helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Suka Kebudayaan Lokal? 4 Festival Ini Wajib Lo Kunjungi!

by
GATSBYCODE
24.05.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

Bosan sama festival-festival yang penuh dengan hingar bingar dan ingin coba datang festival budaya lokal? Tulisan ini cocok buat lo! Banyak banget festival kebudayaan yang diusung sama teman-teman pegiat kebudayaan di berbagai kota di Indonesia, dan mungkin kitanya aja yang kurang update sama informasinya. Padahal kalau diliat-liat, festival di kota-kota di Indonesia itu menarik banget untuk dipelajari karena sangat sarat akan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dari tempat tersebut. Sudah pernah dengar tapi belum yakin untuk datang ke festival lokal? Setelah baca artikel ini, dijamin lo akan tertarik dan langsung pengen datang ke festivalnya.

 

Dieng Culture Festival – Dieng

Siapa yang gak familiar sama festival ini? Dari tahun ke tahun, Dieng Culture Festival bisa menyedot banyak sekali wisatawan datang ke Dataran Tinggi Dieng. Gak heran, karena banyak sekali kegiatan yang diadakan dalam satu gelaran ini, diantaranya adalah pagelaran Jazz Atas Awan, Aksi Dieng Bersih, sarasehan budaya, pagelaran kesenian tradisional Dataran Tinggi Dieng, penerbangan lampion, dan yang paling ikonik adalah ritual adat pencukuran rambut gembel. Selama pandemi, festival ini berjalan secara daring, dan belum ada informasi lanjutan kapan acara ini akan terselenggara kembali.

 

Jember Fashion Carnaval – Jember

Lokasinya boleh di Jember, tapi acara ini sudah terkenal hingga mendunia Sob! Layaknya peragaan busana di fashion show lainnya, ribuan peserta mengenakan kostum-kostum keren dan memadati jalanan kota Jember yang disulap menjadi catwalk untuk para model yang mengenakan baju karya desainer lokal. Lo tau gak sih Sob, kalau karnaval busana Jember ini adalah karnaval terbesar ketiga di dunia setelah meraih kemenangan di International Carnival de Victoria, Seychelles Afrika. Wah, bangga banget! Kalau lo mau nonton, persiapkan dari sekarang ya. Karena karnaval ini akan hadir tanggal 6-7 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga : Cara Dasar Bermain Bola Voli Biar Lo Bisa Jadi Pemenang

 

Festival Danau Toba – Medan

Dimulai sejak tahun 1980, festival ini semula dikenal dengan nama Pesta Danau Toba dan dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Danau Toba yang banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Batak. Setidaknya ada 5 items menarik di festival ini, yaitu Solu Bolon atau lomba dayung perahu, musik Batak Toba, Sigale-Gale khas Danau Toba, tari Tor-tor Sawan, dan juga kain ulos. Meski sudah lama berlangsung, namun festival ini dirasa belum terdengar gaungnya sebagai festival nasional yang menarik untuk dikunjungi. Semoga kedepannya bisa dikemas dengan lebih baik ya!

 

Festival Lembah Baliem – Wamena

Kapan lagi liat festival tapi perang-perangan? Cuma di Festival Lembah Baliem, Sob! Festival tertua di Papua ini gak hanya menampilkan perang-perangan khas Suku Asmat di sana, tapi juga kebudayaan tradisional lainnya. Seperti di tahun 2019, ada pemecahan rekor noken atau tas khas Papua terpanjang, yakni 30 meter. Lalu pengunjung juga diajak untuk melihat tradisi memasak makanan tradisional Papua menggunakan uap bakar batu. Kalau lo gak tau tentang festival ini, berarti ini saatnya lo coba datang ke sana dan melihat langsung bagaimana warga Kabupaten Jayawijaya merawat budayanya. Festival ini juga terkenal di mancanegara loh Sob, keren ya!

Keempat festival diatas hanya beberapa dari banyak festival lokal yang bisa lo datangi. Mulai dari ujung Barat Indonesia yaitu Tour de Leuser di Aceh, hingga ujung Timur Indonesia seperti Festival Danau Sentani di Papua. Supaya tetap segar selama datang ke festival di atas, pastikan lo aplikasikan dulu GATSBY Urban Ice Deo Stone Energy ya Sob! Deodorant berbentuk stick dengan wewangian modern ini memberikan sensasi dingin yang menyegarkan untuk menjaga tubuh tetap segar.