helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Selain Sit Up, Ini 3 Cara Tepat Membentuk Otot Perut, Sob!

02.09.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

 

Latihan otot perut, seperti sit-up dan crunch memang sering diandalkan untuk melatih otot inti yang kuat dan membentuk otot perut six-pack. Padahal ini salah satu metode yang kurang baik jika dikerjakan dalam jangka panjang, lho.

Dilansir laman Hello Sehat, sit-up terus menerus nggak akan mendapatkan hasil maksimal dalam membentuk otot perut. Hal ini justru bisa menyebabkan cedera tulang belakang kalau dilakukan berlebihan. Tapi tenang, karena ada cara tepat membentuk otot perut yang bisa lo terapkan nih, Sob. Yuk simak lengkap ulasannya di bawah ini!

 

Spiderman Plank Crunch

Plank adalah salah satu latihan yang melibatkan seluruh inti tubuh. Lo melatih bagian perut bagian depan dan belakang dalam waktu yang sama tanpa bantuan peralatan apa pun. Latihan ini juga menargetkan pada otot rectus abdominis, obliques, dan punggung bawah. Ini merupakan latihan otot perut sederhana yang bisa lo lakukan kapan pun dan di mana pun, Sob.

Selain gerakan seperti biasanya, lo bisa melakukan variasi plank seperti berikut ini.

·         Mulai dalam posisi plank biasa dengan lengan lo berada pada permukaan lantai dan pastikan postur tubuh lurus sempurna menghadap ke bawah.

·         Angkat dan bawa lutut kanan lo maju menuju siku kanan sambil memiringkan tubuh sedikit ke arah kanan, kemudian kembali ke posisi plank seperti semula.

·         Ulangi gerakan ini pada sisi sebaliknya, yakni dengan membawa lutut kiri ke arah siku kiri dan miringkan tubuh sedikit ke arah kiri.

·         Lakukan hingga 10 repetisi lengkap untuk sisi kanan dan kiri tubuh lo.

 

Side Plank Rotation

Gerakan plank mungkin tak terpisahkan dalam latihan otot perut. Side plank rotation merupakan variasi latihan plank dengan tambahan gerakan dinamis. Selain memperkuat otot perut, gerakan ini juga sekaligus meningkatkan ketahanan otot lengan dan bahu lo secara bersamaan.

Lo bisa melakukan latihan side plank rotation melalui langkah-langkah berikut ini.

·         Berbaring miring ke kanan dengan lengan kanan berfungsi sebagai tumpuan.

·         Rentangkan kaki lo hingga posisi punggung lurus dengan kaki kiri bertumpu di atas kaki kanan.

·         Putar tubuh lo menuju ke lantai dan bawa lengan kiri ke bawah tubuh, lalu putar lagi ke arah luar untuk meluruskan lengan kiri ke atas dan kembali ke posisi semula.

·         Lakukan dalam satu set dengan 10 kali repetisi lengkap dan ulangi pada sisi lainnya.

Cable Rotation

Cable rotation perlu dilakukan dengan bantuan alat fitness di gym agar hasilnya maksimal. Latihan ini merupakan spesifik menargetkan otot obliques yang berada pada sisi tubuh Lo sehingga sangat bagus untuk pemain golf, tenis, dan olahraga raket lainnya.

Untuk melakukan latihan otot perut ini dengan benar, lo bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

·         Berdiri memegang tali dengan kedua tangan berada pada bagian depan tubuh lo, yakni agak sedikit ke bawah dari ketinggian bahu.

·         Jaga lengan tetap diam dan lurus dengan mengunci perut, lalu putar tubuh bagian atas lo ke kiri sambil merasakan ketegangan pada sisi perut lo, Sob.

·         Setelah itu, kembali ke tengah dan lakukan ke sisi kanan untuk kembali lagi ke tengah.

·         Lakukan secara perlahan untuk meraih satu set dengan 10 kali repetisi lengkap.

 

Kesegaran tentu jadi yang utama saat berolahraga. Makanya, jangan lupa selalu semprotkan GATSBY REFRESH FACE SPRAY ICY LEMON sebelum dan sesudah workout ya, Sob. Kandungan icy lemonnya pasti bakal bikin wajah lo makin segar dan berenergi. Jadi, lo bisa skip muka kucel jadi segar setiap saat!