helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Kulit Kusam? Kenali Penyebabnya!

by
GATSBYCODE
05.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

  • Penyebab Kulit Kusam

  • Gimana Cara Mencegah dan Mencerahkan Kulit Kusam?

  • GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer: Perawatan Kulit Cerah dan Sehat

 

Pernah bertanya kenapa waktu kecil dulu kulit lo serasa cerah, tapi sekarang malah jadi kusam? Kulit kusam itu masalah yang sering banget kita hadapi, apalagi tinggal di negara tropis kayak Indonesia. Selain bikin penampilan kurang menarik, kulit kusam juga bisa ngurangin rasa percaya diri lo, apalagi pas lagi mau kencan. Biar enggak gagal move on gara-gara muka kusam, mending simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Penyebab Kulit Kusam

Ada banyak faktor yang bisa bikin kulit lo kusam [1, 2]. Yuk, kenalan dulu sama penyebab utamanya:

  • Kurang Tidur: Begadang mulu buat ngejar deadline atau keluyuran sampe larut malem? Hati-hati, Sob! Kurang tidur bisa bikin kulit lo kering, kusam, dan terlihat lebih tua. Soalnya, saat lo tidur, kulit lagi proses regenerasi. Kurang tidur mengganggu proses ini, jadi kulit lo enggak bisa beregenerasi dengan optimal.

  • Dehidrasi: Minum air putih itu penting banget buat kesehatan, termasuk kesehatan kulit lo. kalau lo kurang minum, kulit lo bisa jadi kering dan kusam. Bayangin aja kayak tanah yang kering, pasti keliatan keriput dan kusam, kan?

  • Paparan Sinar Matahari Berlebih: Meskipun sinar matahari punya banyak manfaat buat kesehatan, tapi paparan sinar matahari berlebihan juga bisa ngerusak kulit lo. Sinar UVA dan UVB bisa bikin kulit lo kusam, keriput, dan meningkatkan risiko kanker kulit. 

  • Kebiasaan Merokok: Buat lo yang perokok, hati-hati! Merokok bisa ngurangin aliran darah ke kulit, bikin kulit lo kekurangan nutrisi, dan jadi kusam. Selain itu, merokok juga bisa mempercepat munculnya keriput. So, mending berhenti merokok, atau setidaknya, kurangi sedikit demi sedikit ya!

  • Polusi Udara: Polusi udara yang kita hirup setiap hari bisa ngendap di kulit lo dan bikin kulit jadi kusam dan terlihat kusut. Polusi udara juga bisa memperparah masalah kulit seperti menimbulkan jerawat dan eksim.

  • Kurang Eksfoliasi: Eksfoliasi itu proses mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit lo. kalau lo jarang eksfoliasi, sel kulit mati ini bisa bikin kulit lo keliatan kusam dan kasar.

  • Stres: Stres yang berkepanjangan enggak cuma ngerusak mental lo, tapi juga bisa ngerusak kesehatan kulit lo. Saat stres, tubuh lo ngeluarin hormon kortisol yang bisa bikin kulit lo kusam, berminyak, dan rentan berjerawat.

  • Pola Makan yang Buruk: Makanan yang lo konsumsi juga ngaruh banget ke kesehatan kulit lo. kalau lo kebanyakan makan makanan manis, makanan berminyak, dan kurang makan buah dan sayur, kulit lo bisa jadi kusam dan kurang sehat.

Dampak Kulit Kusam

Kulit kusam enggak cuma bikin penampilan lo kurang menarik, tapi juga bisa ngurangin rasa percaya diri lo. Bayangin aja lagi mau ngajak gebetan lo kencan, tapi muka lo keliatan kusam dan kurang fresh. Wah, bisa rusak first impression-nya, Sob! Selain itu, kulit kusam juga bisa bikin lo terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. enggak mau kan, dikira jadi om-om pas lagi ngumpul sama temen?

Gimana Cara Mencegah dan Mencerahkan Kulit Kusam?

Jangan khawatir, Sob! Kulit kusam bisa dicegah dan dicerahkan dengan cara-cara berikut ini [1, 3]:

  • Cukup Tidur: Tidur yang cukup itu penting banget buat kesehatan kulit lo. Biar kulit lo bisa beregenerasi dengan optimal, usahain tidur minimal 7-8 jam setiap malam.

  • Minum Air Putih: Air putih itu kayak nutrisi utama buat kulit lo. Minum air putih minimal 2 liter per hari biar kulit lo terhidrasi dengan baik dan enggak kusam.

  • Kurangi Kebiasaan Merokok: Rokok itu musuh bebuyutan kulit lo. enggak cuma bikin kusam, merokok juga bisa bikin keriput dan mempercepat penuaan dini. So, kalau lo mau punya kulit yang sehat dan cerah, mulai kurangi dan hentikan kebiasan merokok ya, Sob!

  • Hindari Polusi Udara: Memang kita enggak bisa ngontrol polusi udara, tapi kita bisa ngurangin dampaknya ke kulit. Saat lo lagi di luar ruangan, pake masker yang bisa melindungi wajah dari debu dan polusi. Pas sampe rumah, langsung cuci muka pake facial wash yang sesuai dengan kulit lo buat ngangkat kotoran dan polusi yang menempel.

Baca Juga: Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat Khusus Pria!

  • Eksfoliasi Wajah Secara Rutin: Eksfoliasi itu penting banget buat ngangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit lo. Dengan ngangkat sel kulit mati ini, kulit lo bisa jadi lebih cerah dan terlihat lebih bersinar. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu menggunakan scrub yang lembut. Jangan terlalu sering eksfoliasi, ya, karena bisa bikin kulit lo iritasi.

  • Kelola Stres: Stres yang berkepanjangan bisa ngerusak kesehatan kulit lo. Makanya, penting banget buat lo belajar ngelola stres dengan baik. Cobalah aktivitas yang bisa ngeredain stres, kayak olahraga, main game, atau quality time bareng temen atau pacar.

  • Makan Makanan Sehat: Kulit lo itu kayak cerminan dari apa yang lo makan. Kalau lo kebanyakan makan makanan manis, makanan berminyak, dan kurang makan buah dan sayur, kulit lo bisa jadi kusam dan kurang sehat. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit lo.

  • Pakai Sunscreen Setiap Hari: Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kulit kusam. Makanya, jangan males pake sunscreen setiap hari, ya! Pilih sunscreen biar kulit lo terlindungi dari sinar UVA dan UVB. GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan SPF 50+ PA++++, sunscreen GATSBY ini ngasih perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer juga punya beberapa keunggulan lainnya:

    • Water-Based Formula: Bahan dasar air bikin sunscreen ini mudah meresap di kulit dan terasa ringan. Efeknya, kulit lo enggak akan terasa lengket sepanjang hari.

    • Gak Bikin Komedo Muncul: Karena bahannya utamanya gak terbuat dari minyak, sunscreen ini jadinya enggak akan menyumbat pori-pori yang bikin komedo tambah banyak.

    • 2-Way Glow: Mengandung collagen yang bisa melembabkan kulit, serta beberapa zat pencerah seperti Niacinamide, mulberry extract dan green tea extract yang bisa bikin kulit lo cerah dengan pemakaian rutin.

 

GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer: Perawatan Kulit Cerah dan Sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat dan perawatan kulit yang tepat, lo bisa mencegah sekaligus mencerahkan kulit kusam. GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer bisa jadi pilihan lo buat punya kulit yang sehat, cerah, dan terlindungi. So, jangan biarin kulit kusam ngerusak penampilan lo dan bikin lo kurang percaya diri ya, Sob! Mulai sekarang, yuk, rawat kulit lo dengan baik biar tampil keren dan percaya diri setiap saat!


 

[1] Healthline.com. (2020, October 02). 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. [https://www.healthline.com/health/dull-skin#steps-to-rejuvenate-your-skin] 

[2] Cerave. Dry skin. What is Dull Skin and What are the Causes? [https://www.cerave.com.au/blog/everyday-skin-care/what-is-dull-skin] 

[3] Cleveland Clinic. (2018, August 15). 7 tips to achieve healthy, glowing skin. [https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/health/7-tips-healthy-glowing-skin]