helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Jenis Pomade dan Perbedaannya dengan Wax, Clay, dan Gel Rambut

02.03.2021
HOW TO BE GANTENG

ARTICLE

 

Sob, produk styling rambut nggak hanya pomade saja. Ada begitu banyak jenis produk styling rambut yang bisa lo pilih, tergantung pada gaya rambut, jenis rambut, dan hasil yang lo inginkan. Dari banyaknya pilihan, lo pun perlu tahu apa saja perbedaan antara pomade, wax, clay, dan gel rambut. Supaya nggak bingung lagi, simak dulu penjelasan lengkap soal masing-masing jenis produk styling rambut, lengkap juga dengan tips dan cara memakainya!


Pomade

Mari kita mulai dengan pomade dulu. Bagi pada pria, pomade sudah pasti bukan barang yang asing di telinga. Mungkin saja lo sudah memakai pomade sehari-hari untuk menata rambut lo. Pomade sendiri sebetulnya sudah ada sejak abad ke-18, di mana dulu pomade dibuat sepenuhnya dari lemak binatang.


Alasan mengapa pomade sendiri jadi pilihan banyak pria sejak berabad-abad lalu adalah mampu mempertahankan tatanan rambut selama seharian penuh tanpa membuat rambut jadi kering. Sekarang ini, pomade sudah diproduksi dengan formula-formula yang lebih aman bagi rambut, seperti essential oil untuk memberi pengharum dan juga vitamin untuk menutrisi rambut.


Pomade lebih cocok digunakan untuk membuat gaya rambut seperti pompadour, slicked back, faux hawk, side swept, dan quiff. Buat lo yang nggak suka dengan tekstur rambut yang keras dan kaku serta ingin hasil tatanan rambut yang terlihat natural, maka pomade adalah pilihannya. Terlebih lagi, pomade cocok digunakan untuk berbagai jenis rambut. Namun, apakah lo tahu kalau pomade sendiri terdiri dari beberapa jenis berbeda?


Pomade berformula air

Sesuai dengan namanya, pomade berformula air ini lebih gampang larut dalam air. Alhasil, pomade berformula air jadi jenis produk styling rambut yang paling mudah dibersihkan, nggak perlu sampai keramas berkali-kali. Konsistensinya lebih creamy dan lembut, memudahkan lo untuk mengaplikasikannya ke rambut.


Jika selama ini produk styling rambut yang lo pakai cenderung terasa “berat” atau membuat rambut lo jadi panas, maka pomade berformula air patut lo coba. Apakah dengan memakai pomade berformula air, rambut jadi terlihat basah seperti habis keramas? Nggak sama sekali, Sob! Cara kerja pomade berformula air ini cukup unik.


Begitu lo mengaplikasikannya ke rambut, kandungan air yang ada pada formula pomade akan menguap (evaporasi) dan meninggalkan formula lainnya untuk mengunci ketahanan gaya rambut lo seharian penuh. Jadi, pomade berformula air sangat mudah untuk lo aplikasikan kembali, sewaktu-waktu lo ingin mengubah gaya rambut lo di hari yang sama.


Nggak perlu keramas lagi, cukup pakai lagi saja pomade berformula air milik lo dan ubah gaya rambut lo dengan jari atau sisir. Nah, soal gaya rambut, pomade berformula air ini lebih cocok untuk gaya rambut pompadour, slicked back, dan side part.


Nggak perlu bingung juga, Sob! Lo bisa menggunakan produk pomade seperti Gatsby Styling Pomade varian Perfect Rise, Supreme Hold, dan Urban Dry yang berbahan dasar air. Lebih mudah dibilas, tidak lengket, menambah volume rambut, dan punya daya tahan yang tinggi! Satu lagi, pomade berformula air cocok untuk tekstur rambut bergelombang atau keriting yang cenderung sulit untuk ditata.


Pomade berformula oil

Ini dia jenis pomade yang sudah dipakai sejak dulu, yakni pomade yang berbahan dasar minyak atau oil. Nggak main-main, pomade jenis ini sudah jadi andalan pria sejak berabad-abad lalu karena memberikan finish yang klimis dan lembut. Rambut yang sudah ditata dengan pomade berformula oil juga sangat mudah untuk dirapikan kembali tanpa harus pengaplikasian pomade secara berulang.


Nah, karena pomade ini nggak berbahan dasar air yang mudah menguap, maka pomade berbahan dasar oil ini akan meninggalkan finish yang lebih greasy dan terlihat basah. Namun, karena hal yang sama, pomade berbahan dasar oil memiliki daya tahan yang lebih tinggi ketimbang pomade berbahan dasar air. Pomade berformula oil nggak akan mudah luntur kalau terkena air, misalnya seperti saat lo kehujanan atau berkeringat.


Namun nggak seperti pomade berbahan dasar air yang gampang dibilas, pomade berbahan dasar oil butuh upaya lebih saat membersihkannya. Lo harus keramas dengan sampo sambil memijat rambut, atau keramas beberapa kali supaya rambut bisa bersih sepenuhnya dari pomade. Oleh karena itu juga, banyak pria yang memilih untuk menggunakan pomade berbahan dasar oil untuk momen-momen penting seperti saat jika akan menghadiri pesta.


Pomade berbahan dasar air aman dan mudah diaplikasikan ke berbagai jenis rambut karena teksturnya yang super creamy. Tapi kalau lo suka dengan gaya rambut klasik seperti classic side part, classic slicked back hair, quiff, dan rockabilly, pilihan lo jatuh pada pomade berbahan dasar oil ini.


Sebagai rekomendasi, lo bisa menggunakan Gatsby Regroom Pomade yang dilengkapi minyak alpukat dan agen pelindung UV yang baik untuk rambut serta lebih mudah dibersihkan daripada produk pomade lain. Ada juga Gatsby Styling Pomade Supreme Grease yang mudah dibilas namun tetap ampuh mempertahankan gaya rambut keren lo seharian penuh tanpa khawatir luntur.


Pomade hybrid

Kenapa harus pilih satu kalau bisa dapat dua-duanya? Nah, daripada lo bingung mau pilih jenis pomade seperti apa, lo bisa melirik jenis pomade hybrid. Pomade jenis ini menggabungkan kelebihan dari pomade berbahan dasar air dengan pomade berbahan dasar oil. Hasilnya, menghadirkan pomade yang punya ketahanan tinggi, finish yang shiny namun nggak greasy, mudah dibilas, dan nggak membuat rambut lo terasa kaku.


Nggak hanya itu, beberapa produsen pomade juga sudah berhasil membuat produk pomade hybrid lainnya. Ada juga yang merupakan gabungan dari pomade dan wax seperti Gatsby Styling Pomade Matte Moulder yang punya kemudahan penataan rambut layaknya pomade dengan hasil yang lebih matte seperti wax. Selain itu, Gatsby Styling Pomade Matte Moulder juga meninggalkan finish yang lebih natural, nggak buat rambut kaku apalagi terlihat berminyak.


Kenapa pomade hybrid layak untuk lo pilih? Pertama, lo nggak perlu gonta-ganti produk pomade untuk menyesuaikan gaya rambut dan mood lo hari itu. Kedua, hasilnya yang lebih ringan karena menggabungkan dua formula berbeda secara sempurna. Jenis pomade hybrid cocok banget untuk dipakai sehari-hari, baik itu untuk gaya rambut seperti high rise maupun gaya rambut yang lebih klasik seperti side part.


Hair cream

Buat para pria yang lebih santai namun tetap mau tampil rapi dan profesional, bisa coba menggunakan treatment hair cream. Faktanya, menggunakan treatment hair cream itu bukan hanya perkara membuat rambut terlihat lebih keren saja, tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan rambut lo, Sob!


Anggaplah treatment hair cream sebagai salah satu langkah perawatan rambut yang juga bisa membantu penataan rambut lo, berbeda dengan pomade yang fungsi utamanya adalah untuk menata rambut lo sehari-hari. Perbedaan antara treatment hair cream dengan pomade yang paling bisa lo lihat ada pada teksturnya. Lalu, treatment hair cream juga meninggalkan finish yang natural, matte namun tetap ada kilau alami pada rambut.


Treatment hair cream ini bisa lo pakai sehari-hari untuk merapikan tatanan rambut lo, melembutkan rambut yang kusut, dan meluruskan anak-anak rambut yang susah diatur. Namun, kalau lo ingin membuat gaya rambut yang kompleks seperti pompadour atau faux hawk, lo hanya bisa menggunakan pomade.


Tertarik untuk mencoba treatment hair cream demi rambut yang lebih sehat? Lo bisa pilih Gatsby Treatment Hair Cream yang terdiri dari 3 varian, Styling Hair Cream dengan styling agent untuk tatanan yang lebih awet, Treatment Hair Cream Normal, dan Treatment Hair Cream Anti-Dandruff dengan Z-pt dan Octopirox untuk mencegah ketombe muncul.


Ketiganya mengandung ekstrak Pearl Protein yang menjaga kelembapan rambut serta mempertahankan kilau alami rambut serta ekstrak Swertia Japonica yang merangsang pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya pun sangat mudah, bisa diaplikasikan pada rambut kering maupun setengah basah sehabis keramas.


Pertama, ambil treatment hair cream seujung jari dan usapkan ke seluruh permukaan telapak tangan. Ambil lagi jika dirasa kurang. Kedua, sisirkan rambut dengan jari-jari yang sudah dipenuhi krim, mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Setelahnya, ambil sisir lo untuk langsung mulai menata rambut lo.


Clay

Belakangan ini, clay menjadi semakin populer dan menyaingi popularitas pomade sebagai produk styling rambut. Padahal, keduanya sangat berbeda dan layak untuk dimiliki para pria yang suka gonta-ganti gaya rambut. Clay, sesuai dengan namanya, berbahan dasar clay alami seperti bentonite dan kaolin. Kandungan clay alami ini terasa bagai velvet dan membuat rambut jadi lebih bervolume.


Ciri khas dari clay yang membuatnya berbeda dari pomade adalah finish-nya yang matte tanpa ada kilau. Beberapa pria lebih menyukai finish yang matte karena terlihat lebih modern. Karenanya, clay rambut lebih sering digunakan untuk membuat gaya-gaya rambut yang lebih bervolume dan bertekstur. Contohnya seperti gaya rambut quiff, textured crops, crew cut, dan high rise.


Kelebihan dari produk clay rambut ada pada hasilnya yang ringan, matte, nggak terlihat kaku, tetap lembut, dan sangat mudah untuk diatur kembali. Tentunya kelebihan ini membantah anggapan banyak orang kalau clay rambut itu keras, kaku, dan nggak mudah untuk diaplikasikan ke rambut. Selain itu, karena clay alami mengandung banyak mineral baik, penggunaan clay sehari-hari juga bisa menutrisi rambut, lho!


Nah, bagaimana tips untuk memilih produk clay yang berkualitas? Perhatikan dulu tekstur dari clay rambut yang akan lo beli. Pastikan bahwa teksturnya matte dan nggak berair, Sob. Untuk memudahkan lo dalam memilih, coba saja Gatsby Texturizing Clay yang terdiri dari 2 varian, yakni Bold Layer dan Mat Lift.


Gunakan Gatsby Texturizing Clay Bold Layer untuk gaya rambut casual messy dengan finish natural. Kalau lo ingin gaya rambut bervolume yang matte, pilih Gatsby Texturizing Clay Mat Lift. Kedua varian dari Gatsby Texturizing Clay memiliki Super High Setting Power dan Long Lasting Effect karena mengandung formula Powder Mechanism.


Cara menggunakannya begitu praktis, Sob. Keringkan dulu rambut lo dan pastikan nggak ada sisa dari produk rambut yang lain. Ambil clay rambut dan ratakan di seluruh permukaan telapak tangan lo. Lalu, sisirkan rambut lo menggunakan tangan, mengarah ke belakang atau ke atas untuk menciptakan volume rambut. Lakukan langkah ini sampai lo puas dengan gaya rambut lo.


Wax

Satu lagi produk styling rambut yang sering banget disamakan dengan pomade. Wax memiliki konsistensi yang kental namun lembut dan finish-nya membuat rambut lebih bertekstur dan mudah diatur. Selain itu, wax lebih cocok untuk pria yang memiliki rambut yang lebih berminyak karena hasilnya yang lebih natural dan matte.


Meski begitu, ada saja produk-produk wax yang bisa meninggalkan efek kilau alami pada rambut. Karenanya, lo harus perhatikan juga produk wax yang lo pakai. Jika salah menggunakan produk wax dan menggunakannya dalam jumlah yang terlalu banyak, bisa saja rambut lo jadi terlihat berminyak dan lengket.


Kelebihan dari produk wax juga ada pada fungsionalitasnya. Maksudnya, wax bisa jadi sahabat lo untuk menata rambut lo dalam berbagai gaya. Nggak seperti pomade yang biasanya lebih terbatas pada gaya rambut yang sleek, wax bisa digunakan untuk gaya rambut bervolume, bertekstur, bahkan gaya rambut yang berdiri tajam (spiky).


Misalnya pagi ini lo ingin menata rambut membentuk quiff dan besoknya ingin coba gaya mohawk, lo bisa menggunakan wax. Praktis banget, kan? Selanjutnya, rambut yang ditata dengan wax pun cukup mudah untuk ditata kembali. Ini karena finish dari wax yang nggak jauh berbeda dari pomade. Wax juga nggak akan membuat rambut jadi keras seperti saat menggunakan gel rambut.


Buat lo yang punya rambut keriting, lurus, tipis, maupun tebal, bisa menggunakan wax, Sob! Wax juga cocok buat rambut pendek ataupun panjang. Untuk pilihan produk wax terbaik, lo bisa menggunakan Gatsby Styling Wax yang punya 4 varian dengan finish yang berbeda.


Varian Styling Wax Power & Spikes cocok buat gaya rambut yang berdiri tajam karena punya efek kilau yang natural setting power yang super kuat. Sementara kalau lo mau gaya rambut yang lebih bertekstur, pilih varian Styling Wax Hard & Free. Varian Styling Wax Mat & Hard pas untuk gaya rambut bervolume dan tebal. Terakhir, ada varian Styling Wax Extreme & Volume dengan finish matte untuk gaya rambut yang terangkat ke atas dan mengumpul.


Gel

Jenis produk styling rambut yang terakhir adalah gel. Jenis produk ini juga menjadi yang paling tahan lama di antara para pesaingnya. Namun, tetap ada efek sampingnya, yakni efek rambut jadi mengeras dan terasa “garing.” Nah, tetap saja rasanya jarang sekali ada produk styling rambut yang bisa menandingi daya tahan gel rambut, bahkan pomade sekalipun.


Gel rambut ini cocok untuk penataan segala jenis gaya rambut, mulai dari mohawk, spiky, side part, hingga british style. Selain itu, gel rambut sangat mudah untuk dibilas kembali. Gel rambut pas jadi pilihan lo kalau lo termasuk orang yang aktif, sering berada di lapangan atau cuaca panas, dan nggak mau ribet untuk touch-up rambut lagi selama seharian beraktivitas.


Dalam memilih produk gel, sangat disarankan untuk berhati-hati, Sob! Jika lo keliru dalam memilih, gel rambut yang digunakan bisa meninggalkan noda putih (flakes) menyerupai ketombe pada rambut setelah mengering. Untuk itu, gunakan saja Gatsby Water Gloss yang terdiri dari 5 varian berbeda; Water Gloss Ultimate Hold, Water Gloss Hyper Solid, Water Gloss Super Hard, Water Gloss Hard, dan Water Gloss Soft.


Teknik menggunakan gel rambut yang benar dimulai dengan rambut yang basah untuk wet look atau rambut kering untuk tampilan yang lebih casual. Tinggal ratakan gel rambut di permukaan telapak tangan, sisirkan ke seluruh helai rambut, dan tata rambut lo sesuka hati. Ingat, gel rambut ini sangat cepat mengering. Jadi, sebaiknya lo cepat dalam menata rambut lo, Sob!


Pilih yang matte atau shine?

Jawabannya terserah pada preferensi lo, Sob! Sebagian besar produk styling rambut yang meninggalkan finish matte lebih fokus untuk memberikan volume pada rambut dan hasil yang natural. Sementara sebagian besar produk yang meninggalkan finish shiny atau greasy ini memiliki daya tahan yang lebih tinggi.


Pilihannya juga tergantung pada gaya rambut yang ingin lo coba. Tentunya produk dengan finish matte nggak cocok untuk gaya rambut seperti classic side part atau slicked back hair. Sebaliknya, produk dengan finish yang shiny atau greasy kurang cocok untuk gaya rambut blow out. Kalau lo ingin tampilan yang lebih rapi dan klimis, bisa memilih finish yang shiny. Beda lagi kalau lo mau tampilan yang lebih messy dan bertekstur, pilih produk dengan finish yang matte.


Mana yang cocok dengan rambut lurus?

Untuk rambut lurus, terutama rambut lurus yang cenderung tipis, akan lebih baik untuk menggunakan produk styling rambut yang nggak bikin rambut terasa berat. Contohnya seperti pomade berformula air, pomade hybrid wax, dan clay rambut. Di sini, lo harus berhati-hati dalam menggunakan produk styling rambut supaya rambut lo nggak terlihat lepek, apalagi terlihat semakin tipis.


Trik yang harus lo coba adalah dengan perlahan-lahan menata rambut lo. Mulai dengan mengambil sedikit saja produk styling rambut milik lo. Jika memang lo merasa butuh lebih banyak, baru lo bisa ambil lebih banyak produk lagi. Kalau lo punya rambut lurus yang lebih panjang, lo juga bisa menggunakan styling product yang punya daya tahan lebih lama, seperti gel rambut.


Mana yang cocok dengan rambut keriting?

Rambut keriting atau bergelombang cenderung lebih mudah kusut dan jika nggak ditata dengan benar, malah akan membuat rambut terlihat berantakan. Untuk menata rambut keriting, lo bisa mengandalkan pomade atau wax. Lo harus menggunakan pomade atau wax yang punya daya tahan kuat supaya rambut lo tetap teratur seharian penuh, apalagi kalau lo punya rambut panjang.


Trik untuk menata rambut keriting adalah untuk mengaplikasikan produk styling rambut ketika rambut dalam kondisi 75% kering. Lo harus bersabar dalam menata rambut keriting, jangan sampai malah membuat tekstur rambut keriting lo jadi hilang atau rusak. Nah, jangan lupa juga untuk menggunakan treatment hair cream untuk membuat rambut keriting lo jadi lebih lembut dan gampang diatur, Sob!


Itu dia penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis produk styling rambut seperti pomade, wax, clay, cream, dan gel rambut. Sekarang, lo sudah siap memilih jenis produk yang tepat dengan kebutuhan dan jenis rambut lo. Cek di sini untuk lihat produk-produk dari Gatsby apa saja yang bisa membantu lo merawat dan mengatur gaya rambut lo, Sob!