helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Persiapan Sebelum Hunting Foto Supaya Bisa Lebih Fokus

24.11.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Unsplash

 

Bagi seorang fotografer, hunting foto ibarat nyawa karena aktivitas ini berguna untuk terus mengasah kemampuan memotret. Hunting foto juga bisa dilakukan oleh siapapun, nggak harus dilakukan oleh seorang fotografer profesional. Fotografer amatiran juga bisa mencobanya, kok.

 

Hunting foto adalah kegiatan pergi ke suatu tempat yang tujuan utamanya untuk memotret. Nggak harus bepergian ke tempat-tempat eksotik yang jauh, hunting foto bisa dilakukan dimana saja, tergantung visual yang mau dicari.

 

Meski begitu, perlu persiapan matang sebelum melakukan hunting foto agar aktivitas ini menyenangkan dan menghasilkan foto-foto yang memuaskan. Apalagi jika dilakukan bersama-sama dalam satu kelompok, tentunya akan lebih seru. Nah, berikut ini 5 tips persiapan sebelum melakukan hunting foto yang perlu lo lakukan.

 

Pastikan lokasi dan cuaca mendukung

Latar adalah unsur penting dalam berburu foto. Untuk itu, lo harus cari lokasi yang benar-benar sesuai. Meskipun bisa di mana saja, lo nggak boleh asal pilih dalam menentukan lokasi yang akan dijadikan destinasi hunting foto. Salah tempat justru akan membuat objek foto lo terlihat kurang bagus. Artinya, lo harus paham dulu penampakan tempat yang mau didatangi. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu, terutama untuk tempat-tempat yang memang belum pernah dikunjungi.

 

Cek fakta seputar keunikan tempat, sejarah, kebiasaan masyarakat, pemandangan alam, budaya, dan hal-hal menarik lainnya. Dengan riset tempat, lo akan lebih mudah menyusun rencana untuk memotret sudut-sudut mana yang perlu didatangi nantinya. Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah memperkirakan cuaca. Sebagus apapun lokasinya, hunting foto bisa jadi sia-sia jika cuaca tidak mendukung, misalnya tiba-tiba hujan.

 

Cek baterai kamera dan perlengkapan lain

Sebelum menuju lokasi, pastikan baterai kamera dalam kondisi penuh. Lo juga bisa mempersiapkan baterai cadangan untuk berjaga-jaga selama hunting foto. Agar aman, persiapan ini perlu dilakukan sehari sebelumnya. Isi daya baterai sampai penuh dan lakukan hal yang sama pada baterai cadangan. Ini sangat penting karena hunting foto merupakan aktivitas yang cukup memakan waktu.

 

Lo tentu nggak mau kamera tiba-tiba mati saat menemukan momen yang pas atau sedang asyik memotret. Pastinya akan sangat menyebalkan hanya gara-gara baterai habis. Jika lokasi hunting foto berada di alam terbuka, 1 baterai cadangan seringkali nggak cukup. Siapkan minimal 2 sampai 3 baterai cadangan yang sudah terisi penuh sebelum berangkat ke lokasi hunting foto.

 

Pilih waktu yang pas

Setiap tempat memiliki karakteristik masing-masing sebagai objek hunting foto. Itulah kenapa penting untuk memilih waktu yang pas. Jika lo memutuskan untuk pergi ke lokasi wisata seperti candi bersejarah, waktu yang pas adalah saat menjelang terbit atau terbenamnya matahari. Suasana pagi atau sore hari adalah waktu yang paling banyak diburu para fotografer. Begitu pun untuk objek foto berupa alam terbuka seperti pegunungan dan ladang sawah.

 

Sementara jika objek foto adalah lingkungan perkotaan atau budaya masyarakat, pemilihan waktu relatif lebih fleksibel. Jadi, cari waktu yang sesuai dengan tema atau objek yang akan lo jepret.

 

Setting kamera dulu

Namanya juga hunting foto, sudah pasti kamera jadi alat paling utama yang harus lo bawa. Untuk hasil maksimal, bawalah kamera lengkap dengan peralatan pendukungnya, terutama lensa. Cobalah untuk melakukan setting kamera seperti pengaturan WB atau white balance, ISO, ukuran dan format foto, serta exposure.

 

Gunakan setting kamera sesuai dengan tempat hunting foto. Setting kamera diperlukan agar nantinya setelah sampai ke lokasi hunting foto, lo bisa langsung memotret tanpa direpotkan dengan setting kamera yang kadang memerlukan banyak waktu.

 

Persiapkan fisik

Terakhir yang nggak kalah penting adalah kesiapan fisik lo. Apalagi jika lo memutuskan untuk hunting foto di area alam terbuka. Kondisi tubuh harus dalam kondisi fit. Hal lain yang nggak boleh dilupakan adalah tetap menjaga penampilan. Saat hunting foto, lo pasti sering terpapar panas matahari. Sebelum melangkah ke luar, lo bisa mencuci muka dulu dengan Gatsby Cooling Face Wash.

 

Pembersih wajah ini akan membersihkan segala kotoran dan sebum dari dalam pori-pori dengan kandungan clay powder dan triple scrub action. Selain itu, Gatsby Cooling Face Wash efektif menghindarkan dari kulit berminyak yang seringkali menempel di kamera. Jangan lupa juga untuk mencuci muka lagi sehabis lo hunting foto.

 

Itulah beberapa tips persiapan hunting foto yang perlu lo ketahui. Agar hasil foto sesuai ekspektasi, persiapkan segalanya sebelum berangkat ke tempat hunting foto. Selamat memotret!