SWIPE

SCROLL

Panduan Lengkap Mengatasi Ketiak Basah Agar Lebih Percaya Diri

20.09.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo Credit: Unsplash

 

Basket alias basah ketek adalah salah satu momok paling menakutkan buat lo yang sering melakukan aktivitas dan bertemu orang banyak. Tentunya ketiak basah bikin lo nggak percaya diri yang ujung-ujungnya bikin performa lo kurang maksimal. Apa aja sih penyebabnya dan bagaimana mengatasi ketiak basah ini?

Buat lo yang belum tahu, ketiak basah karena panas itu hal yang normal. Jadi, lo nggak perlu terlalu khawatir karena pada dasarnya setiap orang punya yang namanya kelenjar keringat. Menurut beberapa ahli kulit, memang kuantitas volume keringat yang dihasilkan tiap orang berbeda-beda. Itu bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, utamanya karena faktor genetis. Pada sebagian orang, terjadi ketidakseimbangan saraf autonom sehingga ketiak mudah basah sekali pun di ruangan dengan suhu dingin.

Faktor lainnya bersifat psikologis. Beberapa orang mengalami masalah mudah cemas dan panik, yang berakibat pada melimpahnya produksi ketiak. Orang yang stres karena banyak tekanan dan pikiran juga berpotensi besar mengeluarkan volume ketiak berlebih. Ini memengaruhi psikis seseorang sehingga emosi tidak terkontrol dan akibatnya keluarlah ketiak dengan jumlah besar. Lo nggak perlu khawatir. Banyak kok cara menghindarkan lo dari keringat berlebih. Berikut panduan lengkap mengatasi ketiak basah agar lebih percaya diri.

 

Perhatikan bahan pakaian

Kalau lo mau mencegah ketiak basah, hindari pakaian yang ketat dan terlalu menempel ke tubuh. Ini bisa bikin kulit di tubuh lo sulit bernapas. Pengap inilah yang membuat kulit bereaksi dan mengeluarkan keringat. Cobalah mengenakan pakaian yang lebih longgar dan berbahan lembut.

Adapun jenis bahan pakaian yang relatif mampu mencegah ketiak basah adalah kain katun. Pakaian berbahan katun mampu menyerap keringat dengan baik sehingga bisa mencegah basah akibat keringat yang menempel pada ketiak.

 

Gunakan antiperspiran

Mungkin lo lebih mengenal deodoran ketimbang antiperspiran. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Antiperspiran bergungsi untuk menyetop keringat. Jadi, kalau lo mau mencegah produksi keringat berlebih, khususnya di area ketiak, antiperspiran bisa lo manfaatkan sebaik mungkin.

 

Banyak minum air putih

Jangan bilang lo males minum air putih. Mulai sekarang, perbanyak konsumsi air putih karena dapat membantu mencegah ketiak basah. Air putih mempu menurunkan suhu badan, sehingga kondisi dingin dalam tubuh bisa mengurangi produksi keringat di area ketiak.

 

Perhatikan makanan dan minuman

Simpelnya begini, tiap kali lo makan makanan rendah serat, sistem pencernaan lo otomatis bakal bekerja ekstra mengolah intisari makanan dalam perut. Akibatnya, tubuh lo bakal mengeluarkan keringat berlebih. Sama halnya ketika lo makan makanan yang tinggi garam, berlemak tinggi, pedas, semua jenis bawang, bir, atau minuman beralkohol bisa menyebabkan ketiak basah.

 

Kurangi perasaan cemas

Tips satu ini memang sulit dilakukan, apalagi kalau lo tipe orang yang mudah khawatir akan sesuatu. Dibutuhkan orang terdekat lo yang bisa bikin lo lebih tenang dalam menghadapi sesuatu. Lo juga bisa kok dengerin musik favorit lo supaya kecemasan berangsur normal. Sebab, kecemasan berlebih terbukti menjadi salah satu faktor kuat penyebab ketiak basah setelah faktor genetis.

 

Gunakan deodoran yang mengandung antiperspiran

Di atas sudah disebutkan keunggulan menggunakan antiperspiran. Nah, GATSBY punya salah satu produk yang mengombinasikan fungsi menyetop keringat sekaligus membuat ketiak lo bersih dan wangi. Namanya GATSBY Urban Ice Deo Spray. Produk tersebut dapat menjaga tubuh tetap kering dan memberikan aroma menyegarkan. Selain itu, cara menggunakan GATSBY Urban Ice Deo Spray juga sudah kekinian dan anti ribet. Lo tinggal semprot aja secara merata ke bagian ketiak. Kini saatnya tampil lebih percaya diri dengan ketiak bersih, sehat, dan wangi!

 

Jangan biarkan ketiak basah mengganggu penampilan dan kepercayaan diri lo. Sejumlah tips di atas bisa membantu lo untuk mengatasi masalah ketiak basah. Tentunya nggak ketinggalan bantuan GATSBY Urban Ice Deo Spray yang nggak hanya membantu mengurangi ketiak basah, tapi juga memiliki aroma wangi yang fresh!