helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Ampuh Menghilangkan Ketiak Bau Bawang Biar Lebih Percaya Diri

by
GATSBYCODE
01.09.2022
LIFE GUIDE

ARTICLE

Bau ketiak terkadang membuat risih dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Baunya yang menyengat meski sudah menggunakan deodoran juga akan mengganggu lingkungan sekitar dan menurunkan rasa percaya diri. Lantas, adakah cara untuk menghilangkan bau ketiak? Simak cara menghilangkan bau ketiak berikut ini.

 

Gunakan antiperspiran atau deodoran

Cara menghilangkan bau ketiak paling efektif adalah menggunakan antiperspiran atau deodoran setelah mandi. Antiperspiran bekerja dengan cara mencegah kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat. Sehingga, area ketiak nggak akan basah. Semakin sedikit keringat yang keluar, semakin sedikit pula bau nggak sedap yang dihasilkan.

 

Sedangkan cara kerja deodoran berbeda. Deodoran tetap membiarkan keringat keluar, tetapi mencegah keringat untuk mengeluarkan bau menyengat. Deodoran membuat kulit ketiak lebih asam, sehingga mencegah reaksi antara keringat dan bakteri, Sob.

 

Gunakan pakaian longgar dan bersih

Pilihan bahan pakaian sangat berpengaruh terhadap produksi keringat terutama di daerah ketiak. Pakaian dengan bahan menyerap kelembapan seperti katun dan linen mampu mengurangi bau keringat. Pakaian jenis ini juga membuat tubuh tetap dingin. Selain itu, cobalah mengenakan pakaian yang longgar agar tubuh nggak gerah dan bisa "bernapas". Penting juga untuk menjaga kebersihan pakaian yang digunakan dengan cara mengganti baju setiap hari serta mencucinya hingga benar-benar bersih dan kering.

 

Cukur rambut ketiak

Penelitian dalam Journal of Cosmetic Dermatology (2016) menemukan bahwa mencukur atau mencabut rambut ketiak secara signifikan membantu mengurangi bau nggak sedap. Hal ini karena rambut-rambut berlebihan di ketiak bisa menjadi sarang bakteri berkembang biak. Terutama, saat ketiak dalam keadaan basah karena keringat.

 

Kurangi makanan berbau tajam

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan membatasi makanan dan minuman tertentu. Beberapa makanan berbau tajam seperti bawang putih dan bawang bombai bisa meningkatkan bau nggak sedap dari keringat. Selain itu, batasi juga mengonsumsi makanan pedas dan panas karena hanya akan menambah jumlah produksi keringat. Minuman alkohol dan kafein juga memicu keluarnya keringat berlebih. Oleh karenanya, sebaiknya hindari pula minuman dengan kedua kandungan tersebut.

 

Hindari stres

Cara menghilangkan bau ketiak yang satu ini mungkin nggak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun menurut Healthline, reaksi stres atau cemas ternyata bisa memacu kelenjar apokrin untuk menghasilkan keringat yang mengandung air, garam, dan lemak. Keringat sebagai respons fisiologis ini pun menimbulkan bau tak sedap saat bercampur dengan bakteri. Untuk itu, jika bau ketiak muncul karena stres atau cemas, cobalah mengelola stres agar keringat yang muncul bisa diminimalkan.

 

Mandi dengan sabun setiap hari

Mandi secara teratur terutama setelah beraktivitas berat seperti olahraga, bisa menghilangkan bakteri dan keringat penyebab bau. Rutinlah untuk mandi dengan sabun minimal satu kali dalam sehari untuk mengontrol bau ketiak dan mencegahnya mengeluarkan bau nggak sedap.

 

Nah, biar kesehatan dan kesegaran kulit tetap terjaga, sebaiknya selalu gunakan GATSBY REFRESHING BODY WASH, seri sabun mandi pria dengan cooling agent yang bisa memberikan rasa segar dan tentunya membersihkan tubuh secara menyeluruh, Sob. Ada empat varian yang bisa bebas dipilih, yaitu Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All In One. Keempat varian tersebut tentu bisa bebas lo pilih sesuai dengan karakter dan kebutuhan tubuh!