helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Pakaian Interview Kerja untuk Cowok Supaya Terlihat Dewasa

by
GATSBYCODE
29.12.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Freepik                                                                                                             

Salah satu hal yang paling krusial saat proses melamar kerja adalah proses interview. Untuk itu, lo perlu persiapan khusus sebelum datang ke lokasi wawancara, salah satunya terkait dengan pakaian interview kerja.

Memilih baju atasan putih polos yang dipadukan dengan celana bahan dan sepatu pantofel tampaknya sudah jadi hal yang paling banyak ditemui. Padahal, sebenarnya tidak ada aturan resmi yang berlaku soal pemilihan pakaian saat proses wawancara kerja.

Apalagi, saat ini tren fashion formal terus berkembang. Pilihan outfit saat proses interview semakin beragam. Namun, pakaian saat interview kerja tentu biasanya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar. Berikut ini 5 pakaian interview kerja untuk cowok supaya terlihat dewasa, mapan, dan profesional.

 

Pilih gaya semi formal tanpa jeans

Celana berbahan kain denim atau yang biasa dikenal dengan jeans memang masih dianggap kurang sopan untuk dipakai saat melamar kerja. Sehingga, sebaiknya lo hindari penggunaan jeans selama proses seleksi melamar pekerjaan.

Wawancara kerja sendiri bersifat formal. Jangan mencoba datang ke tempat wawancara dengan memakai jeans. Penggunaan pakaian denim justru akan menimbulkan kesan kalau lo orang yang dianggap terlalu bebas dan kurang serius. Karena kesan yang kurang baik selama proses interview tentunya akan sangat berpengaruh pada penilaian lo di mata perusahaan yang dilamar. Lo bisa menggunakan celana bahan yang memang tidak mudah kusut.

Baca Juga : Begini Tutorial Memakai Berbagai Macam Jenis Dasi, Sob!

 

Meski begitu, saat ini banyak pula perusahaan yang tidak mempermasalahkan penampilan pelamar, tak masalah menggunakan jeans asalkan rapi. Jadi, sebaiknya lo pastikan dulu lingkungan budaya perusahaan yang akan lo lamar.

 

Pilih pakaian berwarna gelap

Bagi sebagian orang, mungkin kurang peduli soal pilihan warna baju saat interview kerja. Padahal, pilihan warna baju sebenarnya bisa berpengaruh pada psikologis lawan bicara. Nah, warna gelap rupanya bisa memberikan kesan yang lebih positif dibandingkan ketika kamu menggunakan pakaian dengan warna terang saat wawancara kerja.

Beberapa rekomendasi warna gelap yang ideal sebagai pakaian interview kerja antara lain biru, hitam, abu-abu, dan coklat. Warna-warna tersebut adalah warna formal sehingga bisa menciptakan kesan profesional dalam diri lo.

 

Hindari pakaian bermotif

Saat memilih pakaian interview kerja, tidak dianjurkan untuk mengenakan baju bermotif. Alasannya, pakaian kaya motif memberikan kesan terlalu meriah. Beberapa motif yang patut lo hindari antara lain motif binatang, motif abstrak, hingga motif bunga.

Secara psikologis, mata lawan bicara dalam hal ini pewawancara akan terdistraksi pada motif gambar pada pakaian yang lo kenakan. Kalau lo enggan menggunakan kemeja polos dan ingin tetap menggunakan pakaian motif, pilih pakaian interview kerja dengan motif yang simpel seperti motif garis-garis.

 

Layer dengan blazer biar terlihat profesional

Agar menciptakan kesan profesional, lo bisa menggunakan blazer sebagai atribut pelengkap saat datang ke tempat interview kerja. Hindari pula blazer dengan banyak motif. Penggunaan blazer juga bisa membuat lo lebih bebas memilih pakaian interview kerja.

Selain kemeja, lo juga bisa memilih menggunakan polo shirt semi formal yang warnanya senada. Penggunaan blazer juga memberikan kesan tampil rapi. Sebagai alternatif beberapa warna blazer, saat wawancara kerja sebaiknya pilih warna gelap sebagai pilihan paling aman, ya.

 

Cek ulang tampilan dari ujung kaki sampai rambut

Selaian pilihan pakaian interview kerja, hal penting lain yang tak boleh disepelekan adalah tampilan dari ujung kaki sampai kepala. Datanglah lebih awal sebelum jadwal wawancara kerja. Waktu sebelum bertemu dengan interviewer, lo harus menyempatkan waktu untuk merapikan penampilan. Wajah tak boleh terlihat kusam dan pakaian tak boleh kusut.

Lo bisa pergi ke toilet untuk bercermin supaya bisa melihat lebih banyak detail pada penampilan lo. Pastikan rambut lo sudah disisir dengan rapi dan tampak profesional. Sebaiknya, gunakan Gatsby Texturizing Clay untuk merapikan, membentuk, serta menjaga gaya rambut tetap rapi saat berhadapan dengan interviewer.

 

Tampil bersih dan wangi

Pakaian interview kerja yang rapi saja rupanya belum cukup. Lo juga harus memperhatikan hal yang menyangkut kebersihan dan wangi. Selama perjalanan, seringkali pakaian jadi lebih kusut dan berdebu. Aroma parfum pun hilang selama perjalanan. Jangan sampai lo malah memberikan kesan buruk saat interview kerja karena ini.

Ketika baru sampai ke tempat interview kerja, semprotkan dulu parfum untuk kembali menyegarkan aroma tubuh lo. Namun, jangan berlebihan. Pakai Gatsby Street Club Perfume Body Spray dengan 4 varian wangi yang berkharisma, lo pun bisa tampil lebih percaya diri dan memberikan first impression yang baik.