helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

5 Penyebab Ketiak Iritasi yang Bikin Ngga Nyaman

by
GATSBYCODE
03.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

Ketiak memang jarang dapat perhatian khusus seperti kulit wajah. Padahal, kulit bagian ketiak rentan mengalami iritasi, ketimbang kulit di bagian tubuh lainnya. Apa saja penyebab ketiak iritasi dan bagaimana ciri juga cara mengatasinya? Simak ulasan berikut sampai tuntas.

Ketiak iritasi bisa terjadi pada semua orang. Terutama jika kamu memiliki masalah dengan keringat berlebihan, yang menimbulkan bau badan.

Selain bau, ketiak yang tidak terawat dan iritasi bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Tentu saja efek lainnya adalah rasa tidak percaya dirimu akan menurun. Iritasi ketiak biasanya terlihat dari warnanya yang gelap, terasa panas dan muncul rasa gatal.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab kulit iritasi, tapi yang paling umum adalah ketiak merupakan lipatan dan sering bergesekan. Kondisi itulah yang membuat kulit ketiak iritasi. Tak hanya itu, ketiak juga berpotensi jadi sarang bakteri, jamur, dan organisme yang membuat berbagai masalah pada kulit. 

Membuat kulit ketiak sehat dan terawat itu tak susah, lho. Kamu hanya perlu rajin mandi, setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan sabun mandi yang tepat. Jika punya masalah dengan keringat berlebih, kamu bisa memilih sabun mandi antibakteri. Pastikan juga untuk mengganti baju secara teratur.

Selain itu, hindari mencukur rambut ketiak sendiri. Sebagai gantinya, kamu bisa meminta bantuan para ahli. Jangan lupa untuk menjaga keseimbangan pola makan dan menggunakan deodorant yang tepat.

Meski begitu, iritasi ketiak mungkin tak bisa dihindari. Nah, sebelum mencari tahu cara mengatasi ketiak iritasi, yuk cari tahu dulu penyebabnya!

5 Penyebab Ketiak Iritasi

1. Kurang bersih

Ketiak Iritasi

Sumber : Canva 

Ketiak jadi salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap pertumbuhan bakteri. Apalagi seperti diketahui, ada bakteri baik dan jahat yang hidup di kulit ketiak. Jika ketidakseimbangan terjadi, bakteri jahat akan mendominasi dan menyebarkan aroma tidak sedap.

Kondisi itu bisa menjadi salah satu penyebab ketiak iritasi. Apalagi jika kamu tidak membersihkannya dengan benar, maka bakteri dan jamur akan tumbuh hingga membuat gatal.

Jika sudah begitu, kamu pasti akan sering menggaruk ketiak dan menyebabkan iritasi. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kebersihan ketiak setiap hari, salah satu caranya dengan rajin mandi dan ganti baju.

2. Dermatitis 

Ketiak Iritasi

Sumber : Canva

Iritasi ketiak juga bisa terjadi karena dermatitis. Ini merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan dan gatal pada kulit ketiak. Biasanya, dalam kasus ini ketiak iritasi akan terlihat kemerahan dan terasa gatal.

Dermatitis pada ketiak terjadi sebagai bentuk reaksi dari alergi, yang mungkin kamu alami. Misal, alergi obat, sabun cuci, sabun mandi, parfum atau bahkan roll on.

Untuk masalah ini kamu bisa mengatasinya dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit. Jika kondisinya ringan, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara mengompres es bagian iritasi dan mengolesnya dengan minyak lavender atau minyak kelapa.

3. Infeksi Jamur

Ketiak Iritasi

Sumber : Canva

Iritasi ketiak mungkin terjadi karena adanya infeksi jamur Candida albicans. Meski sebenarnya jamur tersebut ada di dalam tubuh, tidak menutup kemungkinan pertumbuhannya meluas jika daya tahan tubuh kamu sedang menurun.

Jamur Candida albicans biasanya menyerang area-area tubuh yang lembab dan berlipat-lipat, salah satunya ketiak. Tentunya ini menyebabkan kulit gatal dan iritasi. 

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu bisa mulai menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi. Pastikan juga untuk berolahraga dan menjaga kebersihan tubuh.

Jika mengalami ketiak iritasi, kamu bisa menggosok ketiak dengan potongan lemon. Kandungan asam sitratnya dapat membantu membunuh bakteri di ketiak sekaligus menjadi deodoran alami.

4. Deodoran

Menggunakan deodoran memang penting untuk mengusir bau yang disebabkan bakteri. Tapi, salah memilih deodoran juga bisa membuat ketiak iritasi, kemerahan dan panas.

Ketika menggunakan deodoran yang salah, kelenjar keringat kamu akan tersumbat dan menyebabkan biang keringat. Kondisi itu bisa bikin ketiak gatal, munculnya komedo pada kulit ketiak, dan yang paling parah mungkin ketiak kamu akan terasa sakit dan bernanah.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa memilih Gatsby Deodorant Nature Perfume Body Spray. Ada empat varian DPS yang bisa kamu pilih, salah satunya Calm Wood. DPS yang satu ini bisa jadi pengganti roll on, dan membantumu mengusir bau tak sedap dengan aroma amber musk yang bertahan sepanjang hari.

5. Hiperhidrosis Ketiak

Ketiak Iritasi

Sumber : Canva

Hiperhidrosis atau berkeringat secara tidak normal juga bisa jadi salah satu penyebab ketiak iritasi, terutama jika kondisi tersebut terjadi di area ketiak.

Hiperhidrosis ketiak terjadi karena stimulasi berlebihan dari kelenjar keringat, yang juga bisa mengakibatkan gatal-gatal hingga iritasi kulit pada ketiak. Untuk kasus ini, kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Ketiak iritasi dapat terjadi selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan, tergantung penangannya. Jika berlangsung lama, pastikan untuk menghubungi dokter dan melakukan konsultasi untuk penanganan yang tepat. Namun jika iritasi yang kamu alami cukup ringan, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut:

  • Kompres bagian ketiak iritasi dengan es batu untuk meredakan rasa gatal.
  • Konsumsi makanan sumber vitamin C seperti jeruk, tomat, dan brokoli untuk membantu melawan infeksi yang mungkin disebabkan ketiak iritasi.
  • Kamu bisa menggunakan potongan lemon dan menggosoknya di ketiak. Kandungan asamnya dapat membunuh bakteri di ketiak. Lemon juga bisa jadi deodoran alami, lho!
  • Oleskan bagian ketiak iritasi dengan menggunakan minyak lavender, minyak kelapa atau minyak tea tree. Kandungannya juga dapat membantu mengurangi gatal, lho.

Selain itu, sebaiknya ganti roll on-mu dengan deodorant perfume spray-nya Gatsby. Selain banyak pilihan aroma, Gatsby DPS juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di minimarket dan supermarket terdekat dari rumah. Kamu juga bisa membelinya di e-commerce favorit dari rumah.