SWIPE

SCROLL

Wajib Tahu, Ini 5 Tips Agar Rambut Tidak Lepek saat Berolahraga

04.09.2019
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Photo credit: Pexels

Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat dengan cepat bikin rambut lo lepek. Rambut lepek bisa disebabkan oleh banyak hal dan faktor, apalagi buat lo yang punya rambut berminyak, pasti ribet banget saat melakukan olahraga. Sebenarnya banyak cara supaya kegiatan olahraga lo nggak terganggu sama rambut lepek. Berikut ini adalah cara agar rambut tidak lepek saat berolahraga yang wajib kamu tahu.

 

Jangan ikat rambut saat masih basah

Buat lo yang punya rambut gondrong, mengikat rambut ketika berolahraga memang merupakan salah satu cara agar rambut tidak lepek, tapi kalau dilakukan ketika masih basah justru bisa bikin rambut jadi cepat rusak. Rambut yang basah setelah dikeramas membutuhkan udara segar, istilahnya ‘kasih napas dulu’. Kalau rambut terikat saat masih basah, minyak yang masih menempel setelah keramas atau sisa-sisa zat kimiawi pada sampo bakal bergumpal pada kulit kepala. Ketika olahraga dan keringat mengucur, itu akan rambut lo jadi lepek dan nggak banget.

 

Hindari penggunaan topi terlalu lama

Berolahraga menggunakan topi memang nggak ada salahnya. Banyak juga, kok, atlet atau olahraga yang menjadikan topi sebagai identitas (seragam). Topi juga bisa jadi alternatif pengganti ikat rambut sekaligus menjadi pelindung ketika cuaca saat lo olahraga pas lagi panas-panasnya. Tapi, menggunakan topi bikin kulit kepala lo memproduksi keringat berlebih dan bisa bikin rambut jadi lepek. Nah, cara agar rambut tidak lepek adalah dengan sesekali melepas topi yang lo pakai.

 

Stop menyentuh rambut terlalu sering

Saat olahraga, wajar banget kalau lo menyentuh atau menyibak rambut agar nggak menghalangi pandangan. Namun, lo dianjurkan untuk nggak terlalu sering melakukannya. Pasalnya, Sob, sentuhan tangan bisa memicu produksi minyak pada kulit kepala. Hal ini bisa membuat bakteri dan kuman lebih mudah menyelinap ke rambut lo. Oleh sebab itu, kurangi menyentuh rambut saat olahraga ya. Lo bisa pakai headband untuk menghindari helai-helai rambut jatuh ke dahi dan menutupi pandangan.

 

Pakai dry shampoo sebelum berolahraga

Dry shampoo atau sampo kering adalah produk alternatif yang sering dipakai orang sebagai pengganti sampo biasa. Biasanya, sampo kering dimanfaatkan untuk membersihkan rambut selama bepergian karena tidak sempat mencuci rambut. Sama seperti sampo biasa, sampo kering juga punya spesifikasi seperti khusus untuk rambut kering, berminyak, dan sebagainya. Apapun itu, jangan pernah gunakan dry shampoo ketika berolahraga. Sebaliknya, lo justru disarankan untuk mengaplikasikan dry shampoo sebelum berolahraga..

Hal tersebut dikarenakan suhu kulit kepala setelah berolahraga umumnya tinggi, sehingga apabila terkena zat atau kandungan kimiawi dari dry shampoo justru bisa merusak. Oleh karena itu, cara agar rambut tidak lepek saat berolahraga adalah dengan menggunakan dry shampoo sebelum mulai beraktivitas.

 

Gunakan headband

Selain topi, headband juga bisa jadi aksesoris ketika berolahraga. Berbeda fungsi dengan topi, headband lebih berperan sebagai penyerap keringat. Sebagian orang menggunakannya agar rambut tak mudah ke mana-mana. Beberapa orang memakainya untuk sekadar menunjang gaya penampilan saja. Padahal mengenakan headband di kepala bisa mencegah rambut lebih cepat lepek, lho. Soalnya, keringat yang mengucur dari kulit kepala sedikit banyak bisa diserap oleh headband. Oleh karena itu, pilihlah headband dengan bahan yang baik dan dapat menyerap keringat.

 

Sob, itu tadi beberapa cara terbaik yang bisa lo lakukan biar rambut nggak lepek saat berolahraga. Semoga bisa bantu lo tetap tampil oke selama berolahraga, ya!