S W I P E

S C R O L L

Susah Dapat Ide Kreatif? Asah Kreativitas Lo dengan 4 Cara Ini

27.12.2019
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo Credit: Unsplash

 

Membuat sebuah ide baru nan kreatif memang bukan hal yang gampang. Lo harus menggali terus ide-ide yang unik dan belum pernah terlintas di pikiran siapa pun. Oleh sebab itu, banyak orang yang terus overthinking hingga mereka frustrasi atau bahkan stres. Selain itu, lo juga harus pintar dalam membangun brainstroming hingga muncul ide-ide baru. Namun, lo nggak perlu khawatir, Sob! Lo bisa melakukan beberapa cara berikut ini biar dapat ide yang kreatif. Simak di bawah ini, ya!

Pikirkan Ide Buruk Terlebih Dahulu

Memang terdengar agak nggak realistis, sih. Namun, lo harus tahu kalau sebuah gagasan atau ide yang menarik itu bisa muncul dari mana saja, termasuk ide buruk. Hal tersebut disebabkan oleh adanya suasana yang lebih cair dan menyenangkan saat lo memikirkan ide-ide buruk terlebih dahulu sebelum menemukan ide-ide baik.

Bahkan ada beberapa orang yang menghasilkan ide-ide buruk sebanyak-banyaknya hingga pada akhirnya mereka dapat menghasilkan satu ide yang bagus. Kalau lo sudah berhasil menempuh langkah satu ini, maka langkah berikutnya adalah mengumpulkan beragam ide buruk tadi untuk lo sempurnakan.

Istirahat Sebentar

Kadang lo pasti merasa bosan dan jenuh akan kebiasaan sehari-hari sehingga mengganggu produktivitas. Untuk itu, lo perlu istirahat sebentar biar fisik dan mental lo juga tetap dalam keadaan yang prima.

Lo bisa istirahat sebentar dengan cara tidur atau pergi ke tempat-tempat yang damai untuk mendapatkan udara yang segar serta pemandangan yang berbeda dari hari-hari biasanya. Setelah selesai beristirahat, buatlah paling nggak satu hingga dua kalimat tentang gagasan atau ide kreatif saat lo istirahat tadi di catatan. Dengan begini, lo bakal tetap ingat dan bisa mengembangkannya lebih lanjut lagi.

 

Buatlah Catatan atau Coretan

Sekarang, ambil pena dan mulai gambar atau tulis ide-ide yang tadi telah lo pikirkan. Pikirkan hal-hal apa saja yang ada hubungannya dengan ide yang lo tulis tadi dan gambarlah hal-hal tersebut di atas kertas, bahkan hal abstrak sekalipun.

Lalu, buka kembali catatan atau coretan yang lo buat tadi dan buka kembali saat pikiran dan hati lo sedang dalam keadaan yang tenang. Lakukan lagi kegiatan tadi berulang kali jika lo memang berada dalam keadaan yang kurang baik waktu menggali ide-ide baru.

Ubah Keadaan Tempat Kerja

Mengubah lingkungan kerja nggak berarti lo harus merombak ulang tempat kerja. Lo cuma butuh buat pindah ke tempat kerja baru yang berbeda daripada biasanya. Bekerja pada tempat yang berbeda mampu memberikan sensasi yang ampuh untuk memengaruhi cara kerja otak lo. Alhasil, lo bakal dapat banyak ide yang cemerlang dan kreatif.

Untuk hal itu, lo bisa mencobanya dengan bekerja di tempat yang terbuka bila sebelumnya lo kerja di tempat yang tertutup. Selain itu, lo juga bisa menata ulang beberapa dekorasi atau tatanan kursi dan meja di ruang kerja, dengan harapan lo bisa dapat ide-ide baru lagi dan mengubah suasana hati jadi lebih bersemangat.

 

Itulah beberapa cara agar lo bisa mendapatkan ide yang kreatif saat dalam melakukan perencanaan. Hal-hal di atas nggak sepenuhnya cocok untuk semua orang. Namun, pada umumnya, banyak yang cocok melakukan cara-cara di atas, Sob!

Memang mencari ide yang kreatif itu susah hingga membuat lo mengacak-acak rambut lo sampai berantakan. Eits, bikin ide kreatif boleh-boleh saja, tapi jangan sampai ganggu penampilan lo. Lo bisa pakai Gatsby Styling Pomade biar rambut lo nggak berantakan lagi setelah pusing tujuh keliling cari ide sana sini. Selamat berkreasi!