helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Mengulik 5 Jenis Parfum, Mana yang Paling Pas buat lo, Sob?

15.06.2022
WHAT'S NEW

ARTICLE

Tampil maksimal saat beraktivitas memang susah-susah-gampang, Sob. Sebab, ada beberapa hal yang wajib lo perhatikan, aroma tubuh salah satunya. Untuk itu, menggunakan parfum tentu jadi solusi terbaik buat mengatasi masalah yang satu ini. Tapi tahu nggak sih, ternyata parfum nggak cuma satu jenis saja, lho. Seenggaknya ada 5 jenis parfum yang bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan selera pribadi lo nih, Sob.

Yup, jenis-jenis parfum ini dibedakan dalam beberapa kategori. Biasanya perbedaan yang mendasar ini terletak pada kadar kandungan dan konsentrasi ekstrak di dalamnya, serta daya tahan wanginya. Sebagai referensi, yuk simak lengkap 5 jenis parfum yang paling cocok buat Sobi berikut ini!

Parfum

Yang pertama ada parfum yang juga dikenal sebagai extrait de parfum atau parfum murni dengan konsentrasi wewangian tertinggi nih, Sob. Parfum bisa mengandung aroma mulai dari 15 persen hingga 40 persen tapi konsentrasi umumnya antara 20 persen hingga 30 persen untuk sebagian besar parfum.

Dari semua jenis wewangian tubuh, parfum bisa dibilang punya daya tahan yang paling lama. Harga parfum juga cenderung lebih mahal karena punya kadar alkohol jauh lebih sedikit daripada jenis wewangian lain. Pemakaian parfum biasanya hanya dioleskan pada titik-titik tertentu dan nggak digunakan di seluruh tubuh, Sob!

Eau de Parfum

Jenis parfum lainnya adalah Eau de Parfum atau EDP yang merupakan parfum dengan wangi terbilang kuat. EDP juga mengandung antara 10-20 persen minyak parfum dan merupakan pilihanpaling populer sebagai wewangian.

EDP umumnya akan bertahan sekitar delapan jam. Jenis parfum ini termasuk wewangian yang paling umum dan cocok untuk dipakai sehari-hari.

Eau Fraiche

Jenis parfum yang selanjutnya yaitu ada Eau Fraiche yang merupakan jenis parfum yang paling ringan. Bisa dibilang sebagian besar produk Eau Fraiche mengandung antara 1 persen hingga 3 persen minyak esensial. Konsentrasi yang sangat kecil ini membuat parfum ini biasanya sangat ringan dan menghilang dalam satu atau dua jam setelah disemprotkan.

Meski memiliki konsentrasi wewangian yang rendah, Eau Fraiche nggak mengandung alkohol dalam jumlah tinggi tapi lebih banyak mengandung air. Jadi, pilih ini pasti bakal cocok banget buat lo yang nggak terlalu suka memakai jenis parfum yang mengandung banyak alkohol, Sob!

Eau de Cologne

Jenis parfum berikutnya adalah Eau de Cologne atau EDC, memiliki konsentrasi wewangian yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Eau Fraiche. Eau de Cologne biasanya konsentrasi aroma 2 persen sampai 4 persen dan konsentrasi alkohol yang tinggi.

Eau de Cologne atau yang umum disebut cologne, merupakan pilihan wewangian yang lebih murah dengan ketahanan sekitar 2-3 jam. Karena perlu banyak digunakan ke tubuh, umumnya EDC hadir dalam botol yang jauh lebih besar juga, Sob.

Eau de Toilette

Selain Eau de Parfum, jenis parfum lainnya adalah Eau de Toilette (EDT) yang terkenal mengandung sekitar 5-15 persen minyak parfum. Umumnya, parfum ini akan bertahan di tubuh antara empat sampai tujuh jam lamanya, Sob.

Istilah eau de toilette berasal dari istilah Perancis "faire sa toilette" yang berarti bersiap-siap. Parfum ini cenderung lebih berat daripada Cologne dan Eau Fraiche. Sehingga lo hanya perlu menggunakannya dalam jumlah kecil saja, lho!

Untuk jenis parfum yang satu ini, Sobi bisa banget coba pilih seri GATSBY GATSBY WHITE UP EAU DE TOILETTE dengan lima varian yang bisa lo pilih sesuai selera, karakter dan kepribadian diri. Salah satunya ada White Up Sky Reflection dengan wewangian harmonis dan bikin lo tampak bersih dan rileks tanpa perlu berlebihan. Jadi, lo bisa menjalani aktivitas dengan tampil maksimal dan percaya diri tentunya, Sob!