helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Model Rambut Ikal Pria Terkeren yang Wajib Lo Coba!

12.07.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Model rambut ikal pria itu seperti pedang bermata dua, antara kelihatan keren atau kelihatan berantakan banget. Jangan sampai model rambut ikal pria milik lo jatuh ke kategori kedua, takutnya malah bikin orang ilfeel, Sob. Pemilik rambut ikal itu nggak boleh minder, karena rambut ikal itu unik dan kalau ditata dengan baik, bisa membuat tampilan lo benar-benar keren.


Ada banyak banget model rambut ikal pria yang bisa lo coba, tetapi lo nggak perlu bingung memilih.
Berikut ini ada 17 model rambut ikal pria yang unik, keren, dan mudah untuk lo tata di rumah.


Curly Pompadour

Siapa bilang gaya rambut pompadour itu hanya cocok untuk rambut lurus? Ada modifikasi pompadour yang jadi model rambut ikal pria andalan lo, nih. Curly pompadour ini akan bikin penampilan lo jadi lebih macho dan ganteng, berwibawa tetapi tetap kelihatan santai. Sebagai inspirasi, selebriti seperti Bruno Mars dan James Franco suka banget memakai model rambut ikal pria yang satu ini.

Ciri khas dari curly pompadour adalah volume yang mengembang di bagian atas dan juga sisi samping rambut. Untuk bisa mendapatkan model rambut ikal pria ini, pertama-tama lo harus punya produk styling rambut yang bisa memberikan efek volume pada rambut ikal lo dengan tahan lama sekaligus melembapkan rambut ikal lo.

Salah satu produk terbaik untuk model rambut ikal pria ini adalah Gatsby Styling Pomade Supreme Hold dengan formula yang tidak lengket, memberikan efek mengkilap yang natural, dan gampang dibilas. Langkah kedua, ambil pomade dan ratakan ke seluruh rambut lo. Menggunakan jari-jari lo, sisirkan rambut ikal lo ke atas sampai membentuk volume model rambut ikal pria yang lo inginkan.

Curly Fringe

Lo mau tampil keren seperti Henry Cavill dengan poni ikal yang sleek banget? Tenang saja, Sob, lo nggak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk bisa menata model rambut ikal pria yang satu ini. Apalagi kalau lo sudah punya rambut ikal natural, nih. Curly fringe benar-benar model rambut ikal pria yang mudah untuk ditiru, Sob.

Sebagai rekomendasi untuk model rambut ikal pria ini, sebaiknya tipiskan bagian samping dan belakang rambut supaya terlihat lebih rapi. Selanjutnya, ambil produk styling rambut favorit lo untuk menata rambut ke belakang. Jangan ditekan, biarkan saja rambut ikal lo membuat volume yang alami. Terakhir, ambil sejumlah rambut ikal lo dan biarkan menjuntai ke bawah.

Messy Comb Over

Messy comb over jadi pilihan model rambut ikal pria buat lo yang nggak mau ribet beraktivitas. Pernah nggak lo merasa gerah karena rambut ikal lo menutupi bagian dahi bahkan mata lo? Nah, messy comb over jadi cara untuk menata rambut ikal lo dengan lebih rapi dan memudahkan lo untuk beraktivitas.

Poin plus dari model rambut ikal pria ini adalah lo juga tetap bisa tampil penuh gaya untuk berbagai acara, entah itu saat bekerja atau saat lagi hangout santai. Beberapa artis dunia yang terkenal akan gaya messy comb over mereka adalah Harry Styles dan Robert Pattinson.

Kalau lo mau meniru model rambut ikal pria ini, lo hanya perlu sisir dan pomade pamungkas, yaitu Gatsby Regroom Pomade Prime Grease. Aplikasikan pomade ke seluruh rambut lo, lalu sisirkan rambut ke belakang sepenuhnya.

Nggak masalah kalau ada beberapa rambut ikal yang “keluar jalur” karena akan membentuk model rambut ikal pria yang messy dan keren banget. Rambut ikal lo secara otomatis membuat volume alami di puncak kepala, sehingga lo juga nggak kelihatan lepek, Sob.

Curly Fade

Banyak yang bilang kalo gaya fade itu nggak cocok untuk rambut ikal karena kelihatan seperti kain pel atau sapu. Padahal, ini anggapan yang 100% salah, Sob. Model rambut ikal pria ini menggabungkan tekstur rambut ikal dengan gaya rambut fade yang rapi. Nggak usah takut penampilan lo akan diejek karena curly fade ini terbukti keren, kok.

Lihat saja artis seperti Drake yang punya curly fade versi pendek, Jimmy Butler dengan mid fade dan rambut keritingnya yang medium, dan Neymar Jr. yang tampil ganteng di lapangan dengan high curly fade. Untuk bisa mendapatkan model rambut ikal pria ini, lo harus komunikasikan dengan barber lo, ya.

Pasti barber lo akan bertanya, “Mau low, mid, atau high fade?” Jawabannya tergantung pada selera dan bentuk wajah lo. Model rambut ikal pria high fade lebih cocok untuk pria dengan bentuk wajah diamond atau segitiga, sementara model rambut ikal pria low fade pas untuk bentuk wajah yang lebih bulat. Kalau lo mau cari aman, lo bisa pilih mid fade atau minta barber lo untuk membuat taper fade yang lebih subtle.

Faux Hawk With Curls

Selain curly fade, model rambut ikal pria yang bold dan dipandang sebelah mata adalah faux hawk with curls. Kalau lo ingin tampil beda dengan rambut ikal lo, tetapi lo juga nggak mau perawatan yang ribet, maka model rambut ikal pria ini bisa banget lo coba. Apalagi di musim panas ini, Sob.

Tenang saja, faux hawk with curls ini pasti bisa buat lo kelihatan keren banget seperti Neymar Jr. dan Zayn Malik yang suka menata rambut ikalnya dengan model ini. Bicarakan dengan barber lo untuk membuat model rambut ikal pria ala faux hawk. Lo bisa variasikan, mau model rambut ikal pria faux hawk yang lebih berani atau model rambut ikal pria faux hawk yang lebih subtle dengan memangkas bagian belakang rambut.

Textured Caesar Cut

Lo punya rambut ikal dan ingin tahu cara menatanya yang anti ribet? Textured caesar cut jadi model rambut ikal pria pilihan buat lo yang lagi mencari potongan rambut yang pendek. Caesar cut ini menyisakan 1-2 cm dari rambut lo di mana bagian depan rambut dibiarkan sedikit lebih panjang. Sekitar 2 cm rambut bagian depan menutupi dahi lo.

Model rambut ikal pria ini cocok untuk segala umur, buktinya George Clooney, Nick Jonas, dan Justin Timberlake kelihatan ganteng ketika menata rambutnya menjadi textured caesar cut. Keunikan dari model rambut ikal pria ini adalah tentu saja rambut ikal lo sendiri! Dijamin lo nggak perlu lagi capek sisir rambut di pagi hari, Sob.

Tousled Top

Model rambut ikal pria ini akan membuat lo terlihat lebih muda dari umur asli lo, Sob. Tousled top dengan sisi samping yang lebih pendek jadi gaya andalan banyak orang, termasuk Shawn Mendes dan Troye Sivan. Cukup minta barber lo untuk merapikan sisi samping dan belakang rambut supaya benar-benar tipis.

Lalu, bagian atas dan bagian depan dibiarkan panjang dan mengumpul membentuk volume yang luar biasa. Kelebihan dari model rambut ikal pria ini adalah gayanya yang terlihat keren padahal lo nggak harus menatanya setiap hari, Sob. Pastikan saja kalau rambut ikal lo ini cukup terawat dan nggak kusut, ya.

Curly Crop Cut

Kalau lo mau versi model rambut ikal pria yang pendek tanpa menghilangkan tekstur ikal alami, lo bisa mencoba curly crop cut ini. Sebetulnya model rambut ikal pria ini agak mirip dengan caesar cut, tetapi perbedaannya ada pada panjang rambut.

Curly crop cut nggak sependek caesar cut, di mana bagian atas dan depan dibiarkan lebih panjang sementara bagian bawah rambut membentuk garis yang sangat rapi. Jadi seperti half messy, half sleek gitu, Sob. Zayn Malik juga pernah memamerkan rambut ikalnya dengan model rambut ini, lho. Nggak banyak yang bisa lo lakukan dengan potongan rambut ini, cukup lakukan perawatan rambut seperti biasa saja.

Bowled Round Top

Biasa dikenal dengan sebutan afro, bowled round top ini adalah model rambut ikal pria yang paling klasik. Buat yang punya rambut lurus, potongan bowled round top malah terlihat membosankan dan aneh. Namun buat yang punya rambut ikal, bowled round top justru jadi cara keren untuk menampilkan rambut ikal lo secara alami.

Model rambut ikal pria ini nggak pernah ketinggalan zaman, deh. Mulai sejak Michael Jackson di era 70-an, Tom Hanks di tahun 80-an, Justin Timberlake yang populer di tahun 90-an, sampai Donald Glover yang ngehits banget dengan model rambut ikal pria ini sekarang. Kuncinya adalah lo mau rajin datang ke barber supaya tatanan rambut ikal lo tetap in shape dan nggak berantakan, Sob.

Blonde Streak Curls

Sob, lo masih ingat nggak dengan tren froste tips alias warna rambut pirang di bagian ujung rambut yang sempat populer di tahun 90-an? Nah, tren ini ternyata balik lagi, lho! Para selebriti seperti Zayn Malik, Richard Madden, Zac Efron, sampai Jason Momoa juga kembali mengecat rambut mereka dengan blonde streak. Hasilnya, sudah pasti keren banget dan nggak kelihatan norak, kok.

Model rambut ikal pria juga bisa dimodifikasi dengan blonde streak ini. Lo bisa memilih antara highlight rambut atau hanya mengecat warna pirang di satu bagian rambut saja. Model rambut ikal pria dengan blonde streak ini bisa lo dapatkan juga tanpa harus ke salon. Caranya, pakai saja Gatsby Styling Color Pomade yang tersedia dalam varian Gold Rise dan Silver Rush.

Formula pomade dan warnanya nggak gampang luntur, tetapi mudah dicuci dengan keramas biasa saja. Lo bisa mendapatkan model rambut ikal pria blonde streak ini dalam sekali usapan saja, sekaligus menata rambut ikal lo biar rapi seharian penuh.

Korean Curly Middle Part

Kalau lo mau tampil ganteng setiap saat seperti para aktor K-Drama atau idol K-Pop, lo nggak harus punya rambut lurus, Sob. Model rambut ikal pria di Korea lagi ngetren banget, bahkan para pria yang nggak punya rambut lurus alami pun memutuskan untuk perm rambut.

Salah satu model rambut ikal pria ala Korea yang bisa lo coba adalah Korean curly middle part yang dipakai oleh Jungkook BTS, Lee Dong Wook, dan Park Bo Gum. Variasi model rambut ikal pria ini ada banyak, lo bisa biarkan bagian belakang dan samping yang pendek, bagian belah tengah yang membentuk poni tirai, atau membiarkan rambut ikal lo sedikit lebih panjang.

Side Swept Curls

Buat lo yang suka dengan street style yang super keren, lo bisa mencoba model rambut ikal pria yang satu ini. Side swept curls adalah model rambut ikal pria yang panjang di bagian depan, tepatnya bagian poni, sementara bagian samping dan belakang dibiarkan pendek. Musisi seperti Matt Healy sang vokalis band The 1975 begitu terkenal dengan rambut side swept curls miliknya.

Apalagi kalau lo punya janggut, kombinasi side swept curls sebagai model rambut ikal pria akan membuat lo semakin kelihatan macho. Untuk bisa mendapatkan model rambut ikal pria ini, lo bisa memakai Gatsby Styling Pomade Urban Dry yang finish-nya matte. Usapkan ke seluruh rambut lalu sisirkan rambut lo sampai bagian depannya menjuntai ke sisi kiri atau kanan.

Thin Curls

Bagaimana kalau rambut ikal yang lo miliki ini tipis dan susah banget diatur? Sob, lo nggak perlu bingung lagi karena kabar baiknya ada model rambut ikal pria yang bisa mengatasi masalah lo ini, yaitu thin curls.

Lo bisa melihat rambut ikal Matthew Mcconaughey dan Tom Hiddleston yang selalu ditata ke belakang. Meski begitu, tekstur ikal tetap terlihat dan menyempurnakan look tersebut. Lo juga bisa memotong pendek ikal tipis lo dengan gaya short crop atau taper faded kalau lo nggak mau ribet.

Curly Mop

Curly mop adalah model rambut ikal pria versi lebih pendek dari bowled round top. Kalau lo merasa nggak terlalu pede untuk langsung memanjangkan rambut ikal lo, silahkan coba saja curly mop. Gayanya yang terkesan simple tetapi benar-benar unik ini juga sangat disukai oleh para wanita, Sob.

Contohnya saja seperti model rambut ikal pria yang dimiliki oleh Adrian Grenier dan Darren Criss. Nggak perlu waktu banyak untuk merawat model rambut ikal pria ini, minta saja barber lo untuk memangkas sedikit rambut supaya terlihat lebih rapi.

Medium Length Curls

Nah, kalau lo berniat untuk memanjangkan rambut ikal lo, coba mulai dulu dengan medium length curls. Ciri khas dari model rambut ikal pria ini adalah bagian belakang yang dibuat lebih pendek. Sisanya, rambut ikal dibiarkan menutup telinga dan sependek rambut bob.

Gaya rambut ini nggak begitu gondrong, tetapi tetap terlihat unik, dong. Lo bisa mencontoh model rambut ikal pria ini dari Orlando Bloom, James Marsden, dan Dev Patel. Gunakan jari lo untuk mengatur tekstur supaya terlihat lebih keren, Sob.

Shoulder Length Curls

https://gatsby.co.id/media/article/model_rambut_ikal_pria_shoulder_length_curls.jpg

Mau model rambut ikal pria yang lebih panjang lagi? Shoulder length curls bisa jadi pilihan lo. Supaya rambut ikal lo panjang lebih cepat, lo bisa menggunakan Gatsby Treatment Hair Cream dengan ekstrak Swertia Japonica yang merangsang pertumbuhan rambut dan pearl protein yang melembapkan rambut ikal lo.

Beberapa selebriti yang bisa lo jadikan hairspiration untuk model rambut ikal pria ini adalah Kit Harington, Avan Jogia dan Keanu Reeves. Lo bisa pilih untuk membuat rambut ikal panjang lo ini dibelah ke tengah atau ke samping, Sob.

Curly Man Bun

Punya rambut ikal yang panjang dan lagi ngerasa gerah? Bagaimana kalau lo pakai model rambut ikal pria berupa curly man bun? Tekstur ikal yang lo miliki bisa membuat gaya man bun malah jadi lebih keren, Sob. Hebatnya lagi, model rambut ikal pria ini cocok dipakai di berbagai acara, baik itu formal maupun non-formal.

Lihat saja deh curly man bun milik Chicco Jerikho dan Jason Momoa. Cukup kumpulkan semua rambut lo ke belakang, bentuk jadi ponytail, lalu lilit melingkar membentuk bun dan amankan dengan ikat rambut.

Cara Merawat Model Rambut Ikal Pria

Setelah kita lihat beragam macam model rambut ikal pria di atas, sekarang waktunya buat lo untuk belajar bagaimana cara merawat rambut ikal alami. Bedanya rambut ikal dengan rambut lurus adalah tekstur rambut ikal yang lebih kasar dan kering. Jadi, butuh perhatian lebih serta rekomendasi model rambut ikal pria yang berbeda juga. Yuk, simak cara-caranya merawat model rambut ikal pria berikut ini.

Keramas 3 Hari Sekali

Sebetulnya memang nggak dianjurkan untuk mencuci model rambut ikal pria mana pun setiap hari. Ini karena formula dari shampo bisa membuat rambut ikal lo jadi lebih kering dari aslinya. Alhasil, lama-lama tekstur ikal akan berubah acak-acakan. Sementara kalau lo nggak keramas selama lebih dari 3 hari, kemungkinan kulit kepala lo akan gatal dan muncul ketombe.

Karena itulah model rambut ikal pria dianjurkan untuk dicuci setiap 3 hari sekali. Komposisi minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala lo akan membantu rambut ikal lo lebih lembap selang beberapa hari lo keramas.

Intinya, jangan keramas sering-sering, minimal 2x seminggu, ya. Lo juga bisa semprotkan dry shampoo ke model rambut ikal pria lo supaya rambut lo nggak gatal dan tetap wangi tanpa harus keramas.

Jaga Kelembapan Rambut Ikal

Tadi sudah dijelaskan kalau model rambut ikal pria itu lebih gampang kering. Pada dasarnya, rambut ikal itu lebih tebal dan kasar, sehingga agak sulit untuk menyerap dan menyimpan air ke dalam rambut. Kalau lo nggak merawat rambut ikal lo setiap saat, jangan heran kalau nanti rambut lo gampang kusut dan kelihatan seperti sarang burung, Sob. Pastinya lo nggak mau begitu, kan?

Nah, tenang saja karena lo nggak perlu sampai menghabiskan uang ratusan ribu rupiah per bulan untuk beli produk perawatan rambut ikal. Gunakan saja Gatsby Hair Treatment Cream yang terdiri dari 3 varian untuk lo pilih. Caranya, oleskan saja krim rambut ini ke seluruh bagian model rambut ikal pria milik lo. Ambil lagi krim tersebut untuk membentuk ikal rambut supaya terlihat lebih sehat.

Pakai Sisir Bergigi Jarang

Keharusan untuk menyisir bisa jadi seperti kutukan bagi para pemilik model rambut ikal pria. Nggak seperti rambut lurus yang gampang disisir, rambut ikal itu susah banget buat disisir rapi. Malah bikin kepala sakit dan rambut jadi rontok. Tetapi, lo tetap harus sisir rambut, apalagi sehabis keramas.

Kuncinya adalah memakai sisir bergigi jarang untuk menyisir model rambut ikal pria milik lo. Sisir bergigi jarang ini bisa lo beli di mana saja, bahkan sudah banyak apotek atau toko swalayan yang menjual sisir tipe ini. Dengan sisir ini, risiko rambut kusut dan rontok bisa teratasi dengan mudah.

Pilih Produk Rambut Styling yang Tepat

Apa sih produk styling rambut yang paling tepat untuk model rambut ikal pria? Jawabannya tergantung pada keinginan lo, Sob. Hal terpenting adalah lo selalu ingat untuk menghindari produk yang bikin rambut jadi keras dan terkesan berat, seperti gel dan wax.

Sementara produk pomade seperti Gatsby Styling Pomade dan Gatsby Regroom Pomade jadi pilihan yang nggak hanya bisa menata rambut lo dengan rapi seharian, tetapi juga menjaga rambut lo tetap lembap. Lalu, dua produk pomade ini juga nggak lengket dan gampang banget dibersihkan. Kalau lo mau gonta-ganti model rambut ikal pria setiap hari, lo cukup bilas rambut dengan air dan gunakan lagi pomade dari Gatsby, Sob.

Itu dia beberapa tips menata dan merawat model rambut ikal pria yang bisa membantu lo. Jangan lupa untuk menggunakan produk styling rambut dari Gatsby yang cocok banget digunakan oleh pemilik rambut ikal dan rambut lurus. Siap untuk pamer model rambut ikal pria favorit lo?