai kualitas yang tinggi. Maka, perbedaan yang signifikan bisa terlihat pada warna, berat, dan bahkan tutup botol parfum.

 

Jauh berbeda dengan parfum pria yang murah, kebanyakan parfum merek mewah memiliki detail pada tutup botol yang sulit ditiru oleh parfum palsu. Selain itu, bagian tutup parfum harus menempel erat pada botol dan gak akan lepas jika botol dibalikan.

 

Periksa Detail Barcode pada Parfum

Beberapa orang berpendapat bahwa keaslian parfum bisa dilihat dari barcode yang tertera pada botol parfum. Padahal, hal tersebut nggak 100 persen benar adanya. Barcode ternyata bagian yang paling mudah untuk dipalsukan.

 

Barcode pada kemasan menunjukkan di mana dan kapan parfum tersebut diproduksi. Penting untuk lo ketahui, bahwa parfum yang sama dapat diproduksi di tempat yang berbeda dan dengan demikian mungkin memiliki barcode yang berbeda.

 

Setiap negara mempunyai seri barcode sendiri. Contohnya, parfum buatan Prancis memiliki barcode yang dimulai dengan angka 30-37, parfum pria buatan Inggris dimulai dengan 50, dan parfum buatan Amerika Serikat dan Kanada mulai dari angka 00-09.

 

Penguraian Kode Parfum

Penguraian kode parfum adalah penghapusan informasi terkait informasi ke mana parfum tersebut akan dijual (nomor batch dihapus dan biasanya ada stiker dengan negara asal parfum di atasnya). Misalnya, jika parfum tertentu ditujukan untuk Indonesia, harganya akan jauh lebih rendah daripada ditujukkan untuk Eropa.

 

Jadi, jika distributor Indonesia menjualnya ke distributor Eropa, harga akhirnya akan lebih rendah daripada jika parfum dibeli langsung dari produsen Eropa. Peluang penguraian kode parfum menjadi palsu hampir nol, sebab penguraian kode parfum dari produk palsu nggak mungkin bisa dilakukan.

 

Kerapatan Plastik Parfum

Biasanya parfum-parfum pria yang dijual akan dibungkus menggunakan plastik bening. Jika parfum itu asli, maka plastik pembungkus berwarna bening menempel dengan sempurna pada kotak dan nggak ada kerutan sama sekali.

 

Kalau lo menemukan ada kerutan pada plastik pembungkus, maka lo harus waspada pada keaslian parfum. Kemudian, lo bisa cek lipatan plastik pembungkusnya karena parfum pria asli akan memiliki lipatan yang simetris dan rapi serta segel brand di atas kemasan.

 

Nah, untuk dapetin parfum GATSBY yang asli, lo bisa langsung beli di Shopee dan Tokopedia Mandom Official Store. Ada banyak banget parfum yang bisa lo pilih sesuai aktivitas dan selera, mulai dari GATSBY Eau De Toilette Cool, Ultra Prime, White Up EDT sampai Street Club yang dijamin asli ada di sana, Sob. Yuk, langsung checkout!