helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Aman Menjalani Olahraga Lari Ketika Hujan Mengguyur

12.10.2021
LIFE GUIDE

ARTICLE

Cuaca belakangan ini memang sulit banget buat ditebak, Sob. Jadi, jangan heran kalau lagi asyik menjalani olahraga lari tiba-tiba hujan turun dengan deras. Maka dari itu, lo wajib banget paham sejumlah tips menjalani olahraga lari ketika hujan mengguyur.

Salah satu jenis kardio yang satu ini memang seringkali dijalani para pencinta olahraga buat menjaga kebugaran dan daya tahan fisik. Selain menyenangkan, olahraga lari juga sangat praktis banget buat dilakukan dan juga punya sejumlah manfaat lain meski dilakukan di tengah guyuran lho, Sob.

Dilansir laman buka review dari International Journal of Sports Medicine, berlari di tengah guyuran hujan ternyata bisa membuat tubuh lebih bugar dan membuat kalori terbakar lebih banyak.

Akan tetapi, menjalani olahraga lari ketika hujan tentu saja memiliki sejumlah risiko kalau nggak hati-hati dan dilakukan secara sembarangan. Buat meminimalisir hal tersebut, sebaiknya terapkan beberapa tips aman menjalani olahraga lari ketika hujan mengguyur berikut ini ya, Sob!

 

Cermati Tingkat Curah Hujan

Kalau lo memang berniat untuk melakukan olahraga lari ketika hujan, maka hal pertama yang harus lo cermati yaitu tingkat curah hujan, Sob. Pastikan tingkat curah hujan masih dalam batas normal, misalnya masih dalam guyuran intensitas kecil atau gerimis.

Akan tetapi, kalau curah hujannya sudah sangat deras, bahkan seperti badai, sebaiknya tunggulah sebentar sampai hujan mulai mereda. Pasalnya, hujan yang terlalu deras pasti bakal mengandung banyak risiko, mulai dari risiko jarak pandang yang terbatas sampai sambaran petir yang bisa saja menyambar sewaktu-waktu, Sob!

 

Sebaiknya Pakai Perlengkapan Lari Anti Hujan

Menggunakan perlengkapan olahraga anti air tentu saja jadi pilihan tepat saat lo ingin menjalani olahraga lari saat hujan, Sob. Tujuannya, agar tubuh tetap kering dan suhu tubuh lo tetap terjaga dengan optimal.

Jaket parasut yang tahan air dan tahan angin pasti bakal membuat tubuh lo tetap hangat saat berolahraga dengan kondisi hujan dan dingin. Selain itu, sebaiknya usahakanlah untuk menggunakan sepatu yang tahan air dan kaus kaki dengan serat (jahitan) yang rapat. Ini sangat penting karena kaki yang basah cenderung lebih mudah lecet dan cedera, Sob.

 

Gunakan Baju Atau Pakaian Olahraga dengan Warna Cerah

Saat hujan kondisi cuaca kemungkinan besar pasti bakal menjadi sedikit lebih gelap. Oleh karena itu, gunakanlah baju atau pakaian lari yang berwarna cerah, agar membuat orang disekitar lo menyadari kalau lo sedang berolahraga, Sob.

Hal ini tentu saja bakal menghindarkan lo dari kecelakaan saat kendaraan yang melintas. Kalau perlu, gunakanlah senter kepala atau headlamp agar keberadaan lo lebih terlihat dan diri lo sendiri juga bisa memiliki pandangan yang jelas, Sob.

 

Usahakan Hindari Jalan Raya

Kondisi hujan pasti juga bakal membuat jarak pandang menjadi terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah aktivitas olahraga lari di sekitar perumahan, atau jogging track yang sudah tersedia di sekitar taman dekat rumah. Yang paling penting hindarilah jalan raya, karena bakal lebih berisiko, Sob.

Bisa Mandi dengan Air Hangat Setelahnya

Biar keadaan tubuh tetap prima pasca olahraga lari ketika hujan, sebaiknya mandilah dengan menggunakan air hangat, Sob. Melalui air hangat, sirkulasi dan aliran darah akan menjadi lancar. Sendi, tendon, jaringan, dan otot tubuh lo juga akan lebih rileks usai dibilas dengan air hangat.

 

Kalau masih mau beraktivitas setelahnya, GATSBY TEXTURIZING CLAY bisa banget lo andalkan buat menjaga kondisi rambut, Sob. Caranya juga lumayan praktis, lo cuma harus keringkan dulu bagian tubuh dan rambut dengan handuk kecil, lalu sisir rambut dengan rapi. Selanjutnya, ambil sedikit GATSBY TEXTURIZING CLAY dan mulai atur model rambut sesuai keinginan.

Ada dua varian yang bisa disesuaikan dengan selera dan karakter rambut lo, yaitu Texturizing Clay Bold Layer dengan hasil akhir tampilan kilau natural dan bertekstur kuat, cocok untuk gaya rambut Casual-Messy. Serta, Texturizing Clay Mat Lift dengan hasil akhir tampilan matte dan bertekstur natural, cocok untuk gaya rambut bervolume, Sob!