helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Ini Dia 10 Penyebab Bau Badan yang Tidak Kamu Sadari

by
GATSBYCODE
04.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

Bau badan menjadi masalah yang sangat mengganggu. Selain menurunkan rasa percaya diri, bau badan juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan sosial. Tapi tahukah kamu ada banyak penyebab bau badan? Bahkan ada beberapa makanan yang mempengaruhi bau tubuh seseorang.

Secara umum, penyebab bau badan adalah bakteri yang hidup dari keringat. Bakteri-bakteri inilah yang menyebarkan aroma tak sedap dan membuat rasa percaya diri seseorang menguap. Namun rupanya, itu bukan satu-satunya pemicu bau badan.

Ada faktor lain yang jadi penyebab bau badan semakin memburuk. Termasuk makanan. Faktanya, ada banyak makanan yang bisa membuat aroma tubuh semakin tidak sedap. Kamu yang sedang berjuang mengatasi masalah ini, yuk simak beberapa hal yang mungkin jadi pemicu bau badanmu semakin memburuk.

10 Penyebab Bau Badan 

1. Jeroan 

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Ragil Tagiyev

Suka makan jeroan sapi seperti hati, ginjal, limpa, dan lainnya? Jika diolah dengan benar, jeroan memang bisa jadi makanan nikmat yang digemari banyak orang. Tapi tahukah kamu makanan ini jadi salah satu penyebab bau badan.

Jeroan memiliki senyawa tertentu yang akan memperburuk aroma tubuhmu. Terutama jika kamu memakannya secara berlebihan. 

Mengurangi dan menghindari makan jeroan bisa membantumu mengatasi bau badan. Pastikan juga untuk selalu tetap menjaga kebersihan tubuh untuk menyingkirkan bakteri penyebab bau badan.

2. Masa Pubertas

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Sebastian Voortman

Saat masa puber atau masa pertumbuhan, aroma tubuh bisa berubah hingga menyebabkan bau tak sedap. Penyebab bau badan saat masa pertumbuhan terjadi karena kelenjar keringat dan hormon androgen di dalam tubuh menjadi lebih aktif.

Namun perubahan ini masih dianggap wajar, dan dapat diatasi dengan cara sederhana. Pastikan kamu mandi dua kali sehari untuk menyingkirkan keringat dan bakteri penyebab bau badan yang membuat aroma semakin memburuk.

Pastikan juga untuk menggunakan sabun antibakteri dan wewangian ringan seperti cologne dan deodorant perfume spray. Pilih Gatsby Deodorant Perfume Spray yang bisa membantu mengatasi bau badanmu.

3. Infeksi kulit

Penyebab bau badan lainnya adalah terjadinya infeksi kulit. Kondisi itu terjadi karena bakteri di kulit terinfeksi bisa menghasilkan keringat urea. Keringat inilah yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap muncul. 

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu perlu segera mengobati kulit yang terinfeksi agar
bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang. Selain itu, pastikan untuk menjaga kulit agar tidak terinfeksi dengan melakukan kebiasaan sehat seperti mandi dua kali sehari dan rutin mengganti baju bersih.

4. Bawang-bawangan

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Silvia Trigo

Bawang adalah bumbu utama yang membuat makanan jadi terasa sedap. Tapi di samping aroma dan rasanya, bawang juga jadi penyebab bau badan, terutama bawang bombay dan bawang putih.

Bawang bombay dan bawang putih mengandung senyawa sulfur alisin dan senyawa lainnya, yang memberikan aroma dan rasa khas pada makanan. Sementara saat dikonsumsi, senyawa ini diubah menjadi senyawa volatil, yang akhirnya keluar melalui pori-pori kulit saat berkeringat. Inilah yang menyebabkan bau badan yang khas.

Baca Juga : Bikin Ngga Pede, Ini 8 Alasan Kenapa Ketiak Bau

Meski banyak manfaat, tapi bawang putih dan bawang bombay juga patut kami waspadai, terutama jika sedang bergelut dengan bau badan. Kamu masih bisa mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

5. Keringat Berlebihan

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Mary Taylor

Mengalami keringat berlebihan juga bisa jadi penyebab bau badan. Terutama jika kamu tidak rajin membersihkan tubuh, mulai dari mandi dua kali sehari, membersihkan ketiak, memakai deodoran dan rajin mengganti baju.

Kondisi keringat berlebih bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari aktivitas yang berlebihan, cuaca panas, pakaian yang tidak tepat, hingga masalah hiperhidrosis atau keringat berlebihan tanpa sebab.

Jika ini yang menyebabkan kamu bau badan, coba untuk mulai menjaga kebersihan diri sendiri. Merawat ketiak dengan menghilangkan rambut ketiak juga bisa membantu, lho. Selain itu pastikan kamu untuk menggunakan deodoran yang tepat.

Kamu bisa memilih Gatsby Deodorant Perfume Spray yang memiliki tiga varian aroma, yaitu Gold, Blue dan Black. Setiap aroma memiliki karakteristik sendiri, yang bisa membantumu menyingkirkan bau badan sepanjang hari.

6. Kari dan Masakan Berbumbu Kuat

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Cats Coming

Beberapa makanan diolah menggunakan rempah-rempah dengan aroma yang kuat, seperti masakan India. Jika menyukai masakan India, kamu mungkin perlu mengurangi dan menghindari terlalu banyak makan makanan berempah seperti kari.

Rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan India seperti kunyit, jintan, lada, dan lainnya ternyata mengandung senyawa kimia yang bisa masuk ke dalam aliran darah, dan keluar melalui keringat. Inilah yang menyebabkan bau badan yang kuat dan khas.

7. Stres

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Nathan Cowley

Penyebab bau badan yang lainnya adalah karena mengalami stres. Stres menyebabkan keringat berlebihan yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin. 

Kelenjar ini menghasilkan keringat yang kurang berair dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. Jadi jangan heran ketika bau tak sedap muncul saat kamu sedang stres, cemas, atau panik.

Cara menghindari kondisi tersebut, pastikan kamu mengelola stres dengan olahraga atau meditasi. Dengan begitu kamu terhindar atau mengurangi bau badan.

8. Makanan Cepat Saji

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels

Suka dengan makanan cepat saji atau fast food? Hati-hati, karena makanan jenis ini bisa jadi penyebab bau badan, lho. Terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Alasannya sederhana, fast food adalah makanan yang mengandung lemak tinggi. Setiap porsinya terdapat lemak jenuh, minyak atau bahan kimia lain yang bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. 

Ketika senyawa-senyawa yang terkandung dalam fast food keluar melalui keringat atau gas usus akan menciptakan aroma tak sedap. Tentu saja, jika tidak mau badan kamu semakin bau, sebaiknya kurangi makanan ini. Kamu bisa menggantinya dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. 

9. Obat-obatan

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@Miguel

Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping, yaitu membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih bila dikonsumsi. 

Tentunya ini jadi salah satu penyebab bau badan yang mungkin sedang kamu alami. Beberapa jenis obat yang memicu bau badan adalah obat antipsikotik dan antidepresan. Selain itu, mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam dosis berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.

Jadi, jika sedang menjalani pengobatan, kamu bisa bertanya kepada dokter untuk kemungkinan mengganti obat atau solusi lainnya terhadap bau badan.

10. Alkohol

Penyebab Bau Badan

Sumber : pexels /@George Becker

Jika kamu penyuka minuman beralkohol, pastikan untuk mulai menguranginya. Karena alkohol bisa jadi penyebab bau badan yang parah, lho!

Ketika tubuh mencerna alkohol, hati mengubahnya menjadi asetaldehida, yang merupakan senyawa yang sangat kuat dan memiliki bau yang tidak sedap. Asetaldehida ini kemudian dikeluarkan melalui keringat dan pernapasan, menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan.

Semakin banyak kamu minum alkohol, maka semakin bau pula tubuh kamu. Tak hanya itu, alkohol bahkan bisa membuat berkurangnya bakteri baik di mulut yang menyebabkan bau mulut.

Itulah beberapa penyebab bau badan yang wajib kamu ketahui. Adalah yang familiar dengan kebiasaan dan cara makanmu selama ini? Pastikan untuk mengubah gaya hidup serta makanan yang kamu konsumsi, ya!

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wewangian untuk menyingkirkan bau badan. Pastikan untuk memilih wewangian yang tepat seperti Gatsby Deodorant Nature Perfume body Spray, dengan tiga varian aroma yang bisa kamu pilih di supermarket atau minimarket terdekat. Kamu juga bisa mendapatkannya di e-commerce kesayanganmu! Yuk buruan beli dan hempas bau badanmu dengan Gatsby Deodorant Perfume Spray!