helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Manfaat Melukis untuk Kesehatan Mental

by
GATSBYCODE
20.01.2022
YOUR PASSION

ARTICLE

“Melukis adalah sebuah bagian kecil yang tidak terbatas dari kepribadianku”, begitulah Salvador Dali seniman legendaris asal Spanyol dalam mengungkapkan peran melukis bagi hidupnya. 

Memang tak bisa dipungkiri bahwa melukis bukan hanya aktifitas biasa, melainkan sebuah ekspresi yang pasti berhubungan dengan kondisi mental dan hidup seseorang. Beragam studi menyebutkan ada banyak manfaat melukis, dan salah satunya adalah manfaat untuk kesehatan mental. Simak artikel ini sampai habis ya, Sob!

 

Melukis Bisa Menstabilkan Emosi

Sebuah studi menyatakan bahwa melukis dapat menjadi akses menuju alam bawah sadar kita. Melukis juga dapat membantu kita mengatasi perasaan resah, menghilangkan penderitaan sementara, hingga menyembunyikan perasaan dibalik goresan kuas. 

Amat banyak psikolog yang menganjurkan terapi seni lukis untuk pasien yang menderita trauma psikologis: katanya melukis dapat membantu melepaskan emosi negatif dengan cara yang aman dan tidak berbahaya.

Dengan belajar mengekspresikan diri dengan lebih baik melalui media seni, melukis bisa menjadi pilihan untuk kebaikan mental dan emosional lo, Sob!

Baca Juga : Teknik Melukis Praktis untuk Self Healing

 

Melukis Bisa Menghilangkan Stress

Seorang yang sedang melukis seolah-olah sedang memasuki dunia mereka sendiri, Sob! Mereka akan fokus dengan apa yang ada di harapan mereka, yaitu keindahan warna-warna. Dan ini bikin mereka melupakan tekanan dan ketegangan hidup sehari-hari. 

Ketika seseorang sedang melukis, mereka akan fokus membuat suatu keindahan. Nggak kepikiran cicilan, nggak kepikiran politik kantor, dan nggak kepikiran masalah hidup. Mereka cuma fokus memilih “warna apa ya yang cocok untuk langitnya?”. Melukis bikin kita bisa melarikan diri dari perjuangan kita sehari-hari, dan itu bikin happy, Sob! 

 

Melukis Bisa Bikin Lebih Peka dan Bersyukur

Pernah ngebayangin gak, betapa indahnya pohon pinus, langit biru, tanah basah sehabis hujan atau sekadar rumput yang ketiup angin? Ketika kita lagi sibuk-sibuknya dengan urusan kantor atau masalah hidup, kita cenderung lupa dengan keindahan itu. Bener gak, Sob?

Saat lagi hectic, coba deh sisihkan waktu sebentar buat melukis. Ambil di waktu-waktu santai seperti weekend atau di malam hari. Ketika melukis, lo pasti mengaktifkan memori lo supaya kanvas terisi dengan gambar-gambar yang indah. Hasilnya, lo akan kembali ingat dengan keindahan-keindahan seperti langit dan pohon pinus tadi. Ujungnya lo akan bisa kembali peka dan bersyukur betapa indahnya dunia ini. 

Ternyata hidup bukan cuma angka-angka di atas kertas atau ngucapain selamat pagi kepada bos setiap hari, tapi tentang menikmati udara, menatap langit dan mengucap syukur kepada Tuhan yang telah menciptakan itu semua.

So, melukis secara langsung atau gak langsung bikin lo lebih peka dengan hidup dan memancing buat bersyukur, Sob!

 

Teman Melukis Supaya Segar

Supaya aktifitas melukis lo makin maksimal, lo butuh wewangian yang memancing inspirasi, Sob! Kita merekomendasikan GATSBY WHITE UP sebagai teman lo untuk melukis. Dengan pilihan aroma menenangkan seperti Hypnotic Soul dan Blanc Wood, wewangian ini bisa bikin lo serasa di alam luar dengan segala keindahannya.

Bayangin deh, lo duduk di ruangan sepi, dengan kanvas dan kuas di tangan yang sudah siap digoreskan. Ada teh tawar hangat di meja sebelah yang siap lo minum sambil menikmati sore. Ditambah, tubuh lo yang sudah wangi dengan aroma yang menginspirasi. Duh, nikmat banget kan untuk healing dan menjaga kesehatan mental kita?

Jadi, mau melukis apa hari ini, Sob?