SWIPE

SCROLL

Teknik Dasar Bermain Inline skate, Nggak Susah Kok!

04.12.2019
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo credit: Unsplash

Inline skate adalah salah satu olahraga yang bisa dicoba untuk semua kalangan usia karena cukup mudah dipelajari. Mau sekadar bermain atau serius, inline skate bisa jadi pilihan olahraga buat kamu agar tetap aktif bergerak.

Buat kamu yang ingin mencoba olahraga dengan sepatu beroda ini, ada teknik dasar yang harus kamu pelajari terlebih dulu. Selain untuk memperlancar gerakan, mengetahui teknik dasar juga penting supaya kamu tetap aman. Berikut teknik-teknik dasar yang harus kamu kuasai dulu sebelum melirik teknik-teknik menarik lainnya.

Standing and balancing

Jika kamu nggak bisa menjaga postur tubuh yang tepat saat memakai sepatu inline skate, kamu juga nggak akan bisa menguasai teknik-teknik lainnya. Yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan postur yang tepat adalah dengan sedikit menekuk lutut sehingga kedua kakimu nggak terlalu lurus dan kaku. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengontrol bebas tubuh lebih baik. Jangan lupa juga jaga kakimu agar tetap berdiri tegak, bukan justru miring ke luar maupun ke dalam.

Setelah mempunyai postur yang tepat, sekarang giliranmu buat latihan berjalan. Ambil langkah kecil pelan-pelan dan kamu akan perlahan bisa berdiri dan berjalan dengan seimbang. Setelah berhasil, saatnya kamu belajar teknik dasar selanjutnya!

Gliding

Setelah langkah pelan-pelan yang kamu pelajari sebelumnya sudah semakin seimbang dan lancar, saatnya mencoba mempercepat langkah-langkah tersebut. Ambil langkah ke depan dengan kaki kanan misalnya, kemudian dorong menggunakan kaki kiri dan teruskan meluncur dengan kaki kanan. Ulangi lagi dengan kaki kiri melangkah ke depan dan pusatkan berat tubuhmu di kaki kiri ini, kemudian lanjutkan mendorong menggunakan kaki kanan dan meluncurlah dengan kaki kiri.

Terus lakukan langkah ini secara berulang-ulang bergantian kaki kiri dan kanan sampai kamu sudah terbiasa dengan kecepatannya. Setelah sukses gliding, selanjutnya kamu wajib belajar tata cara berhenti atau mengerem.

Rem

Ketakutan semua inline skater pemula adalah jatuh ke depan sehingga wajah membentur aspal karena lepas kontrol kecepatan saat gliding. Oleh sebab itu, banyak yang mengakalinya dengan menabrakkan diri ke dinding. Namun, trik ini juga nggak selalu bisa kamu lakukan. Pada akhirnya, kamu juga harus belajar caranya mengerem.

Untuk mengerem dengan aman, kamu harus menggesekkan brake pad yang ada di tumit sepatu dengan tanah. Saat hal ini berlangsung, letakkan kaki lainnya di depan jemari kaki yang mengerem dengan brake pad ini sehingga membentuk huruf T. Ini akan memperlambat jalannya roda pada sepatu.

Setelah menguasai teknik mengerem ini, kamu baru boleh meningkatkan kecepatan saat gliding. Namun, perlu diingat bahwa mengerem saat gliding lagi cepat-cepatnya akan menggunakan energi ekstra otot kakimu, terutama kaki bagian bawah. Jadi, hati-hati, ya!

Jatuh dengan benar

Jatuh pun juga kamu harus tahu tekniknya! Saat belajar inline skate, pasti kamu juga nanti akan jatuh. Untuk menekan risiko cedera, kamu wajib belajar tekniknya. Sebelum itu, pastikan kamu memakai protective gear saat mulai belajar inline skate. Jangan sampai belajar cara jatuh yang aman tapi protective gear-nya nggak dipakai.

Saat akan jatuh, coba tekuk lututmu dan rentangkan tangan di depan. Dengan posisi ini, yang akan menahan tubuhmu saat jatuh nantinya adalah bagian-bagian tubuh yang memang sudah terlindungi, yakni telapak tangan, lutut, dan siku.

 

Setidaknya ada 4 (empat) teknik dasar yang wajib kamu ketahui sebelum memulai bermain inline skate. Tenang saja, olahraga ini nggak sulit, kok! Jadi apakah kamu sudah siap jatuh bangun belajar inline skate?