helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Mau Jadi Podcaster Begini Cara Membuat Podcast di Spotify

27.07.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Photo credit: Pxfuel

 

Zaman sekarang, podcast jadi salah satu pilihan hiburan bahkan edukasi yang dinikmati banyak orang. Cara membuat podcast di Spotify nggak begitu sulit, Sob! Bahkan lo sendiri bisa mencoba ini dengan mengikuti beberapa cara yang akan diulas di bawah ini. Selama lo sudah punya ide atau gagasan besar tentang podcast yang bakal lo buat, lo bisa memulai tahap-tahap berikut.

 

Tentukan topik dan buat naskah

Cara membuat podcast di Spotify yang pertama adalah dengan menentukan topik. Mulailah dengan membuat topik-topik garis besar. Nggak harus topik-topik yang berat. Sebaiknya, lo mengambil topik yang dekat banget dengan keseharian lo sendiri. Bisa soal hal-hal yang lo kuasai secara profesional, soal hobi lo sendiri, atau topik yang memang sudah lo minati dan ikuti sejak lama.

 

Dengan memilih topik ini, nantinya saat lo mau menggarap episode pertama dan episode-episode berikutnya, lo sudah tahu bagaimana menurunkan topik yang luas jadi topik-topik yang lebih kecil. Misalnya, topik besar yang lo ambil adalah musik. Lo bisa bahas topik-topik lebih spesifik tentang genre musik di setiap episode. Ini juga bakal bikin lo lebih gampang waktu menggarap naskah.

 

Lo bisa buat naskah berupa pointer, seperti detail ringkas soal apa yang bakal lo omongin atau daftar pertanyaan. Tujuannya biar lo juga masih punya ruang buat improvisasi dan membuat podcast terdengar lebih natural.

 

Langsung rekam podcast

Topik sudah beres, naskah-naskah episode sudah siap, saatnya lo mulai rekaman. Untuk rekaman podcast ini, lo bakal butuh beberapa alat. Pastinya alat rekam untuk memastikan suara yang dihasilkan berkualitas dan enak untuk didengar. Paling nggak, lo punya laptop, mikrofon, dan headphone dulu sebagai awalan. Kalau lo punya budget lebih, lo bisa menambah alat lainnya seperti pop filter, XLR portable, atau Digital Audio Workstation.

 

Edit lagi file audio

Begitu selesai melakukan rekaman, sebaiknya file audio rekaman itu lo edit lagi. Tambahkan bumper in dan bumper out di sana. Lo bisa memakai musik dengan common creative license yang sekarang sudah banyak di internet. Pilih jenis musik yang lo rasa paling cocok dengan tema besar podcast lo sendiri.

Selain menambahkan bumper, lo juga perlu edit noise rekaman suara agar suara semakin terdengar jernih. Jangan ragu juga untuk memotong beberapa bagian yang lo rasa nggak penting. Dengarkan sekali lagi sampai lo yakin kalau episode tersebut sudah benar-benar siap.

 

Buat nama dan foto cover

Cara membuat podcast di Spotify yang nggak boleh kelewatan adalah membuat nama dan foto cover. Buatlah nama yang unik, khas, dan relevan dengan topik yang lo pilih. Pastikan juga nama yang lo pilih nggak lebih dari 20 karakter. Nama yang pendek dan ringkas akan mempermudah pendengar untuk mengingat podcast lo.

 

Berikutnya siapkan juga foto cover. Bisa berupa logo, tipografi, digital art, dan seterusnya. Foto cover juga akan memudahkan pendengar membedakan podcast lo, semisal lo ternyata memakai nama yang sama atau mirip dengan podcast lain. Pastikan lo memakai gambar yang punya copyright jelas.

 

Pilih host website

Lo memerlukan host website untuk menggarap podcast. Host website inilah yang bakal menyalurkan podcast lo untuk bisa didengarkan di Spotify. Ada banyak host website untuk podcast sekarang. Lo bisa memilih sendiri yang paling sesuai dengan keperluan lo.

Beberapa host website yang digunakan podcasters ada Podbean, Anchor, Podcast RSS, dan masih banyak lagi. Pada host website inilah lo bisa membuat identitas podcast, mengunggah episode, lalu menyalurkan ke streaming channel seperti Spotify.

 

Upload ke Spotify

Tergantung memakai host website seperti apa, cara mengunggahnya juga akan berbeda. Namun di sini, lo bakal diberitahu cara mengunggah lewat RSS feed.

 

  • - Login ke laman podcaster Spotify dengan akun lo.
  • - Di halaman Submit Your Podcast, klik Get Started.
  • - Pastikan lo membaca Terms and Condition sebelum memilih Continue.
  • - Lalu, masukkan link RSS feed (episode yang mau diunggah).
  • - Tambahkan judul dan cover podcast, lalu klik Next.
  • - Sesuaikan keterangan lainnya di Add Info; kategori, nama negara, bahasa, dan seterusnya.
  • - Periksa kembali semua data yang lo masukkan, lalu pilih Submit.

 

Itu dia cara membuat podcast di Spotify. Garap karya lo sekarang juga dan supaya kreativitas lo tetap mengalir, jangan lupa pakai Gatsby White Up Blanc Wood . Parfum premium dengan aroma netral dan simpel bikin aktivitas lo jadi nggak terganggu dengan bau badan. Lo pun bisa lebih percaya diri dalam berkarya!