helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Lo Sering Pakai Helm? Jangan Lupa Tetap Jaga Kesehatan Rambut

17.01.2020
LIFE GUIDE

ARTICLE

Foto: unsplash.com

 

Kesehatan rambut sudah sepantasnya menjadi concern bagi lo yang setiap harinya menggunakan motor. Apalagi buat lo yang berkendara motor dengan durasi cukup lama yang otomatis juga pasti menggunakan helm jadi lebih lama pula. Untuk menjaga agar rambut sehat tetap bisa lo punya meskipun setiap hari memakai helm, perhatikan hal-hal dalam artikel berikut, ya, Sob!

 

Jaga kebersihan helm

Agar kesehatan rambut lo bisa terjaga, maka lo wajib menjaga kebersihan helm lo. Apalagi jika lo  punya kebiasaan langsung memakai helm ketika rambut masih basah. Helm yang digunakan saat rambut masih  basah membuat helm menjadi lembab. Nah, helm yang lembab bisa menjadi sarang bakteri untuk  tumbuh. Bakteri yang bersarang dalam helm tersebut bisa berpindah ke kulit kepala lo sehingga bisa memengaruhi nggak hanya kulit kepala, namun juga rambut.

Meskipun lo nggak punya kebiasaan memakai helm saat rambut masih basah, helm masih tetap harus lo cuci secara berkala. Pemakaian setiap hari membuat banyak kotoran, debu, hingga keringat dari kulit kepala lo menempel. Jika dibiarkan, bakteri juga bisa berkembang biak di dalamnya. Jadi, pastikan lo mencuci helm setidaknya sebulan sekali, ya, Sob!

 

Keramas dengan teratur

Menggunakan helm setiap hari juga bisa membuat rambut lo cepat lembab. Keramas setiap hari nggak baik untuk kesehatan rambut, sehingga lo setidaknya harus keramas 2 hingga 3 hari sekali. Dengan keramas secara teratur, lo bisa membersihkan kotoran, debu, dan bakteri yang menempel di rambut baik yang berasal dari helm maupun dari paparan udara. Selain membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, lo juga bisa menjaga kelembapan rambut dengan keramas.

 

Gunakan conditioner hingga tonik rambut

Selain rajin keramas secara teratur, lo juga bisa memakai produk perawatan rambut yang bisa menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala lo. Produk perawatan yang bisa lo gunakan adalah conditioner hingga tonik rambut. Jika conditioner bisa menjaga kelembutan dan kelembapan rambut lo dari batangnya, tonik rambut akan menjaga kesehatan rambut dari akarnya. Selain rambut, kesehatan kulit kepala juga bisa terjaga dengan menggunakan tonik.

 

Pilih helm dengan  ukuran yang tepat

Ukuran helm biasanya menjadi dilema saat lo ingin membeli helm baru. Helm dengan ukuran yang lebih kecil akan sakit saat dipakai, tapi lo mempertimbangkan helm tersebut akan menjadi longgar seiring dengan lamanya penggunaan. Nah, asumsi tersebut yang sering menjadi kesalahan. Sebaiknya lo pilih helm yang benar-benar pas dengan ukuran kepala lo. Jangan memilih satu ukuran lebih kecil maupun lebih besar.

Helm yang terlalu ketat di kepala bisa menarik rambut secara langsung maupun tidak langsung. Untuk lo yang mempunyai akar rambut kuat, hal ini mungkin bukan menjadi masalah. Namun, untuk lo yang mempunyai akar rambut yang rapuh, ketatnya pemakaian helm bisa membuat rambut lo rontok. Nah, agar rambut lo nggak makin parah rontoknya, gunakan helm dengan ukuran yang pas dengan kepala lo, Sob!

 

Konsumsi makanan bernutrisi

Rambut dan kulit kepala juga membutuhkan nutrisi khusus agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk itu lo perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan protein, vitamin E, besi, zink, omega 3, dan vitamin A. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, rambut sehat bisa lebih mudah untuk lo miliki. Beberapa contoh makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk rambut adalah bayam, ikan salmon, greek yogurt, jagung, telur, dan daging tak berlemak.

Selain untuk kesehatan rambut, makanan bernutrisi tersebut tentunya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lo. Namun, bukan berarti lo hanya akan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut saja, ya, Sob. Sebaiknya, lo perhatikan menu makanan lo tiap hari apakah kandungan nutrisinya sudah seimbang apa belum. Mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang adalah hal termudah untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh lo, nggak hanya rambut saja.

 

Setiap hari berkendara dan menggunakan helm dalam jangka waktu lama  bisa memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala lo. Terdengar sepele, tapi jika lo nggak memperhatikan hal di atas, lo bisa ucapkan selamat tinggal kepada rambut sehat lo.