helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Mengenal Model Rambut Spike: 6 Pilihan Gaya & Tips Menatanya

by
GATSBYCODE
02.05.2024
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

Belakangan tatanan rambut dengan poni emang lagi menjadi pusat perhatian. Namun, tentu saja gak semua orang merasa cocok atau nyaman dengan tampilan poni dan mungkin lo salah satunya. Sebagai alternatif, model rambut Spike bisa menjadi opsi yang tepat buat lo. 

Apa Itu Gaya Rambut Spike?

Tatanan spike adalah gaya di mana sisi rambut bagian crown dan top di-styling dengan bentuk menjulang ke atas. 

Bukan gaya baru, tatanan rambut ini pernah jaya di awal tahun 2000-an. Banyak artis ternama seperti Ryan Cabrera, Brad Pitt, bahkan Leonardo DiCaprio yang tercatat memilih tatanan rambut jigrak ini. 

Nah, berbeda dengan tampilan jadulnya, sekarang model rambut pria ini telah mengalami reinkarnasi dengan sentuhan yang lebih futuristik. Penambahan teknik undercut, fade, dan taper membuat style-nya lebih menarik dan juga keren. 

Spike vs Morrissey

Spike VS Morrissey

Sumber: Canva //  Pria dengan gaya rambut Spike dan Morrissey. 

Walaupun sama-sama ditata menjulang ke atas, Spike dan Morrissey adalah dua gaya rambut berbeda. Perbedaan utama terletak pada panjang rambutnya. 

Morrissey memiliki rambut yang lebih panjang dibandingkan Spike. Perbedaan panjang ini menghasilkan perbedaan hasil ketika lo tata. 

Rambut Morrissey yang lebih panjang akan mudah jatuh ke depan atau ke belakang saat ditata ke atas, sehingga membentuk tampilan seperti pompadour. Sementara pangkasan spike yang lebih pendek akan berdiri tegak layaknya duri.  

Rambut Spike Cocok untuk Siapa?

Punya kemampuan membuat ilusi memanjang muka, style ini lebih pas buat tipe muka berbentuk persegi, bulat dan diamond.[1] Penataannya pada muka panjang seperti oblong atau oval justru bisa ngebuat wajah penggunaannya tampak panjang dan gak seimbang. 

Mengingat pesona tatanan ini ada pada rambut yang berdiri, style ini lebih ideal untuk lo yang punya rambut lurus yang tebal dan sedikit kaku.

Inspirasi Gaya Rambut Spike

Kembali menjadi pilihan tatanan rambut yang populer, ini sejumlah inspirasi gaya yang lebih modern dan kekinian:

1. Spike Pendek

Spike Pendek

Sumber: Pinterest/@Entertainment zone // Zac Efron dengan gaya rambut Spike Pendek. 

Potongan rambut spike pendek menawarkan pangkasan rapi dan easy maintenance. Gak perlu banyak produk dan alat styling, gaya ini bisa lo bentuk dengan sedikit wax dan menyisir rambut dengan tangan ke arah atas.

Untuk kesan yang santai namun rapi, lo bisa tata bagian front rambut sedikit messy seperti look yang ditunjukkan oleh Zac Efron. 

Baca Juga : Inspirasi Gaya Rambut Pendek

2. Spike Panjang

Spike Panjang

Sumber: Pinterest/@RealGM // Zayn Malik dengan gaya rambut Spike Panjang. 

Seperti yang mungkin udah bisa lo tebak dari namanya, model rambut spike panjang ini punya rambut bagian front dan top yang lebih panjang.  Ketika lo mengatur rambut lo ke atas, efek visual dari rambut panjang naik akan sangat terlihat dan ilusi optik wajah yang lebih panjang bakal lebih ketara. 

Sebagai contoh lo bisa lihat wajah Zayn Malik di atas yang sebetulnya kecil terlihat lebih panjang dengan gaya ini. 

3. Gaya Rambut Spike Undercut

Spike Undercut 

Sumber: Pinterest/@Alejandro Robles //  Lionel Messi dengan gaya rambut Spike Undercut. 

Penambahan teknik trim undercut untuk bagian side rambut bisa memberikan penampakan spike yang lebih modis dan gaul. 

Gak hanya itu, model rambut undercut ala Lionel Messi ini juga kasih kesan yang lebih rapi dan bersih, dengan cukuran bagian bawah yang hampir plontos. 

4. Spike with Line

Spike With Line

Sumber: Pinterest/@TheFashionMagazineMilan // Jay Park dengan gaya rambut Spike with Line. 

Agar tampilan rambut lo gak ngebosenin, selain ganti warna rambut, lo juga bisa menambahkan jalur kutu di bagian side rambut. Tampilan ala Jay Park ini bakal mentransformasi penampilan lo jadi lebih garang dan gaul abis. 

5. Spike with Fade

Spike With Fade

Sumber: Pinterest/@Olivia // Barry Keoghan dengan gaya rambut Spike with Fade. 

Pas untuk kalangan remaja hingga dewasa muda, tatanan rambut ala Barry Keoghan dengan sentuhan Fade di bagian sampingnya menampilkan kesan stylish yang elegan tanpa terlalu mencolok.

 

Model rambut pria pendek rapi ini bisa lo pake untuk acara kumpul-kumpul santai hingga acara yang sifatnya lebih formal. 

6. Spike Pompadour

Spike Pompadour

Sumber: Pinterest/@Nicholas Cesario // Justin Bieber dengan gaya rambut Spike Pompadour. 

Tatanan ini merupakan perpaduan antara pompadour dan spike yang memberikan tampilan jigrak yang gak terlalu tajam ke atas. Seperti yang bisa lo liat dari gaya Justin Bieber di atas, rambut jigrak dibuat agak sedikit masuk ke dalam membentuk jambul. 

Tips Menata Rambut Spike

Untuk menghasilkan tatanan rambut Spike yang keren dan tahan lama, ini beberapa hal yang bisa lo lakukan: 

1. Menggunakan Hair Dryer

Setelah keramas, lo bisa menyisir rambut lo ke arah atas sambil melakukan blow drying dengan hair dryer. Hawa panas dari hair dryer bakal bantu lo ngebuat rambut lebih lurus ke atas. 

2. Memakai Styling Wax

Untuk memastikan tatanan rambut lo tetap keren dan berdiri tegak sepanjang hari, tambahkan GATSBY Styling Wax. Tersedia dalam empat variasi, lo bisa pilih aja sama kebutuhan lo: 

  • Power and Spikes: Membuat rambut kuat berdiri dengan kuat dan tajam dengan tampilan natural. 

  • Hard and Free: Membuat rambut lebih bertekstur dengan hasil natural.

  • Mat and Hard: Membentuk rambut lebih bervolume dengan tampilan matte. 

  • Extreme and Volume: Mengangkat rambut dengan style mengumpul secara maksimal dengan hasil natural. 

Lupakan kekhawatiran soal model rambut spike lo rusak! GATSBY Styling Wax hadir dengan formula tahan lama yang bisa jaga gaya spike lo tetap sempurna seharian. Yuk, cobain sekarang dan rasakan sendiri keajaibannya!