helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Jitu Memulai Bisnis di Usia Muda

by
GATSBYCODE
17.11.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Trend bisnis bisa dibilang memang lagi populer di Indonesia nih, Sob. Bahkan, nggak sedikit pebisnis yang sudah sukses di usia muda, lho. Oleh karena itu, tips jitu memulai bisnis di usia muda ini wajib banget lo pahami biar bisa memenangi persaingan yang semakin ketat ini.

Yup, membangun bisnis dari nol memang punya tantangan tersendiri. Selain harus berani ambil risiko, lo juga harus punya wawasan yang cukup biar nggak salah dalam mengambil keputusan. Sebagai referensi, lo bisa simak beberapa tips jitu memulai bisnis di usia muda berikut ini, Sob!

 

Coba Mulai Bisnis dari Hobi

Untuk langkah awal, lo bisa coba memulai bisnis dari hobi yang biasa lo jalani, Sob. Karena, dengan begini lo bisa mengerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Kalau mengalami hambatan atau terkena kerugian, pasti lo bisa menemukan solusi terbaik.

Misalnya, kalau lo hobi mendaki gunung dan sudah sering naik-turun gunung, maka lo bisa coba bisnis open trip, Sob. Atau, kalau lo punya peralatan mendaki lengkap, lo juga bisa bukan rental peralatan mendaki. Begitu juga dengan bisnis lain, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

 

Baca Juga : Gaya Berpakaian Pria Keren dengan Casual Looks Kekinian

Fokus dengan Satu Bisnis

Setiap bisnis pasti bakal memerlukan tenaga dan pikiran ekstra. Sebab, lo wajib menentukan strategi dan langkah ampuh buat mengembangkannya. Apalagi, kalau lo punya banyak cabang dan kurang fokus buat mengelolanya, wajib banget hati-hati nih, Sob.

Sebenarnya, punya banyak cabang bisnis sah-sah aja sih. Tapi, sebaiknya lakukan ini ketika bisnis lo sudah berdiri “kokoh” dan bisa mengatasi segala hambatan yang ada. Kalau belum, maka lebih baik fokus dulu sama satu cabang bisnis biar bisa menghasilkan keuntungan yang besar, Sob.

 

Perluas Relasi Bisnis

Tips sukses buat mulai langkah awal bisnis di usia muda selanjutnya yaitu perluaslah jaringan bisnis yang tersedia, Sob. Salah satu caranya, lo bisa ikuti komunitas bisnis. Lo bisa pilih komunitas yang sesuai dengan usia maupun bidang bisnis yang sedang digeluti.

Manfaatkan kesempatan di dalam komunitas untuk bisa bergabung dan memperluas jaringan bisnis Lo. Bisa saja, dengan bergabungnya lo dengan komunitas tersebut bisa memberikan manfaat yang sangat besar buat kemajuan bisnis lo, Sob!

 

Promosikan Bisnis di Berbagai Macam Media

Biar bisnis lo jadi berkembang dan dikenal banyak orang, tentu lo juga harus mempromosikannya di berbagai macam media, Sob. Sekarang, aktivitas ini bisa dibilang jauh lebih mudah, karena sudah banyak media-media pendukung baik secara online maupun offline.

Buat mulai promosi secara offline, lo bisa mulai dengan membuat kartu nama, lalu bagikan kepada orang yang baru ditemui atau sudah kenal. Selain itu, bisa juga dengan spanduk atau banner yang dipasang di dekat tempat lokasi bisnis lo, Sob.

Bisa juga dengan menggunakan flyer atau brosur, lalu disebarkan ke tempat-tempat strategis dekat komplek atau ke wilayah lain. Mengikuti bazar atau menjadi sponsor dalam sebuah acara juga bisa lo coba biar usaha lo semakin dikenal, Sob.

Media online juga bisa banget buat promosi bisnis. Harganya pun cukup terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tapi, biar lebih efektif dalam penyebaran promosi lewat media sosial, lo harus menggunakan tagar, caption yang menarik, dan jam-jam tertentu biar yang melihat iklan lo semakin banyak, Sob!

Well, itulah beberapa tips jitu memulai bisnis di usia muda. Biar lebih pede saat bertemu orang banyak, lo bisa banget andalkan GATSBY URBAN COLOGNE yang bisa bikin tubuh lo tetap wangi di tengah padatnya aktivitas. Ada varian Urban Cologne Energy, Intention, Ardent, Dignity, Infinity, Confidence, dan Attractive yang bisa lo sesuaikan dengan karakter serta selera lo, Sob!