helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Pengertian Fragrance & Jenis nya Yang Wajib Kamu Tahu!

12.04.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Fragrance adalah topik yang dikuasai oleh segelintir orang saja. Padahal, fragrance adalah komponen penting dalam hidup kita. Mandi dengan sabun dan deodoran akan mengusir bau badan, tetapi belum cukup untuk membuat diri kita wangi terus saat beraktivitas. Hadirlah fragrance yang menjadi senjata andalan kita untuk tampil percaya diri.

Sebetulnya, apa itu fragrance? Apakah fragrance sama dengan parfum? Fragrance adalah wewangian dengan aroma khas yang jenisnya ada sangat banyak. Langkah pertama dalam memilih fragrance adalah mengetahui apa saja jenis fragrance yang ada dan mengenal struktur aroma dan daya tahan dari fragrance itu sendiri. Tanpa mengetahui informasi ini, lo malah akan keliru dalam memilih fragrance.

Sob, mengenal fragrance adalah hal yang susah-susah gampang.
Untuk itu, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini agar lo nggak lagi bingung dalam memilih fragrance!
 

 

Jenis Fragrance

Ada banyak sekali aneka aroma fragrance yang bisa ditemui. Namun, dari banyaknya aneka aroma ini, aroma fragrance adalah keunikan yang bisa dibagi per kategori aroma atau biasa juga disebut sebagai fragrance families. Bila disimpulkan, indikator yang menentukan kategori aroma fragrance adalah reaksi emosional yang muncul setelah mencium aroma fragrance tersebut.

Bisa dikatakan kalau fragrance family ini layaknya makanan yang masing-masing punya ciri khas sendiri, namun ada DNA atau cita rasa yang menjadikan sejumlah aroma fragrance bisa dimasukkan ke kategori aroma yang sama.

Dengan mengetahui jenis-jenis fragrance family ini, lo juga akan dimudahkan dalam memilih fragrance mana yang paling sesuai dengan selera lo dan kebutuhan lo. Perlu lo ketahui kalau satu orang bisa cocok dengan lebih dari satu fragrance family ini, tergantung pada musim, acara, mood, dan selera yang bisa saja berubah-ubah. Berikut ini ada beberapa jenis fragrance berdasarkan kategori aroma yang paling umum untuk lo temui.  

 

1. Fresh

fresh_fragrance_adalah

 

Apa, sih, kata-kata yang terbesit di pikiran lo saat membaca “fresh”? Pastinya nggak jauh-jauh dari kata-kata seperti membangkitkan semangat, ringan, dan dingin. Ini dia karakteristik utama dari fresh dalam fragrance family. Fresh fragrance adalah wewangian yang aromanya terkesan clean, tidak berlebihan, dan cocok untuk dipakai di musim panas.

Kebanyakan fresh fragrance adalah fragrance yang mengandalkan kandungan seperti lemon, bergamot, basil, lavender, dan grapefruit, walau memang ada juga fresh fragrance yang mengandung bahan-bahan lain. Biasanya, fragrance dengan aroma yang fresh ini lebih cepat pudar keharumannya. Namun, lo nggak perlu khawatir karena sekarang ada juga fresh fragrances yang dibuat lebih tahan lama.

Pria yang menyukai fresh fragrance adalah pria yang nggak suka ribet, pembawaannya santai, sifat yang hangat, dan selalu bersemangat. Nah, apakah lo merasakan kesamaan karakter? Bisa saja fresh fragrance adalah pilihan wewangian yang lagi lo cari-cari, nih.
 

2. Leather

/leather_fragrance_adalah

 

Jangan dulu salah tangkap, ya! Leather fragrance adalah wewangian yang agak smoky, sensual, dan macho banget. Nggak heran kalau banyak sekali pria-pria dewasa yang menjadikan leather fragrance sebagai fragrance andalan mereka, terutama bagi mereka yang bekerja di dunia profesional.

Kalau lo masih bingung leather fragrance adalah jenis wewangian seperti apa, coba saja lo bayangkan harum jaket kulit baru, buku cover kulit, atau perpustakaan. Old school but comforting. Leather fragrance adalah aroma yang seakan-akan membawa kita ke pegunungan Alps di Swiss, bersantai di sofa kulit sambil menghangatkan diri di dekat perapian, inilah anggapan beberapa orang.

Dari deskripsi seperti di atas, pastinya lo dibuat penasaran dengan leather fragrance. Sayangnya, leather fragrance adalah salah satu kategori aroma yang paling sulit untuk dikreasikan. Ini karena kombinasi bahan yang sukar sekali untuk diracik demi menghasilkan aroma bak leather ini. Umumnya, leather fragrance menggunakan birch tar, patchouli, juniper, tobacco, dan black tea. Namun, nggak jarang juga ditambahkan dengan aksen floral atau woody untuk semakin memperkaya aroma fragrance.
 

3. Oriental

oriental_fragrance_adalah

Bagi sebagian orang, oriental fragrance adalah kategori aroma yang cukup membingungkan karena namanya yang aneh. Mungkin saja saat lo membaca kata “oriental,” hal-hal yang langsung lo pikirkan adalah benua Asia, warna warm tone, dan rempah-rempah. Jika lo memang memikirkan hal-hal ini, maka sebenarnya lo sudah punya cukup gambaran soal bagaimana oriental fragrance adalah wewangian pilihan banyak pria.

Layaknya negara di belahan Timur Bumi yang cerah, hangat, serta kaya akan rempah-rempah, aroma oriental fragrance adalah aroma yang manis, hangat, dan sensual. Sekali cium, siapapun akan dibuat terpana dengan aromanya yang kuat dan menarik perhatian. Karena oriental fragrance adalah wewangian dengan aroma yang kuat, maka kategori aroma ini termasuk yang paling tahan lama di kulit.

Bagi beberapa orang oriental fragrance adalah wewangian yang aromanya sangat dewasa. Akan tetapi, lo nggak perlu merasa terintimidasi karena beberapa perfumery sudah meracik oriental fragrance yang aromanya lebih ringan dan bisa dicocokkan juga dengan aktivitas di siang hari.
Oriental fragrance adalah jenis fragrance yang menggunakan bahan seperti sandalwood, vanilla, dan heliotrope. Menggunakan oriental fragrance untuk acara di malam hari juga menjadi pilihan sempurna untuk lo!

Oriental fragrance adalah jenis fragrance yang menggunakan bahan seperti sandalwood, vanilla, dan heliotrope. Menggunakan oriental fragrance untuk acara di malam hari juga menjadi pilihan sempurna untuk lo!
 

4. Woody

woody_fragrance_adalah

Sama seperti oriental fragrance yang masuk dalam kelompok aroma yang warm, begitu pula dengan woody fragrance yang akan membawa lo ke suasana hangat saat sedang duduk di tengah hutan mengelilingi api unggun. Woody fragrance adalah kategori aroma yang paling banyak dicari oleh pria karena aromanya yang sungguh nostalgic. Selain itu, woody fragrance adalah wewangian dengan aroma yang sangat macho.

Jika dibandingkan dengan leather fragrance, mungkin woody fragrance lebih cocok bagi para pemula yang baru ingin mencoba serba-serbi fragrances. Secara umum, woody fragrances dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni mossy woods yang aromanya agak manis dan dry woods yang aromanya lebih kuat seperti leather fragrances.

Salah satu kelebihan dari woody fragrance adalah aromanya yang cocok baik untuk siang maupun malam hari. Beberapa bahan yang biasanya ada di woody fragrance adalah cedarwood, amber, sandalwood, pine cone, vetiver, dan resin.
 

5. Citrus

citrus_fragrance_adalah

Rasanya, hanya dengan membaca kata “citrus,” lo sudah bisa membayangkan kategori aroma ini harumnya seperti apa. Tentu saja harumnya seperti ladang yang dipenuhi dengan buah-buahan citrus, mulai dari jeruk, jeruk bali, dan lemon. Hampir sama dengan fresh fragrance, citrus fragrance adalah kategori aroma yang menguarkan aroma yang sangat menyegarkan, energetik, clean, dan bisa diterima oleh banyak orang.

Jadi, lo nggak perlu khawatir kalau citrus fragrance akan membuat orang merasa pusing. Akan tetapi, citrus fragrance adalah kategori aroma yang underrated, alias sering dipandang sebelah mata. Ini karena banyak banget pria yang menganggap kalau citrus fragrance adalah wewangian untuk wanita. Padahal, ini anggapan yang keliru, lho.

Citrus fragrance adalah kategori aroma yang cocok untuk pria, terutama saat cuaca sedang panas. Misalnya, saat lo ingin hangout bareng teman, pergi ke gym, makan siang sama gebetan, atau saat sedang di rumah saja.
 

Tentu saja harumnya seperti ladang yang dipenuhi dengan buah-buahan citrus, mulai dari jeruk, jeruk bali, dan lemon. Hampir sama dengan fresh fragrance, citrus fragrance adalah kategori aroma yang menguarkan aroma yang sangat menyegarkan, energetik, clean, dan bisa diterima oleh banyak orang.

Jadi, lo nggak perlu khawatir kalau citrus fragrance akan membuat orang merasa pusing. Akan tetapi, citrus fragrance adalah kategori aroma yang underrated, alias sering dipandang sebelah mata. Ini karena banyak banget pria yang menganggap kalau citrus fragrance adalah wewangian untuk wanita. Padahal, ini anggapan yang keliru, lho.

Citrus fragrance adalah kategori aroma yang cocok untuk pria, terutama saat cuaca sedang panas. Misalnya, saat lo ingin hangout bareng teman, pergi ke gym, makan siang sama gebetan, atau saat sedang di rumah saja.
 

6. Gourmand

gourmand_fragrance_adalah

Nggak banyak orang yang tahu soal kategori aroma gourmand. Bisa dibilang, gourmand fragrance adalah kategori aroma yang cukup unik dan tergolong baru di dunia wewangian. Sejarahnya pun cukup unik, gourmand fragrance adalah jenis fragrance yang baru mencuat ke muka publik setelah tren edible fragrances populer. Jadi, gourmand fragrance adalah tipe aroma yang akan membuat lo sulit menahan godaan untuk menggoyang lidah.

Bingung? Coba bayangkan aroma biscoff bubble tea favorit lo, milk coffee yang biasa lo minum, atau permen coklat yang lo terima dari sang pacar. Inilah yang kira-kira bisa menggambarkan aroma manis dari gourmand fragrance. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat gourmand fragrance adalah vanilla, caramel, coklat, toffee, dan cognac.

Nah, walaupun gourmand fragrance adalah pilihan wewangian yang sering digunakan oleh wanita, bukan berarti para pria nggak bisa menikmati aroma manis dari gourmand ini. Bagi fragrance khusus pria, gourmand biasanya dipasangkan dengan kategori aroma lainnya, seperti woody dan oriental untuk kembali menyeimbangkan sentuhan aromanya.
 

7. Fruity

fruity_fragrance_adalah

Sudah ada fresh dan citrus dalam kategori aroma, kini ada juga fruity fragrance. Kalau lo suka dengan aroma yang ringan dan segar, tetapi mau aroma yang lebih kompleks daripada fresh maupun citrus fragrance, fruity fragrance adalah pilihan tepat buat lo. Walaupun mungkin lo menganggap fruity fragrance adalah aroma wewangian yang manis, tetapi ini bukan patokan wajib.

Fruity fragrance adalah kategori aroma yang versatile, artinya bisa dibuat manis dan playful atau sophisticated dan kompleks. Ini tergantung pada pasangan aroma yang digunakan. Sejumlah bahan-bahan umum yang digunakan dalam pembuatan fruity fragrance adalah peach, melon, pear, dan cherry. Karena aromanya yang ringan, biasanya fruity fragrance lebih sering digunakan untuk aktivitas di siang hari.
 

8. Spicy

spicy_fragrance_adalah

Spicy bisa dikatakan sebagai sub kategori dari oriental fragrance. Bedanya, spicy fragrance adalah kategori aroma yang lebih kuat daripada kategori aroma lainnya. Bagi lo yang pembawaannya misterius dan percaya diri, lo bisa banget mencoba spicy fragrance sebagai wewangian andalan lo, terutama saat lo sedang pergi ke sebuah pesta atau acara formal lainnya.

Spicy fragrance adalah jenis aroma yang sangat memikat, sensual, dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Karenanya, banyak pria yang memakan spicy fragrance ketika mereka ingin tampil stand out, misalnya saja saat ingin menebar pesona ke gebetan. Bahan-bahan yang menjadi komposisi dari spicy fragrance adalah cinnamon, ginger, nutmeg, dan cloves yang aroma kuatnya begitu hangat.
 

9. Aquatic

aquatic_fragrance_adalah

Pernahkah lo punya keinginan untuk tampil harum seperti ombak pantai yang ditemani dengan segelas es kelapa muda dan angin semilir? Keharuman seperti ini secara sempurna hadir dalam sebotol aquatic fragrance. Sesuai dengan namanya, aquatic fragrance adalah kategori aroma yang sungguh menggambarkan pesona pantai dan laut.

Misalnya lo punya zodiak air seperti cancer, mungkin saja lo akan cocok banget dengan aquatic fragrance ini. Nah, aquatic fragrance adalah jenis wewangian yang umumnya dibuat untuk pria. Lo pun bisa tetap segar dan harum walau habis panas-panasan di bawah terik matahari dengan menyemprotkan aquatic fragrance ini.

Karena tidak ada bahan alami yang bisa sepenuhnya menggambarkan suasana pantai di musim panas, jadi jangan heran kalau biasanya aquatic fragrance ini dibuat oleh bahan-bahan sintetis. Namun, nggak jarang juga aquatic fragrance dibuat dengan bantuan bahan alami seperti buah citrus, lho.
 

Fragrance-Notes

Setelah lo mengenal tentang beragam kategori aroma dalam fragrance, waktunya untuk belajar soal struktur fragrance. Secara garis besar, fragrance adalah wewangian yang dibuat berdasarkan tiga layer, yakni top, middle, dan base. Ketiganya punya peran penting untuk menciptakan harmoni aroma yang harum di hidung.

Selain itu, ketiga layer fragrance adalah penentu durasi evaporasi aroma tersebut. Jadi, saat semprotan pertama selang 30 detik, aroma akan lebih didominasi oleh layer pertama yang kemudian akan berubah ke layer kedua setelah beberapa menit setelahnya. Mari kita bahas apa saja layer fragrance berikut ini.

 

1. Top

Dalam industri fragrance, layer pertama dan yang paling “luar” dari fragrance adalah top notes. Bila kita gambarkan sebagai piramida, top notes fragrance adalah bagian puncaknya yang juga berperan sebagai first impression dari setiap fragrance yang ada. Ini dikarenakan aroma dari top notes atau head notes hanya akan bertahan selama 30 menit pertama sejak fragrance disemprotkan.

Karena daya tahannya yang terbilang rendah, bahan-bahan komposisi top notes fragrance adalah bahan-bahan yang harganya lebih murah ketimbang bahan komposisi middle dan base notes. Meski begitu, pemilihan bahan komposisi top notes fragrance adalah tahap yang krusial karena bisa menjadi momen make it or break it.

Bila lo nggak merasa terkesan dengan aroma dari top notes sebuah fragrance, maka sudah pasti lo nggak akan membelinya, bukan? Pada umumnya, top notes fragrance dibuat dengan bahan-bahan seperti bergamot, basil, lemon, dan mint, alias bahan-bahan yang membawa kesan segar.
 

2. Middle

Sekarang, kita lanjutkan ke layer kedua dari fragrance, yakni middle notes. Middle notes juga biasa disebut sebagai heart notes karena dianggap sebagai jantung dari sebuah fragrance. Aroma dari middle notes akan semakin kuat ketika aroma top notes mulai menghilang. Jadi, aroma yang tertinggal di kulit selang 30 menit setelah penyemprotan fragrance adalah aroma middle notes dari fragrance tersebut.

Karena dianggap sebagai jantung dari setiap fragrance, maka sebagian besar produk fragrance memiliki middle notes yang aromanya lebih lembut, familiar, dan cenderung disukai oleh banyak orang. Contoh bahan-bahan komposisi middle notes fragrance adalah neroli, jasmine, geranium, cinnamon, cardamom, ylang-ylang, dan nutmeg.

Jadi, saat lo membeli fragrance, jangan langsung memilih fragrance yang lo sukai saat pertama kali disemprot. Cara benar untuk membeli fragrance adalah menyemprotkannya ke kulit dan tunggu hingga sudah lebih dari 30 menit untuk mencium aroma middle notes fragrance tersebut.

 

3. Base

Terakhir, kita sampai di layer terakhir atau layer terdalam dari sebuah fragrance, yaitu base notes. Jika middle notes fragrance adalah jantung, maka base notes fragrance adalah jiwanya. Base notes diracik agar bisa memperkuat dan mempertajam aroma dari middle notes.

Aroma base notes fragrance adalah aroma yang lo cium di kulit berjam-jam setelah top notes pudar dan saat middle notes mulai berevaporasi. Karena daya tahannya yang luar biasa tinggi, jangan heran kalau bahan-bahan komposisi base notes fragrance adalah bahan-bahan yang harganya mahal.

Nah, bahan-bahan komposisi base notes fragrance adalah bahan-bahan seperti cedarwood, birch tar, patchouli, amber, dan mask. Jika lo sadari, bahan-bahan ini adalah bahan-bahan yang aromanya kuat. Jadi, pastikan lo mengetahui top, middle, dan base notes dari fragrance yang akan lo beli supaya lo nggak menyesal, Sob!

 

Tipe fragrance berdasarkan kekuatan

Kita sekarang sudah mengenal kategori aroma dan struktur fragrance, saatnya masuk ke pembahasan tipe fragrance. Tipe fragrance adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang-orang. Umumnya, orang-orang akan menyebut semua wewangian dengan sebutan “parfum,” padahal jenis wewangian yang dimaksud bukanlah tipe fragrance parfum, lho! Jadi, nggak semua wewangian itu boleh lo sebut sebagai parfum.

Apa yang menjadi pembeda antara tipe fragrance tersebut? Setidaknya ada dua indikator. Pertama adalah konsentrasinya, dan kedua adalah daya tahannya. Sebelum kita mulai mendalami tipe-tipe fragrance, ada baiknya lo memahami cara formulasi wewangian yang juga berkaitan dengan pengelompokan tipe-tipe fragrance.

Pada dasarnya, fragrance adalah wewangian yang dibuat dengan campuran minyak yang kemudian dilarutkan ke sebuah carrier, yang umumnya berupa alkohol, untuk menyeimbangkan aroma fragrance. Konsentrasi antara minyak dan carrier ini yang menentukan daya tahan, kekuatan aroma, dan tentu saja harga dari fragrance itu sendiri. Nah, ada 4 tipe fragrance yang umum lo temukan, berikut ini penjelasan lengkapnya.

 

1. Eau de Cologne

eau_de_cologne_adalah

Eau de Cologne (EDC) merupakan fragrance yang daya tahannya paling rendah bila dibandingkan dengan tipe fragrance yang masuk dalam daftar di artikel ini. Komposisi dari cologne sebagai fragrance adalah 2%-4% di mana sisanya dimuat oleh carrier seperti alkohol. Karena komposisi fragrance yang rendah, maka nggak mengherankan kalau aroma cologne hanya bisa bertahan selama 2 sampai 4 jam saja.

Nah, sebutan cologne juga disematkan pada produk fragrance yang memiliki aroma khusus pria. Baik cologne maupun EDC bisa jadi pilihan tepat bagi lo yang sedang mencari fragrance untuk musim panas yang terik karena aromanya yang ringan.

Beberapa pilihan cologne sebagai pilihan summer fragrance adalah Gatsby Urban Cologne dengan pilihan aroma yang asik, Gatsby Refreshing Cologne Spray untuk aroma yang menyegarkan, dan Gatsby Splash Cologneuntuk pria aktif.

 

2. Eau de Toilette

eau_de_toilette_adalah

Setingkat lebih baik dari EDC, ada Eau de Toilette (EDT) yang juga sangat umum dipasarkan. EDT sebagai fragrance adalah wewangian yang memiliki konsentrasi 5%-15%, lebih tinggi dari EDC. Karenanya, jika lo menyemprotkan EDT di pagi hari, wanginya akan tetap tercium sampai sore hari. Tetapi, aroma EDT akan melemah dan tidak begitu tercium lagi saat malam hari.

Itulah sebabnya EDT fragrance adalah pilihan pria saat akan berangkat bekerja karena wanginya yang tahan seharian. Jadi, lo juga nggak perlu repot bawa EDT di tas lo. Karena daya tahannya yang lebih tinggi daripada EDC atau cologne, itu berarti harganya juga akan lebih mahal.

Pilihan produk EDT dari Gatsby yang bisa lo pilih sebagai fragrance adalah Gatsby Eau de Toilette Cool yang beraroma fresh, Gatsby Eau de Toilette Classic yang beraroma oriental, dan Gatsby White Updengan wangi putih yang khas. Ketiganya punya wangi tahan lama seharian yang terkesan elegan, cocok untuk segala jenis kegiatan lo.

 

3. Eau de Parfum

eau_de_parfum_adalah

Eau de Parfum sebagai fragrance adalah wewangian yang memiliki konsentrasi 15%-20%. Sehingga, daya tahannya juga lebih tinggi daripada EDT. Selain itu, EDP juga lebih sering menggunakan aroma-aroma kuat seperti woody dan leather yang terkesan mewah. Nah, jangan salah, Sob.

EDP fragrance adalah jenis yang berbeda dengan parfum karena konsentrasi fragrance yang lebih rendah. Namun, wanginya tetap awet dan bahkan lebih cocok untuk lo yang punya kulit sensitif. Meski EDP cocok digunakan untuk aktivitas siang dan malam hari, banyak orang yang memilih EDP untuk malam hari karena aromanya yang kuat.

Kalau lo tengah mencari produk EDP yang cocok untuk lo, Gatsby Ultra Prime EDP dengan wangi neo classic fragrance adalah pilihan yang tepat buat lo. Gatsby Ultra Prime series juga terdiri dari perfume body spray dan deo perfume roll-on yang bisa lo pakai sehari-hari.
 

4. Parfum

 

Terakhir, ada tipe parfum yang memiliki konsentrasi fragrance tertinggi, yakni mencapai 30%. Karena itu, tipe parfum fragrance adalah wewangian yang paling murni dan harganya sangat mahal. Aroma parfum akan terus menempel di kulit hingga waktunya mandi. Walau daya tahannya yang bisa dibilang mendekati 24 jam, pemakaian parfum hanya disarankan bagi orang-orang yang akan menghadiri acara penting, misalnya pernikahan, yang akan berlangsung dari pagi hingga malam hari.

Sudah paham soal apa itu fragrance dan tipe-tipenya? Selalu ingat bahwa pilihan fragrance adalah pilihan yang terpersonalisasi, artinya bisa saja berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Wangi fragrance adalah hal yang tidak bisa disamaratakan. Fragrance yang lo anggap sangat wangi belum tentu berkesan baik bagi orang lain, Sob.

Jadi, lo juga harus hati-hati dalam memilih fragrance. Karenanya, pilih saja fragrance dari Gatsby yang memiliki banyak varian tipe dan aroma. Gatsby fragrance adalah teman setiap pria, terlepas dari profesi, karakter, dan hobi, yang akan membuat lo tampil percaya diri dan harum.