SWIPE

SCROLL

5 Kesalahan Olahraga yang Harus Dihindari Pemula

04.09.2019
LIFE GUIDE

ARTICLE

Photo credit: Pixabay

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Walaupun mungkin anggapan ini terdegar kuno, tapi ternyata masih berlaku sampai sekarang. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, lo perlu olahraga di samping mengonsumsi nutrisi baik untuk tubuh. Akan tetapi, olahraga untuk pemula memang nggak mudah, Sob. Lo bahkan bisa aja melakukan kesalahan kecil namun akibatnya besar. Apa sajakah kesalahan yang perlu lo hindari ini? Berikut ulasannya!

 

Olahraga yang berlebihan

Saat lo baru memulai olahraga, bisanya lo bakal terbawa suasana sehingga terlalu bersemangat dan melakukannya secara berlebihan. Jelas, hal ini banyak dialami oleh para pemula tanpa memerhatikan risikonya. Alih-alih mendapatkan kebugaran, justru lo rentan banget kena cedera.

Kasus cedera dan rasa lelah berlebihan dipicu karena tubuh terlalu diforsir. Otot pun sering mengalami kontraksi tanpa jeda dan istirahat. Sebaiknya, pilih jenis olahraga untuk pemula yang ringan dan jangan terburu-buru melakukan gerakan berat bila kondisi tubuh belum terbiasa.

 

Malas dan sering menunda olahraga

Sob, mungkin lo pernah merasa ingin olahraga tapi di sisi lain juga malas? Kesalahan dalam olahraga untuk pemula ini juga kerap mengganggu gaya hidup. Ingat, semakin lo menunda-nunda untuk olahraga, maka besar kemungkinan lo nggak bakal olahraga sama sekali. Efeknya, target mencapai tubuh ideal pun nggak tercapai.

Solusinya adalah lo perlu melakukan olahraga ringan di pagi hari sebelum beraktivitas. Jika lo berencana untuk berolahraga, nggak ada salahnya membawa perlengkapan olahraga ketika berangkat kerja atau kuliah. Ini karena kalau lo harus mampir ke rumah dulu untuk ganti baju, bakal muncul rasa malas dan menunda olahraga kembali.

 

Langsung melakukan gerakan berat tanpa pengalaman sebelumnya

Pernah berolahraga namun lo merasa nggak ada hasilnya? Mungkin di sini ada kesalahan selama melakukan olahraga. Memang, saat pemula artinya lo belum punya banyak pengalaman berolahraga. Di sinilah pentingnya terus latihan dengan konsisten. Jangan sampai “sok tahu” melakukan gerakan ini itu dan berakibat cedera.

Misalnya saat pergi ke tempat gym, lo pasti merasa bingung harus memulainya dari mana. Jangan sampai ketika sudah sampai ke tempat tersebut, lo langsung angkat barbel atau hal lainnya tanpa didampingi instruktur. Ada baiknya untuk konsultasikan dulu dengan personal trainer sebelum memulainya.

 

Olahraga yang nggak terencana

Kesalahan berikutnya dalam olahraga untuk pemula ialah melakukan olahraga tanpa memiliki rencana matang. Contohnya saja lo mau berolahraga karena ikut-ikutan teman dan bukan karena keinginan sendiri. Lo pun pasti merasa bingung harus memulainya dari mana jika nggak memiliki rencana dengan baik.

Dengan kata lain, olahraga tanpa rencana akan membuang waktu. Selain membuang waktu, jika tidak terencana dengan baik juga nggak baik buat kesehatan. Di sini contoh yang dianggap sepele namun bisa berakibat fatal adalah memulai olahraga tanpa melakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu. Inilah yang membuat otot menjadi tegang secara tiba-tiba dan lo merasa nggak rileks.

 

Tidak memerhatikan pola makan dan minum saat berolahraga

Terakhir, sebelum dan setelah berolahraga, pastikan asupan nutrisi lo terpenuhi. Asupan nutrisi ini penting buat lo untuk memperoleh energi selama proses olahraga berlangsung. Idealnya, lo bisa mengonsumsi makanan rendah lemak dan kalori 3-4 jam sebelum olahraga dan bisa mengonsumsi makanan ringan 1-2 jam sebelum olahraga.

Kemudian, selama olahraga, pastikan asupan cairan dalam tubuh tetap terjaga. Ini untuk menghindarkan lo dari dehidrasi yang bisa membuat tubuh semakin lemas dan pingsan saat berolahraga. Oleh karena itulah, minum air mineral secukupnya ketika berolahraga.

 

Nah, itu dia, Sob, beberapa kesalahan olahraga untuk pemula yang paling banyak terjadi dan sebaiknya lo hindari agar nggak terjadi hal yang tak diinginkan. Jadi, sudah siap buat hidup sehat mulai hari ini dengan olahraga?