SWIPE

SCROLL

Tenang, Styling Rambut Pakai Pomade Nggak Bikin Rambut Beruban Kok!

04.12.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Wikimedia Common

Pomade adalah produk hair styling yang nggak bisa lepas dari para cowok. Tanpa pomade, rambut akan sulit diatur dan terlihat berantakan. Padahal rambut yang rapi sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang terhadap penampilannya.

Namun, banyak pula opini berkembang yang menyatakan bahwa terlalu sering menggunakan pomade akan membuat rambut beruban lebih cepat. Opini seperti inilah yang membuat orang-orang cenderung ragu untuk mengandalkan pomade saat menata rambutnya. Tapi sebenarnya, adakah hubungan antara keduanya?

Pomade Tidak Membuat Rambut Beruban

Secara umum, pomade memiliki 2 jenis, yaitu water based dan oil based pomade. Banyak pengguna pomade percaya bahwa kandungan minyak dan bahan-bahan kimia yang terdapat pada dalam pomade dapat mengakibatkan rambut beruban, bahkan di usia muda. Lalu apakah benar pomade menyebabkan rambut beruban?

Jawabannya tidak. Styling rambut menggunakan pomade nggak akan bikin rambut lo beruban. Bahkan, kandungan bahan kimia dan minyak juga tidak ada hubungannya sama sekali dengan rambut beruban.

Jika dilihat dari segi medis, menggunakan pomade untuk menata rambut sebenarnya sama sekali tidak memiliki pantangan. Kalau ada masalah yang ditimbulkan dari pemakaian pomade, itu bukan karena menggunakan pomade-nya, namun karena rambut yang nggak lo cuci bersih dengan sampo setelah menggunakan pomade. Apalagi kalau lo sedang pakai pomade yang berbahan dasar minyak. Minyak yang tersisa ini akan menyumbat akar rambut dan menyebabkan kerusakan. Tetapi untuk rambut beruban sama sekali bukan disebabkan oleh penggunaan pomade atau minyak rambut jenis apapun.

Gunakan Pomade Secukupnya, Hanya Sebanyak 2 Ujung Jari

Rambut beruban adalah rambut berwarna putih yang muncul dikarenakan proses penuaan, genetik, ataupun kondisi kesehatan tertentu, seperti albino, merokok, dan akibat dari stres juga pengobatan tertentu. Walaupun penggunaan pomade tidak menyebabkan rambut beruban, bukan berarti lo jadi bisa menggunakannya secara berlebihan.

Penggunaan yang berlebihan pasti akan selalu memberikan dampak yang buruk. Oleh sebab itu, menggunakan pomade cukup sebanyak dua ujung jari, kemudian ratakan ke telapak tangan sebelum digunakan secara merata pada rambut. Lagipula terlalu banyak pomade juga akan sia-sia, apalagi ketika terkena air.

Penggunaan pomade dengan jumlah banyak, apalagi dengan jeda waktu yang singkat justru akan menyebabkan kerusakan rambut, seperti rambut kering atau kulit kepala yang kering. Untuk mencegah kerusakan, lo juga wajib membilas rambut seusai aktivitas atau sebeum tidur

 

Jadi, nggak usah khawatir lagi soal rambut beruban karena menggunakan pomade, ya! Uban sama sekali nggak ada hubungannya dengan pomade kok. Tetapi untuk menjaga kesehatan rambut, gunakan pomade dengan takaran yang benar, menyesuaikan jenis pomade dengan jenis rambut lo, dan langsung membilas rambut setelah menggunakan pomade. Dijamin lo terhindar dari kerusakan rambut. So, stay calm and use your pomade!