helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Tips Aman Bersepeda Gunung buat Sobi yang Baru Mau Coba!

09.05.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

Turunan curam, belokan tajam dan trek yang menantang tentu menjadi hal yang biasa dalam jenis olahraga sepeda yang satu ini. Oleh karena itu, nggak sembarangan orang bisa memainkan sepeda gunung, Sob. Tapi, kalau lo mau coba atau masih terbilang baru, berarti lo wajib terapkan beberapa tips aman bersepeda gunung buat pemula berikut ini!

 

Jangan Lupa Pakai Helm Sepeda

Tips main sepeda gunung buat pemula yang pertama ini penting banget, Sob. Karena, helm sepeda ini bakal melindungi kepala dari benturan saat jatuh. Apalagi, kondisi jalanan atau trek sepeda gunung sangatlah nggak pasti, kadang ada gundukan tanah, bebatuan, dan kerikil.

Jadi, lo wajib menggunakan pelindung kepala biar nggak terluka parah kalau sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Pilihlah helm sepeda gunung yang nyaman dipakai, pastikan ukurannya nggak terlalu besar dan juga nggak terlalu kecil.

Selain itu, pilihlah helm yang nggak menutupi pandangan serta nggak terlalu menarik bagian telinga terlalu keras. Pasalnya, hal ini bisa mengganggu penglihatan dan juga pendengaran lo saat bermain sepeda gunung, Sob.

 

Peralatan Tambahan Juga Nggak Kalah Penting

Kalau lo masih terbilang pemula, maka peralatan keselamatan tambahan juga nggak kalah penting, Sob. Jadi, pas lagi beli perlengkapan buat main sepeda gunung, jangan lewatkan daftar barang pengaman tambahan lainnya seperti sarung tangan, pelindung tulang kering, sampai pelindung lengan.

Jangan lupa juga buat bawa botol air minum kalau mau main sepeda gunung, Sob. Pasalnya, kalau baru mencoba sepedaan di gunung pasti bakal merasa cepat haus dan lelah. Jadi botol minum ini harus selalu ada di sepeda lo, Sob!

 

Tetap Fokus Pada Trek

Setiap bermain sepeda, konsentrasi memang sangat dibutuhkan nih, Sob. Apalagi buat bermain sepeda gunung di trek yang menantang. Sebab kalau nggak fokus, lo bakal kesulitan dan nggak siap dengan segala kondisi yang ada di hadapan.

Selain itu, lo juga harus membiasakan diri buat selalu berpikir ke depan untuk mengatasi berbagai rintangan. Jangan selalu tertuju pada kesulitan trek yang sedang dijalani, tapi juga kondisi trek yang ada di depan. Dengan begini, lo jadi bisa tetap waspada dan nggak gampang panik, Sob!

 

Pilih Gear yang Sesuai buat Setiap Medan

Tips main sepeda gunung buat pemula yang terakhir yaitu pilihlah gear yang sesuai buat setiap medan. Biasanya, pemula masih suka bingung buat memindahkan gear nih Sob, entah menurunkan atau menaikkannya.

Meskipun begitu, gear sepeda tetaplah harus harus dimaksimalkan fungsinya, apalagi buat main sepeda gunung di trek yang menantang. Kalau pas lagi di trek yang berair, berlumpur atau berpasir maka turunkanlah gear sepeda gunung lo, Sob.

Sedangkan, kalau mau mempercepat kayuhan di jalan datar atau sedikit menurun, lo bisa naikin gear ke yang lebih berat. Teknik pemindahan gear ini bisa dipelajari perlahan sambil berlatih, atau bisa juga menanyakannya pada orang-orang yang lebih berpengalaman.

 

Setelah main sepeda gunung, lo tentu wajib banget bersihkan tubuh dengan sabun khusus pria biar bersih secara menyeluruh nih, Sob. Untuk itu, lo bisa pakai GATSBY REFRESHING BODY WASH, seri sabun mandi pria dengan cooling agent ini bisa memberikan rasa segar dan punya empat varian yang bisa bebas lo sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter tubuh.

Ada Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All In One. Semua varian tersebut pastinya bisa membersihkan tubuh secara menyeluruh sehingga menyegarkan setelah main sepeda gunung, Sob!