helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Social Entrepreneurship, Cara Bisnis dengan Tujuan Sosial ala Anak Muda

03.11.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Ternyata, melakukan kegiatan bisnis juga bisa sangat berguna buat lingkungan sekitar lho, Sob. Yup, inilah yang namanya social entrepreneurship, cara berbisnis yang bertujuan untuk orang banyak yang seringkali digagas oleh para pemuda.

Kalau lo pengin memulai langkah buat berbisnis, sebaiknya “kenalan” dulu nih sama istilah social entrepreneurship, Sob. Model bisnis yang satu memang nggak cuma bertujuan menghasilkan profit atau keuntungan, melainkan juga turut memecahkan masalah sosial di lingkungan sekitarnya.

Biar lebih paham, mendingan simak dulu informasi terkait social entrepreneurship, berbisnis dengan orientasi sosial berikut ini!

 

Misi Khusus Social Entrepreneurship

Social entrepreneurship dan entrepreneurship pada umumnya memang memiliki sejumlah kesamaan. Tapi, pada kenyataannya dua hal ini lumayan cukup berbeda lho, Sob.

Entrepreneurship adalah seorang wirausaha yang memiliki tujuan demi mendapatkan keuntungan. Sedangkan, social entrepreneurship merupakan suatu usaha yang pada awal berdirinya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Kedengeran sama? Tunggu dulu, Sob. Keuntungan memang menjadi tujuan setiap bisnis biar dapat terus beroperasi dengan baik. Bedanya, social entrepreneurship ini menyalurkan keuntungannya untuk misi-misi sosial tertentu.

 

Gagal Paham Terkait Social Entrepreneurship

Seseorang atau organisasi tertentu yang mengajak masyarakat di sebuah desa untuk melakukan kegiatan pembuatan kerajinan tangan yang kemudian untuk dijual memang bagian dari entrepreneurship.

Tapi, kalau tujuan dari kegiatan ini cuma sebatas mendapatkan profit atau keuntungan, maka hal ini belum dapat dikatakan sebagai salah satu dari social entrepreneurship, Sob.

Bahkan, ada juga yang mengira kalau seseorang atau suatu organisasi tertentu yang mengajak masyarakat pada sebuah desa untuk melakukan kegiatan pembuatan kerajinan tangan yang kemudian untuk dijual adalah salah satu contoh dari bentuk social entrepreneurship.

Mereka memang bisa disebut sebagai seorang entrepreneur, namun bukalah social entrepreneur kalau tujuannya cuma sebatas mendapatkan profit atau keuntungan, Sob.

Pada dasarnya, hal-hal tersebut sekilas terlihat sebagai bentuk dari misi sosial. Tetapi pada saat kegiatan usaha tersebut hanya bergerak dengan berorientasi kepada profit atau keuntungan maka lagi-lagi hal ini juga bukan termasuk ke dalam salah satu social entrepreneurship.

 

Beberapa Contoh Social Entrepreneur

Salah satu tokoh dunia yang pernah melakukan social entrepreneurship yaitu Mark Zuckerberg. Tahu Mark Zuckerberg dong, Sob? Yup, founder sekaligus CEO Social Media Facebook ini memang memiliki penghasilan sampai miliaran dolar dari aplikasi temuannya.

Selain sukses dengan bisnisnya, beliau juga dikenal dengan kedermawanannya lho, Sob. Mark adalah orang pertama yang bergabung dalam The Giving Pledge pada tahun 2010. Bersama dengan istrinya, Mark menyumbang sebesar USD 25 juta ke CDC Foundation guna melawan penyebaran virus ebola.

Mereka pun mengajak para pengguna aplikasinya untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, Mark dan istrinya juga pernah memberikan USD 75 juta untuk Silicon Valley Community Foundation untuk mendirikan rumah sakit di San Francisco, Sob!

Bill dan Melinda Gates juga bisa menjadi contoh tokoh dunia yang pernah melakukan social entrepreneurship. Pasalnya, mereka telah berjasa dengan ambil bagian dalam mendirikan The Giving Pledge, suatu kampanye yang bertujuan untuk mendorong orang-orang kaya di seluruh dunia untuk beramal.

Pasangan ini juga menjadi donatur yang paling banyak memberikan sumbangan, jumlahnya yaitu sampai USD 27 miliar, Sob! Melalui organisasi yang telah dibuatnya, Gates Foundation, pasangan ini fokus untuk dapat membantu segala permasalahan di dunia seperti mendukung pembangunan di sektor pertanian, kesehatan global, pendidikan dan sebagainya.

 

Biar lebih percaya diri saat beraktivitas, sebaiknya gunakan GATSBY REFRESHING BODY WASH buat membersihkan tubuh lo, Sob. Seri sabun mandi pria dengan cooling agent yang bisa memberikan rasa segar ini punya empat varian yang bisa bebas lo sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter tubuh. Ada Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All In One. Semua varian tersebut bisa membersihkan tubuh secara menyeluruh sehingga menyegarkan dan siap buat beraktivitas!