helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Staycation Artinya Apa? Yuk Kenali Konsep Liburan Tanpa Perjalanan Jauh

by
GATSBYCODE
19.08.2023
LIFE GUIDE

ARTICLE

Di zaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, staycation sudah menjadi istilah yang cukup populer. Staycation artinya berlibur, tapi ada perbedaan dengan istilah vacation.

Staycation berasal dari gabungan dua kata Bahasa Inggris, yakni stay yang berarti tinggal dan vacation yang berarti liburan. Bisa disebut juga, staycation artinya liburan yang tidak memerlukan perjalanan jauh.

Semakin marak digunakan, semakin luas juga makna dari kata staycation. Saat ini kebanyakan orang menganggap staycation artinya berlibur dengan cara menginap dan menikmati fasilitas hotel atau penginapan.

Meroketnya popularitas staycation bahkan membuat hotel dan penginapan berlomba-loma untuk memberikan fasilitas super nyaman bagi pengunjung.

Staycation Artinya Berlibur Tanpa Capek

Inti dari staycation adalah menikmati quality time saat libur dengan sebaik-baiknya. Konsep berlibur ini cocok buat lo yang ingin bersantai dan terlalu lelah untuk berjalan-jalan, tapi masih ingin mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan.

Staycation bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk istirahat dan mengendurkan segala ketegangan di otak dari hingar bingar aktivitas sehari-hari. Waktu yang dibutuhkan buat staycation juga enggak perlu lama, satu dua hari pun cukup.

Tak jarang bagi sebagian orang, liburan jauh dan padat jadwal justru akan membuat capek. Belum lagi di hari pertama dan terakhir liburan, waktu akan dihabiskan sepenuhnya di perjalanan.

Dan perlu lo ingat, Sob, budget staycation bisa lebih kecil dibandingkan dengan budget vacation yang mengharuskan lo merogoh kantong lebih dalam untuk pengeluaran ekstra. Jadi, dengan staycation, lo bisa menghemat lebih banyak.

Ide Menghabiskan Waktu Saat Staycation

Sudah punya tempat untuk staycation, tapi masih bingung mau ngapain aja? Jangan pusing, Sob! Kami punya rekomendasi ide menghabiskan waktu saat staycation yang bisa lo coba. Yuk simak.

1. Maraton Nonton Film

Lo bisa menghabiskan waktu selama staycation dengan menonton film atau serial TV yang belum pernah ditonton, secara maraton. Pastikan lo sudah punya daftar film yang mau diputar ya, Sob, biar enggak banyak waktu terbuang untuk memilih tontonan apa yang pas.

2. Memasak

Jika lo hobi memasak, enggak ada salahnya menghabiskan waktu staycation dengan mencoba menu-menu baru yang menarik dan lezat. Atau lo juga bisa ajak keluarga dan rekan untuk menggelar pesta BBQ bersama.

3. Baca Buku

Salah satu cara untuk bisa rileks selama staycation adalah dengan membaca buku. Lo bisa membawa buku-buku kesukaan untuk dibaca sambil menikmati momen berlibur.

4. Piknik di Taman

Lo bisa menyiapkan bekal makanan dan membawa tikar untuk piknik ke taman terdekat. Lalu nikmati udara segar, bermain permainan, atau sekadar bersantai sambil membaca buku.

5. Berkemah

Buat lo yang anaknya outdoor banget, berkemah bisa menjadi alternatif staycation yang menyenangkan. Pilih bumi perkemahan yang dekat dengan akses yang mudah tanpa harus didahului dengan pendakian.

6. Menikmati Fasilitas Hotel

Ada banyak fasilitas hotel yang bisa dinikmati selama staycation, seperti kolam renang hangat, gym, spa, hingga playground. Menghabiskan waktu staycation di hotel saat ini menjadi alternatif liburan yang paling banyak dilakukan.

Pilihlah aktivitas yang paling ingin lo lakukan dan paling cocok dengan kesukaan lo sendiri untuk mendapatkan pengalaman staycation yang enggak terlupakan.

Staycation artinya menikmati liburan dengan nyaman dan efisien seperti GATSBY Eau de Blue travel series yang mudah dibawa karena bentuknya yang praktis dengan volume 20 ml. Staycation menjadi lebih nyaman dan menyenangkan dengan wewangian tiga variannya yang khas, yakni Earth Code, Skyline Code, dan Air Code.