helper swipe slide

S W I P E

S C R O L L

Ini Cara yang Benar Menggunakan Sunscreen

by
04.07.2024
LIFE GUIDE

ARTICLE

 

Biar kulit enggak berminyak dan belang

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, pastikan lo memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan polusi. Pasalnya, sinar UV dan polusi dapat merusak kesehatan kulit lho.


 

Mulai dari kulit belang, berminyak, sunburn, sampai kanker kulit, semuanya bisa disebabkan dari paparan sinar matahari. Jadi, jangan sepelekan penggunaan sunscreen untuk cowok.

Tapi pasti ada nih yang masih males menggunakan sunscreen soalnya malah bikin kulit lengket dan berminyak.

Itu tandanya cara menggunakan sunscreen masih salah. 

Terus, gimana sih cara menggunakan sunscreen yang benar?

Cara menggunakan sunscreen yang benar

Menggunakan sunscreen yang benar bikin perlindungan sunscreen ke kulit lebih efektif, biar enggak sia-sia dan hasilnya maksimal.

Ikuti langkah cara menggunakan sunscreen yang benar di sini:

Bersihkan wajah sebelum menggunakan sunscreen

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan wajah bersih dari kotoran dan debu yang ada di wajah.

lo bisa cuci muka menggunakan face wash terlebih dulu. Jangan lupa keringkan wajah dengan benar sebelum menggunakan sunscreen. Ini karena kulit yang basah membuat sunscreen tidak bisa merata dengan baik.

Selain itu, membersihkan wajah sebelum menggunakan sunscreen bertujuan agar sunscreen menempel dengan baik di kulit.

Pakai sunscreen yang tepat

Meski semua sunscreen melindungi kulit dari bahaya sinar UV, enggak semua sunscreen nyaman di kulit lho.

Karena itu, pilih sunscreen dengan kandungan yang tepat juga perlu dilakukan.

Untuk tipe kulit berminyak, lo bisa menggunakan sunscreen dengan formula water based. Formula ini membuat tekstur sunscreen terasa ringan di kulit dan mudah diratakan.

Kalau tipe kulitmu kering, lo bisa menggunakan sunscreen moisturizer untuk memberikan kelembaban ekstra pada kulit.

Perhatikan juga kandungan SPF pada sunscreen.

Banyak dermatologis menyarankan untuk setidaknya menggunakan sunscreen SPF 30. Tapi kalau lo sering beraktivitas di luar, gunakan sunscreen SPF 50 untuk perlindungan ekstra, ya!

Kocok sunscreen sebelum digunakan

Hayo, siapa yang sering enggak merhatiin cara penggunaan produk yang tertera di kemasan?

Beberapa produk sunscreen mengharuskanmu untuk mengocok kemasannya terlebih dulu. Hal ini dilakukan agar partikel yang menggumpal di dasar kemasan tercampur kembali.

Jadi, jangan lupa perhatikan dulu kemasan sunscreen yang lo pakai.

Pakai sunscreen 30 menit sebelum keluar

Sama seperti obat, sunscreen juga butuh waktu untuk menyerap ke kulit. Jadi, pastikan lo menggunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar.

Cara ini dilakukan agar sunscreen menyerap dengan baik di kulit. Selain itu, ini juga membuat sunscreen lebih tahan luntur dari keringat saat lo beraktivitas di luar.

Gunakan takaran yang tepat

Masih ada banyak perdebatan mengenai takaran yang tepat menggunakan sunscreen.


Sebenarnya, enggak ada takaran pasti untuk menggunakan sunscreen. Tapi lo bisa mengikuti takar sebanyak dua ruas jari, yakni jari telunjuk dan jari tengah. Yang perlu diingat adalah jangan menggunakannya dalam takaran yang terlalu sedikit.

Pastikan sunscreen juga merata dengan baik. Pakai juga di leher dan daun telinga agar tidak belang.

Ulangi pemakaian setiap 2 jam

Reapply sunscreen menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan saat menggunakan sunscreen.

lo bisa reapply sunscreen tiap 2 jam sekali, terutama jika lo lebih sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar perlindungan terhadap bahaya sinar UV lebih baik.

Sebelum reapply sunscreen, pastikan tanganmu bersih, ya! Kalau lo merasa wajah sudah kotor karena debu dan polusi, lo juga bisa cuci muka kembali. Ini dilakukan agar pori-porimu tidak tersumbat kotoran yang bisa menimbulkan komedo dan jerawat.

Kenapa harus menggunakan sunscreen dengan benar

Seperti yang lo tahu, menggunakan sunscreen akan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Soalnya enggak cuma panas, sinar matahari juga mengandung sinar UV yang berbahaya untuk kulit.

Bahaya sinar UV untuk kulit antara lain:

  • Sunburn atau kulit terbakar

  • Kulit berminyak atau kering

  • Menimbulkan komedo

  • Membuat kulit kusam

  • Membuat kulit berjerawat

  • Warna kulit tidak merata

  • Kanker kulit

Biar kulitmu terhindar dari bahaya-bahaya itu, jangan lupa tambahkan sunscreen dalam skincare routine

GATSBY punya rekomendasi sunscreen yang nyaman dan mudah digunakan untuk sehari-hari nih. Namanya GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer yang punya SPF 50+ PA+++ yang baik untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Bisa pake foto sunscreen GATSBY

Sunscreen ini dibuat dengan formula water based yang bikin teksturnya ringan dan enggak lengket di kulit. Ini membuat GATSBY sunscreen gampang di-blend dan menyerap di kulit. Cocok banget jadi sunscreen untuk kulit berminyak.

Tapi buat lo yang punya tipe kulit kering jangan khawatir, GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer ini adalah sunscreen moisturizer. Jadi enggak cuma melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga melembapkan kulit dengan baik.

Selain itu, GATSBY sunscreen juga diperkaya dengan Niacinamide yang bikin kulit lo enggak kusam meskipun beraktivitas di bawah sinar matahari.

Jadi buat lo yang pengen punya sunscreen yang sat-set dipakai, GATSBY Aesthetic Bright Sunscreen Moisturizer bisa jadi sunscreen yang tepat buat lo! 

Yuk, jangan males-males lagi pakai sunscreen!