helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Teknik Melukis Praktis untuk Self Healing

20.01.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

“Melukis adalah sebuah kejujuran seni. Tidak ada kemungkinan untuk menjiplak”, begitulah pandangan Salvador Dali, pelukis kenamaan dari Spanyol yang telah menghasilkan banyak karya seni yang populer. 

Kebanyakan seniman setuju bahwa tidak ada patokan dalam teknik melukis. Teknik mana yang paling baik, atau mana yang paling buruk. Tentu tidak bisa diputuskan. Maka itu, lo nggak perlu takut untuk mulai melukis. Nah, berikut ini kita sajikan teknik-teknik melukis yang sederhana dan bisa lo tiru, Sob!

 

Teknik Dry Brush

Teknik dry brush ini merupakan teknik yang menurut orang paling sederhana dan mudah dilakukan. Lo hanya perlu oleskan cat ke kanvas dengan kuas kering. Teknik ini sangat bagus jika lo menginginkan guratan warna dengan tepi yang kasar.

Pernah praktek melukis saat Sekolah Dasar? Lo hanya butuh 3 alat yakni; kanvas, kuas dan cat (ditambah air). Dengan alat-alat sederhana itu lo sudah bisa melukis secara sederhana, Sob! Nggak perlu mahal dan nggak perlu repot, lo bisa healing di rumah dan lukis apa pun sesuka hati!

 

Teknik Pouring (Menumpahkan)

Teknik ini mudah dilakukan dan memungkinkan lo membuat karya seni abstrak yang menakjubkan! Caranya sederhana, pilih warna yang ingin lo gunakan dan campurkan satu per satu ke media tuang seperti palet. Setelah langkah ini, lo bebas memilih:

Tumpahkan warna itu satu per satu ke atas kanvas, atau tuang semua warna ke dalam satu wadah sebelum akhirnya lo tumpahkan sekaligus ke atas kanvas.

Setelah lo tumpahkan, biarkan cat itu menyatu dan membentu harmonisasi warna dengan sendirinya. Voila! Lo sudah memiliki satu karya seni lukis untuk self healing sederhana di rumah!

 

Teknik Splattering (Dipercikkan)

Teknik ini dibuat berdasarkan permainan warna, ekspresi dan menggambarkan sifat kehidupan yang kacau. Teknik ini dilakukan dengan membasahi kuas lo dalam air, sebelum mencelupkannya ke dalam pigmen warna akrilik pilihan. Setelah kuas basah lo dilumuri warna-warna, percikkan saja kuas lo ke atas kanvas sesuka hati! Lihat apa hasilnya, sebuah percikkan-percikkan warna yang indah dengan pola yang random.

Jackson Pollock adalah seniman legendaris terkemuka dan dia dikenal sering menggunakan teknik memerciki ini untuk mencapai lukisan indah yang melegenda!

 

Teknik Bare-Hand

Sesuai namanya, teknik ini bahkan tidak membutuhkan kuas untuk melukis. Lo hanya butuh kanvas, cat, dan tangan lo sendiri sebagai alat melukisnya. Cukup tempelkan tangan lo ke dalam cat, lalu tempelkan tangan lo ke atas kanvas supaya bisa membentuk tangan, atau mungkin bisa lo gambar sesuka hati.

Teknik ini dianggap menyenangkan dan bebas, sangat cocok jika lo butuh healing di rumah dengan mencorat-coret kanvas menggunakan tangan kosong. Lo akan merasa “terlanjur kotor” karena tangan berlumuran cat. Namun pada akhirnya lo akan merasakan sensasi keseruan dan malah melanjutkan lukis kanvas dengan tangan karena merasa “ya sudah, terlanjur kotor”.

Sama dengan teknik melukis bare-hand di mana lo bebas berekspresi menggunakan tangan kosong, GATSBY STYLING POMADE juga siap menemani lo berekspresi dengan tangan kosong untuk menata rambut sesuka hati, sesuai gaya lo! 

 

GATSBY STYLING POMADE yang memiliki 7 varian ini memiliki sensasi menyenangkan ketika dijamah oleh tangan, diusapkan ke rambut, dan dibentuk sesuai keinginan. Rasakan jiwa seni lo membuncah ketika melukis, juga ketika menata rambut sendiri.

Jadi, sudah siap melukis kanvas dan “melukis” bentuk rambut lo?