helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

NFT, Inovasi yang Bikin Seniman Makin Rajin Berkarya

19.01.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

Pernah mendengar istilah NFT nggak, Sob? Yup, istilah ini memang lagi hype banget belakangan ini, khususnya bagi para pencinta seni di seluruh dunia. For your information, Non-Fungible Token atau yang kini akrab disebut NFT adalah aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang dan bisa juga dibeli dengan mata uang kripto.

Lingkup NFT meliputi berbagai bidang seperti karya seni, video klip, musik, game dan lain sebagainya. Hadirnya NFT tentu membuat dunia investasi semakin ramai. Biar makin paham, mending simak lengkap beberapa informasi tentang NFT, inovasi yang bikin seniman makin rajin berkarya berikut ini, Sob!

 

Sekilas Tentang NFT

Secara singkat, NFT ini merupakan aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang nggak bisa diganti. Transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut akan berisi informasi tentang pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT, Sob.

Awalnya, NFT mulai dikenal pada tahun 2017 saat game NFT, yaitu Crypto Kitties diluncurkan. Kala itu, pengguna bisa bermain game dengan basis blockchain Ethereum. Mereka bisa mengadopsi, memelihara sampai memperdagangkan kucing peliharaan secara virtual.

Pada umumnya, transaksi investasi NFT sering menggunakan ether atau ETH yang merupakan koin buatan Ethereum. Selain itu, NFT juga seringkali muncul dengan format digital, seperti JPEG, PNG, GIF dan lain sebagainya. Kalau sudah memiliki aset NFT, lo tentu bisa menggunakannya untuk barang jual beli, dengan baik dan bijak juga pastinya, Sob.

Lo bisa mulai menjualnya dengan mencetak salah satu aset digital pribadi sebagai NFT. Barang yang dapat dijual dalam bentuk NFT bisa berupa karya seni, game dan lainnya. Dokumen pun bisa sangat mudah untuk diubah menjadi NFT. Tentunya, harga jual akhir karya lo akan bergantung dengan faktor subjektif seperti kualitas, kreativitas dan reputasi, Sob!

 

NFT Sedikit Berbeda dengan Kripto

Perlu diketahui bahwa NFT nggak memiliki kesamaan nilai. Masing-masing aset NFT memiliki tlo tangan digital yang nggak bisa ditukar atau setara dengan NFT lainnya. Yang berarti, satu klip NFT nggak memiliki nilai yang sama dengan NFT lainnya.

Meskipun secara esensinya NFT adalah aset yang berkembang dari keluarga cryptocurrency, namun ternyata tujuan, bentuk dan cara penggunaannya sangat berbeda dari aset kripto lainnya yang sama-sama menggunakan teknologi blockchain.

Asek kripto seperti Bitcoin atau uang fisik sekalipun memiliki nilai tukar yang sama dan bisa diperjualbelikan. Mudahnya, uang sebesar Rp 100 ribu akan selalu bernilai tukar sama sebesar Rp 100 ribu walaupun ditukar dengan mata uang Rp 50 ribu.

Sama halnya dengan kripto yang memiliki nilai tukar sama. 1 Bitcoin bernilai 1 Bitcoin. Dengan nilai tukar yang sama ini lah yang menjadikan aset kripto menjadi alat transaksi di blockchain yang terpercaya. Dari sini saja sudah jelas terlihat perbedaan kripto dengan NFT.

NFT memiliki sifat kepemilikan yang mutlak. Di mana siapapun yang memiliki aset tersebut, memiliki hak penuh. NFT nggak bisa dibagi menjadi denominasi yang lebih kecil lagi seperti aset kripto lainnya. NFT memiliki data unik yang bekerja layaknya sidik jari yang berguna untuk mempermudah proses verifikasi kepemilikannya.

 

Biar kesehatan dan kesegaran kulit tetap terjaga saat berkarya, sebaiknya gunakan GATSBY REFRESHING BODY WASH, seri sabun mandi pria dengan cooling agent yang bisa memberikan rasa segar dan tentunya membersihkan tubuh secara menyeluruh, Sob. Ada empat varian yang bisa bebas dipilih, yaitu Refreshing Body Wash Original, Refresh Burst, Brave White, dan juga All in One. Keempat varian tersebut tentu bisa bebas lo pilih sesuai dengan karakter dan kebutuhan tubuh!