helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Selain Renang, Ini 5 Olahraga Air yang Menarik Buat Dicoba!

by
GATSBYCODE
01.03.2023
LIFE GUIDE

ARTICLE

Olahraga memang jadi kebutuhan hidup yang utama. Rutin bergerak atau berolahraga sangat penting, terlebih gaya hidup saat ini nggak mungkin jauh dari stres, polusi, dan junk food yang mengundang penyakit. Banyak banget olahraga yang asyik dan menyenangkan yang bisa lo coba Sob, olahraga air misalnya.

Yup, berolahraga memang bukan hanya untuk kesehatan tubuh namun juga untuk melatih kekuatan fisik dan mental. Selain renang, masih banyak cabang olahraga air lain yang bisa lo coba. Buat lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini yuk, Sob!

 

Selancar (Surfing)

Olahraga air yang menarik buat dicoba selain renang yang pertama yaitu ada selancar atau surfing nih, Sob. Ini merupakan olahraga yang tergolong cukup ekstrim sehingga memerlukan keterampilan tersendiri. Saat melakukannya, terdapat dua gerakan dasar yang perlu Lo kuasai yaitu mengayuh dan berselancar.

Gerakan ini diketahui bisa melatih kekuatan bahu, tulang belakang, serta tubuh bagian bawah. Jika Lo tertarik dan memang menyukai tantangan, mungkin jenis olahraga air ini bisa Lo coba. Namun tentu saja dengan arahan dari seorang profesional ya, Sob.

Baca Juga Ini yang Wajib Lo Pahami Saat Memilih Sepatu Olahraga Pria! 

 

Polo Air

 

Lo pernah Lo bermain polo air nggak, Sob? Well, polo air merupakan salah satu cabang olahraga air yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia. Olahraga ini dilakukan secara berkelompok di mana memadukan antara renang, sepak bola, bola basket, dan juga gulat menjadi satu permainan menarik di dalam air.

Untuk melakukannya, lo perlu membentuk dua tim yang masing-masingnya terdiri dari 6 pemain dan satu penjaga gawang. Lalu tujuannya yaitu memasukkan bola sebanyak-banyaknya. Seperti bermain sepak bola, setiap bola yang masuk akan memperoleh satu poin.

 

Kano

Jenis olahraga air lainnya adalah kano, yakni olahraga yang memanfaatkan sebuah perahu kecil terbuka dengan ujung lancip dan hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja. Kano menggunakan tenaga manusia untuk menggerakan perahu, sehingga pendayung perlu mengayuh hingga akhirnya mencapai tujuan.

Sedikit berbeda dengan olahraga dayung yang posisi pendayungnya membelakangi tujuan, kano bisa bersisi glo maupun tunggal.

 

Menyelam (Diving)

Apakah lo suka melihat ikan-ikan dan karang di alam bawah laut? Kalau iya, maka diving adalah contoh olahraga air yang cocok untuk lo, Sob. Namun, nggak bisa sembarangan, olahraga ini biasanya mensyaratkan adanya lisensi keahlian terlebih dahulu atau harus bersama seorang profesional. 

Pasalnya, diving berisiko menyebabkan barotrauma bagi orang yang belum terbiasa menyelam. Untuk melakukannya, diving menggunakan sejumlah peralatan, seperti masker, baju selam, dan kaki katak agar Lo dapat bergerak lincah di dalam air.

 

Snorkelling

Snorkeling juga satu dari macam-macam olahraga air yang bisa Lo coba jika ingin melihat keindahan bawah laut. Bedanya dari diving, snorkeling bisa dilakukan oleh siapapun selama memiliki kemampuan berenang.

Sebab, olahraga air ini hanya dilakukan pada permukaan air. Namun, Lo juga harus memakai perlengkapan buat melindungi tubuh lo dari hewan atau tumbuhan laut berbahaya serta terumbu karang yang bisa melukai tubuh, Sob.


Itulah 5 olahraga air yang menarik buat dicoba. Olahraga-olahraga di atas emang cocok banget buat lo yang pengin selalu sehat dan segar, Sob. Sama banget nih kayak GATSBY Eau de Blue yang bisa bikin hari-hari lo selalu segar dengan aroma biru di setiap variannya. Ada varian Earth Code, Skyline Code, dan Air Code yang sama-sama punya wangi yang soft sekaligus bisa ningkatin karakter sporty dalam diri. Pastinya makin pede pas lakuin olahraga air deh, Sob!