helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Fisik dan Mental Anak Muda

by
GATSBYCODE
04.11.2021
YOUR PASSION

ARTICLE

Ternyata, hobi yang satu ini juga bisa mendatangkan sejumlah sisi positif, lho. Bahkan, manfaat berkebun diketahui ada yang bisa memberi manfaat buat kesehatan fisik dan mental anak muda nih, Sob. Tapi, seringkali rasa malas sampai alasan nggak ada waktu bakal jadi hambatan yang lumayan serius. Biar lebih semangat, mending simak dulu beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan fisik dan mental anak muda berikut ini!

 

Mengurangi Kemungkinan Penyakit Jantung

Manfaat berkebun buat kesehatan fisik dan mental anak muda yang pertama yaitu bagus buat mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Yup, penyakit yang satu ini memang bisa datang pada siapa saja Sob, baik tua maupun muda. Tapi, dengan berkebun risiko penyakit jantung juga otomatis menurun, lho.

Menurut penelitian dalam the British Journal of Sports Medicine, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen. Jadi, jangan malas dan mulailah untuk berkebun ya, Sob!

 

Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Saat berkebun tubuh pasti bakal banyak bergerak, sehingga kalori tubuh pun ikut terbakar. Kalau selama ini lo merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan, maka nggak ada salahnya untuk berkebun, Sob. Menurut penelitian American Journal of Public Health, berkebun ternyata bisa membantu menurunkan berat badan sebanyak 5-7 kilogram, lho.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Westminster University, Inggris, seseorang yang rutin mengurus tanaman di kebun maupun pot memiliki angka BMI (Body Mass Index) yang lebih rendah dibanding mereka yang nggak suka berkebun.

Baca Juga : 4 Jenis Hobi yang Bermanfaat Penting Biar Hidup Tetap Bahagia

 

Bagus untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berkebun memang membuat tangan kotor. Namun, bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begini, lo nggak akan mudah jatuh sakit dan dapat melawan infeksi dengan lebih mudah. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian dalam jurnal Science. Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen juga menemukan bahwa berkebun dapat mencegah terjadinya alergi.

 

Kaya Akan Vitamin D

Paparan vitamin D meningkatkan kadar kalsium, yang sangat bermanfaat bagi tulang dan sistem kekebalan tubuh. Mendapatkan sinar matahari yang cukup juga memperbaiki suasana hati. Jadi, kegiatan seperti berkebun adalah cara yang pasti untuk mendapatkan takaran vitamin D sambil melakukan hobi yang menyenangkan.

 

Bisa Meredakan Stres

Berkebun seperti olahraga yang bagus untuk menenangkan pikiran. Bekerja dengan tanaman dan berada di ruang hijau menghilangkan stres serta merangsang sensorik positif.

 

Menjaga Kesehatan Otak

Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun bermanfaat dalam melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

 

Bagus untuk Memperluas Relasi

Orang-orang yang terlibat dalam kegiatan berkebun merasakan hubungan yang lebih dalam dengan alam, Sob. Berkebun berarti membantu terhubung dengan semua hal yang harus dipelajari dari tanaman. Lo akan mengetahui nilai tanaman atau tanaman yang ditanam sendiri. Dengan demikian, aktivitas tersebut juga membantu memperkuat hubungan dengan orang lain yang memiliki hobi sama.

Biar percaya diri saat bertemu dengan orang-orang yang punya kesamaan hobi, lo bisa banget andalkan GATSBY DEODORANT ROLL ON, Sob. Dengan kandungan double antibacteria agents (triclosan & ipmp) yang mampu mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan, lo pasti bakal lebih percaya diri saat bertemu orang lain, deh!