helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Lengkap dan Mudah Memilih Minyak Wangi untuk Pria

10.08.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Minyak wangi untuk pria sudah jadi aksesoris holy grail. Rasanya belum ganteng kalau belum pakai minyak wangi sebelum keluar rumah. Minyak wangi itu nggak hanya untuk para wanita saja, para pria juga perlu pakai minyak wangi, lho. Nah, buat lo yang masih pemula atau lagi cari-cari minyak wangi untuk pria yang bisa lo pakai sehari-hari, berikut ini ada tips dan panduan lengkap soal pemilihan minyak wangi untuk pria.

 

Kenapa perlu pakai minyak wangi

Di dunia ini hanya ada dua tipe pria. Pertama, pria yang rajin pakai minyak wangi sebelum keluar rumah. Kedua, pria yang nggak sadar kalau minyak wangi untuk pria itu penting dan punya banyak fungsi. Lo yang mana, nih? Kalau lo tipe pria kedua, masih belum terlambat untuk belajar kenapa lo wajib pakai minyak wangi untuk pria.

Semua orang pasti lebih suka dengan sosok yang wangi, kan? Ini juga termasuk dengan lo. Minyak wangi untuk pria itu nggak sekadar untuk membuat tubuh lo jadi lebih harum, lho. Minyak wangi juga bisa memberikan banyak manfaat bagi pemakainya. Apalagi kalau lo orang yang peduli dengan penampilan lo.

Bisa dibilang kalau minyak wangi untuk pria itu masuk dalam, rentetan barang-barang yang lo perlukan untuk jadi ganteng, Sob. Nah, berikut ini beberapa alasan kenapa setiap pria perlu punya minyak wangi khas mereka sendiri!

 

1. Buat penampilan jadi lebih atraktif

Lo mungkin bingung apa hubungannya minyak wangi untuk pria dengan ketampanan. Nah, jangan salah sangka, Sob. Sebuah studi di Eropa membuktikan kalau kaum wanita nggak hanya melihat wajah ganteng saja saat memilih pasangan, tetapi juga aroma tubuh yang wangi. Jadi, pertanyaannya adalah seberapa wangikah tubuh lo?

Mandi atau pakai deodoran saja belum tentu cukup. Pada dasarnya, sabun dan deodoran itu berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap, sementara minyak wangi untuk pria memberikan aroma harum yang baru dan pas dengan pribadi lo sendiri. Jadi, begitu lo menyemprotkan minyak wangi untuk pria, penampilan lo bakal upgrade secara otomatis.

Coba bayangin, deh. Setiap kali lo berjalan, aroma harum dari minyak wangi lo akan merebut perhatian orang-orang yang berpapasan sama lo. Karena itu, minyak wangi untuk pria dianggap sebagai senjata untuk membuat pria jadi lebih atraktif dan karismatik. Tetapi ingat, Sob, jangan sampai minyak wangi yang lo pakai malah bikin pusing, ya!

 

2. Jadi first impression yang melekat

Misalnya lo lagi mau meeting dengan klien, first impression dari lo adalah hal yang akan paling diingat oleh klien lo. Mungkin lo lagi mau ketemu sama orang baru, lo juga pasti mau orang tersebut punya kesan positif terhadap lo. Nah, ini dia fungsi utama dari minyak wangi untuk pria, yaitu memberikan kesan pertama yang benar-benar melekat.

Lo tahu nggak, sih? Ternyata indera penciuman itu 150 ribu kali lebih sensitif daripada indera penglihatan. Jadi, orang-orang akan lebih gampang ingat lo lewat aroma. Itu dia kenapa penting banget untuk lo punya your own signature smelli, atau aroma khas diri lo sendiri.

Minyak wangi untuk pria yang tepat dengan diri lo akan membuat siapa saja yang bertemu dengan lo langsung terpesona, Sob. Satu lagi, nih. Beberapa studi juga mengungkapkan kalau aroma tubuh yang harum bisa membantu lo membangun hubungan emosional dengan lebih mudah lagi. Siap untuk memberikan kesan pertama yang positif dengan minyak wangi untuk pria?

 

3. Bikin lo lebih percaya diri

Apa itu musuh nomor 1 dari percaya diri? Jawabannya macam-macam, tetapi salah satu yang paling umum adalah bau badan. Sekali lagi, Sob, sabun mandi dan deodoran belum tentu cukup untuk membuat tubuh lo wangi. Di sinilah peran minyak wangi untuk pria bisa menyelamatkan lo. Begitu lo menyemprotkan minyak wangi untuk pria, lo pun sudah nggak perlu khawatir lagi soal bau badan.

Orang-orang selalu bilang, “You should look like a million dollars.” Nah, berarti lo juga harus smell like a million dollars, dong? Jadi, setiap kali lo mau beraktivitas, jangan lupa untuk menyemprotkan minyak wangi untuk pria supaya lo bisa lebih percaya diri lagi. Nggak ada salahnya juga, kok, untuk membawa botol kecil minyak wangi yang disimpan di dalam tas.

 

Jenis minyak wangi untuk pria

Lo tertarik untuk beli minyak wangi untuk pria? Tunggu dulu, Sob! Ada banyak banget jenis minyak wangi untuk pria yang dijual di pasaran. Sebetulnya nggak ada yang lebih unggul, kok. Masing-masing jenis minyak wangi untuk pria ini punya kegunaan tersendiri. Jadi, penting untuk lo ketahui apa kebutuhan lo akan minyak wangi untuk pria.

Sebelum kita bahas tips memilih minyak wangi untuk pria yang paling pas dengan lo, kita belajar dulu apa saja jenis minyak wangi untuk pria. Dengan begitu, lo jadi nggak bingung lagi ketika melihat deretan minyak wangi yang ada di toko, Sob.

 

1. Eau Fraiche

Eau fraiche ini adalah jenis minyak wangi untuk pria yang paling ringan, Sob. Kalau di-translate dari Bahasa Prancis, eau fraiche ini artinya air segar. Di Indonesia, eau fraiche paling mendekati tipe minyak wangi seperti body splash, Sob. Di dalam eau fraiche, hanya terkandung 1%-3% komposisi minyak wangi yang dicampur dengan alkohol dan air.

Karena komposisinya yang lebih berair ini, eau fraiche hanya tahan selama 1 jam saja. Eau fraiche lebih cocok untuk lo yang lagi beraktivitas ringan di rumah saja atau hanya mau bepergian sebentar. Wanginya juga nggak begitu menusuk hidung, jadi semua orang dijamin suka dengan harum eau fraiche.

Nah, kalau lo tertarik untuk punya eau fraiche di koleksi minyak wangi untuk pria lo, pilih saja Gatsby Deodorant Perfume Sprayyang mengandung deodorizing agent untuk menangkal bau badan, Sob.

 

2. Cologne

Cologne atau biasa juga ditulis sebagai eau de cologne ini menjadi jenis minyak wangi untuk pria yang paling umum. Cologne adalah minyak wangi untuk pria yang aromanya memang maskulin banget. Untuk aktivitas sehari-hari, cologne sudah jadi minyak wangi untuk pria yang bisa lo andalkan.

Untuk komposisinya sendiri, cologne terdiri dari 4% minyak wangi yang dicampurkan dengan alkohol dan air. Aromanya bisa tahan 2-4 jam. Nah, Gatsby punya beberapa varian cologne yang bisa lo pilih, nih. Ada Gatsby Urban Cologne dengan wangi yang soft maskulin, Gatsby Splash Cologne dengan wangi yang segar banget, dan Gatsby Cologne Spray dengan wangi yang lebih tahan lama serta membantu melawan bakteri bau badan.

 

3. Toilette

Lo mau minyak wangi untuk pria yang aromanya bisa tetap melekat selama lo kerja? Nah, toilette atau eau de toilette jadi pilihan minyak wangi untuk lo. Toilette ini punya konsentrasi minyak wangi yang lebih tinggi, yakni 5%-15%. Jenis minyak wangi untuk pria ini bisa awet seharian, minimal 4 jam. Lumayan, kan, lo nggak perlu repot semprot ulang eau de toilette ini.

Dikarenakan konsentrasi minyak wangi yang lebih tinggi, jangan heran kalau harga eau de toilette lebih mahal daripada cologne atau fraiche. Namun lo bisa tenang karena harganya ini sebanding banget dengan kualitasnya. Apalagi kalau lo pilih Gatsby White Up yang wanginya clean dan modern, atau Gatsby Eau de Toilette Classic dengan wangi green oriental.

 

4. Perfume

Selain eau de toilette, ada lagi jenis minyak wangi untuk pria yang lebih tahan lama. Aromanya juga lebih kuat karena mengandung 15%-20% minyak wangi. Nah, kalau lo punya kulit yang sensitif alias gampang merah, jenis minyak wangi untuk pria ini lebih disarankan untuk lo. Keunikan dari perfume adalah aromanya yang lebih pekat dan mewah.

Kebanyakan pria memilih perfume untuk pemakaian di malam hari, Sob. Misalnya lo lagi mau nge-date atau reunian, perfume jadi pilihan minyak wangi untuk pria yang pas banget. Minyak wangi untuk pria berjenis perfume bisa bertahan sampai 8 jam lamanya. Makanya perfume juga dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Lo nggak perlu bingung cari minyak wangi untuk pria berjenis perfume yang wanginya oke dan harganya juga ramah di kantong. Lo bisa pilih Gatsby Ultra Prime EDP dengan wangi neo-classic yang dijamin bikin lo bisa lebih percaya diri, Sob!

 

5. Parfum

Lho, kok parfum lagi? Lo nggak salah baca, Sob. Nyatanya, perfume dan parfum itu berbeda. Ini dia jenis minyak wangi untuk pria yang termahal dan paling tahan lama. Parfum punya tekstur yang lebih berminyak karena memang mengandung 30% esens minyak wangi. Sekali semprot, wanginya akan tahan sampai 24 jam, lho!

Minyak wangi untuk pria berjenis parfum ini lebih disarankan untuk orang-orang yang lagi mau menghadiri acara penting. Misalnya saja acara pernikahan, acara kantor, pesta ulang tahun, atau acara lainnya yang berlangsung dari pagi sampai malam hari. Kalau lo mau membeli minyak wangi untuk pria berjenis parfum, sebaiknya lo pilih dengan baik supaya lo nggak menyesal dengan aromanya, ya!

 

Cara pilih minyak wangi untuk pria

Nah, sekarang lo siap beli minyak wangi untuk pria sesuai selera lo? Belum dulu, Sob. Masih ada beberapa cara yang harus lo ketahui supaya bisa menemukan minyak wangi untuk pria yang paling pas sama lo. Ingat terus kalau di sini lo perlu mencari minyak wangi untuk pria yang bisa jadi ciri khas lo.

Memangnya selain memastikan aromanya enak dicium, apalagi kriteria dalam membeli minyak wangi untuk pria? Ada beberapa hal yang harus lo perhatikan, Sob. Ini karena minyak wangi yang teman lo bilang bagus, belum tentu aromanya lo suka. Wewangian itu memang hal yang subjektif banget, jadi lo harus teliti juga sebelum membeli minyak wangi untuk pria.

Supaya lo nggak kebingungan apalagi salah beli, ini dia panduan dan cara memilih minyak wangi untuk pria yang bisa lo ikuti:

 

1. Pilih sesuai dengan outfit, mood, dan acara

Minyak wangi untuk pria itu ibarat pakaian yang ada di lemari lo, Sob. Walaupun lo sayang banget sama jaket kulit favorit lo, tetap saja lo nggak mungkin pakai jaket kulit itu untuk ke sebuah pesta, kan? Nah, lo perlu pilih minyak wangi untuk pria sesuai dengan kebutuhan lo, ya.

Misalnya lo lagi cari minyak wangi untuk menemani aktivitas kerja lo, berarti lo bisa cari yang aromanya fresh dan clean. Selain itu, sesuaikan juga pilihan minyak wangi untuk pria dengan pakaian lo. Pastinya minyak wangi yang lo semprotkan ke outfit jaket jeans dan chinos berbeda dengan minyak wangi untuk outfit formal lo.

Intinya, bayangkan saja apakah minyak wangi untuk pria yang akan lo beli ini bisa menemani beragam aktivitas lo. Disarankan juga untuk punya lebih dari satu minyak wangi, Sob. Dengan begitu, lo bisa mix & match aroma minyak wangi sesuai dengan outfit, mood, maupun acara.

 

2. Tes dengan semprotkan langsung ke tangan

Biasanya saat jalan-jalan di mall, lo ditawarkan kertas kecil yang sudah disemprotkan minyak wangi. Kalau niat lo adalah membeli minyak wangi untuk pria, maka lo nggak boleh asal pilih hanya karena suka dengan aroma yang ada di kertas tersebut. Begini, minyak wangi itu kompleks banget dan terdiri dari beberapa jenis aroma yang digabung jadi satu.

Aroma minyak wangi yang disemprotkan di atas kertas itu hanyalah top notes saja. Artinya, aromanya nggak sama dengan aroma minyak wangi saat sudah disemprotkan ke kulit lo. Karena itu, saat lo membeli minyak wangi untuk pria, tes aroma dan daya tahannya dengan menyemprotkannya langsung ke kulit lo. Yes, ke kulit bukan ke baju, ya.

Setelah lo semprotkan, jangan buru-buru dibeli. Coba jalan-jalan dulu selama beberapa menit atau jam. Kalau lo masih suka dengan aromanya, berarti lo sudah menemukan minyak wangi untuk pria yang pas buat lo.

 

3. Pilih ukuran minyak wangi yang tidak terlalu besar

Banyak banget pria yang maunya langsung beli minyak wangi dalam ukuran jumbo. Alasannya supaya minyak wangi untuk pria yang sudah dibeli bisa lebih awet dan nggak cepat habis. Padahal, ini sebuah kesalahan yang bisa membuat minyak wangi untuk pria berubah aromanya. Faktanya, minyak wangi untuk pria itu nggak disarankan untuk disimpan dalam waktu yang lama.

Aroma pada minyak wangi bisa berubah karena terpapar oleh udara. Semakin lama lo menyimpan minyak wangi, aromanya juga akan semakin berubah, Sob. Nah, jangan jadikan ini alasan untuk lo menunda membeli minyak wangi untuk pria. Bagi pemula atau yang jarang pakai minyak wangi, pilih saja minyak wangi untuk pria dalam ukuran yang kecil.

 

Simpan di dalam lemari

Di film dan acara TV, sering banget kita lihat minyak wangi untuk pria disimpan di atas meja. Sob, jangan melakukan kesalahan yang sama, ya. Kalau lo menyimpan minyak wangi untuk pria di tempat terbuka yang terkena sinar matahari ini, maka molekul dalam minyak wangi juga akan terpecah. Alhasil, selain aromanya yang bisa berubah, daya tahannya juga jadi menurun.

Suhu ruangan yang berubah-ubah serta paparan dari sinar matahari nggak aman untuk minyak wangi. Jadi, disarankan menyimpan minyak wangi untuk pria di tempat tertutup yang sejuk. Contohnya seperti di dalam lemari pakaian lo. Satu lagi, jangan juga menyimpan minyak wangi di tempat yang lembap seperti kamar mandi, ya.

 

Panduan menyemprotkan minyak wangi untuk pria

Minyak wangi untuk pria sudah di tangan, sekarang apa lagi? Waktunya untuk lo belajar bagaimana cara menyemprotkan minyak wangi yang baik dan benar. Beberapa orang beranggapan kalau minyak wangi yang mereka beli itu kurang bagus karena aromanya nggak tahan lama. Padahal, bisa saja itu disebabkan kesalahan dalam penyemprotan minyak wangi, Sob.

Lo pasti mau aroma minyak wangi untuk pria yang lo baru beli ini bisa awet di kulit. Ada triknya supaya minyak wangi bisa bertahan lama di tubuh, lho. Kalau lo mengikuti panduan di bawah ini dan nggak menyemprotkan minyak wangi secara sembarangan, dijamin lo bisa memakai minyak wangi lo secara lebih efektif.

 

1. Semprot minyak wangi sehabis mandi

Minyak wangi lebih baik disemprotkan dalam kondisi kulit kering, bukan basah. Tetapi, aromanya akan lebih tahan lama kalau lo menyemprotkan minyak wangi untuk pria langsung ke kulit sehabis lo mandi. Jadi, kulit yang sudah lo keringkan dengan handuk ini masih lembap sehabis mandi dan bisa mengikat molekul wewangian dengan lebih baik.

Misalnya lo lagi mau menyemprotkan minyak wangi untuk pria di tengah kegiatan lo, pastikan kulit dalam keadaan bersih. Lap keringat dengan tisu kering, lalu basahi sedikit dengan air atau tisu basah. Barulah lo semprotkan minyak wangi untuk pria ke kulit.

 

2. Semprot ke bagian tubuh yang hangat

Nah, orang-orang biasanya menyemprotkan minyak wangi langsung ke baju. Cara ini sebetulnya kurang efektif karena minyak wangi untuk pria yang disemprotkan di atas kain akan lebih cepat menguap. Alhasil, aromanya jadi nggak tahan lama, deh. Sebelum lo pakai baju, semprotkan dulu minyak wangi untuk pria di beberapa titik tubuh.

Titik tubuh ini punya suhu yang lebih panas karena memiliki lebih banyak pembuluh darah. Lo bisa menyemprotkan minyak wangi di bagian leher, dada, lipatan tangan, atau pergelangan tangan. Semprotkan saja di 2-3 titik tersebut, jangan berlebihan, ya. Satu lagi yang paling penting, jangan semprotkan minyak wangi ke rambut dan selangkangan, Sob! Selain berbahaya, juga bisa menyebabkan iritasi kulit.

 

3. Jangan gosok kulit

Sehabis menyemprotkan minyak wangi untuk pria di kulit, terutama di bagian pergelangan tangan, mungkin lo langsung menggosok area tersebut dengan tangan. Jangan lagi ulangi kesalahan ini, Sob! Menggosok area kulit yang sudah disemprotkan minyak wangi malah akan menghilangkan top notes dari minyak wangi itu. Aromanya pun jadi kurang enak dan nggak tahan lama lagi.

Daripada lo gosok, lebih baik lo biarkan saja sampai mengering sepenuhnya. Trik ini juga berlaku bila lo menyemprotkan minyak wangi untuk pria di titik-titik tubuh lainnya. Lalu, jangan juga menyemprotkan minyak wangi ke udara dan berjalan melewatinya (spray & walk). Cara ini sama sekali nggak efektif.

 

4. Pakai secukupnya lebih baik

Lo mungkin menganggap semakin banyak minyak wangi untuk pria yang lo semprotkan ke tubuh, semakin awet juga aromanya. Justru cara ini malah akan membuat orang-orang di sekitar lo jadi risih. Aroma minyak wangi jadi terlalu berlebihan dan terkadang bikin orang yang menciumnya jadi pusing. Ingat, minyak wangi untuk pria itu seharusnya tercium oleh orang-orang yang berada dekat dengan lo saja.

Semprotkan saja 2-3 kali minyak wangi di titik-titik tubuh yang sudah disebutkan tadi. Kalau lo menggunakan minyak wangi untuk pria dari Gatsby, aromanya pasti akan langsung melekat di kulit dan bisa menemani lo selama beraktivitas seharian penuh.

Itu dia tips lengkap memilih minyak wangi untuk pria yang wajib banget lo ketahui. Sekarang, lo sudah punya cukup banyak pengetahuan soal minyak wangi, nih. Gunakan juga beragam produk minyak wangi untuk pria dari Gatsby yang dirancang khusus untuk para pria modern yang punya gaya hidup dinamis. Salah satunya seperti Gatsby Street Club dengan 4 pilihan aroma yang berkharisma, cocok banget untuk pemakain sehari-hari!